1
Rizky Akbar @rizkymuhdakbar
@Agamajinasi lagipula, awal penciptaan aja absurd, Adam menikahkan anaknya sendiri dgn cara silang, wong sedarah. LoL
agama.jinasi @Agamajinasi
Udah pernah bahas adam blom ya? Dulu kayanya cuma ngobrol soal kabah yg katanya dibangun adam/ibrahim.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ada juga sih dulu yg bilang "itung dong, jumlah manusia skrng ini awalnya pasti dr satu orang. Sama kaya nomor, awalnya pasti 1" hehehe.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sebenarnya mendebat kenapa anak2 adam incest (kan melanggar firman tuhan!) kurang kuat, baik dr sudut teisme maupun ateisme.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kaum agama bisa aja bilang, "kan perintah tuhan gak bersifat retroaktif (berlaku surut). Jadi adam gak bisa disalahin dong!"
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi gimana kalo ngelacak manusia pertama dgnn ilmu genetika? Dennis Venema pernah nulis ttg hal tsb: http://t.co/on4IMlUvyN
agama.jinasi @Agamajinasi
Intinya dia bilang, berdasarkan varian mutasi gen manusia2 sekarang: 1. DNA dan gen awal berasal dari populasi sekitar seribuan orang..
agama.jinasi @Agamajinasi
... 2. Populasi manusia tsb jaraknya terpisah 100 ribuan tahun (bukan 6, 10, 12 ribu spt klaim kitab2 suci agama samawi).
agama.jinasi @Agamajinasi
Hal2 temuan begini yg lagi2 bakal bikin kaum agama (biasanya liberal) berusaha memaknai ulang isi kitab suci.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dibilanglah kalo kisah adam itu metafor/kiasan. Supaya bisa tetap cocok sama penemuan2 sains (atau bhs mereka: perubahan jaman).
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi membuat kisah adam sbg kisah kiasan itu beresiko sekali. Baik di agama kristen maupun islam.
agama.jinasi @Agamajinasi
Mis, di kristen. Di alkitab itu udah tertulis silsilah dari adam sampe yesus. Masa nenek moyang yesus ternyata kiasan. Absurd.
agama.jinasi @Agamajinasi
Di islam mis., adam diberi gelar nabi, alloh berfirman ke adam. Ternyata alloh berfirman ke karakter kisah fiksi? Absurd juga.
Vini Jagabe @BibitTakUnggul
@Agamajinasi jin ada tafsiran yg lebih hardcore, Tuhan menciptakan istri2nya anak Adam, dan istri anak Adam bukan anak Adam =)
agama.jinasi @Agamajinasi
Kenapa awalnya mesti populasi seribuan orang, bukan dari sepasang manusia? Karena varian mutasi genetiknya terlalu banyak.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo mau pake analogi kasar, manusia ibaratnya es campur. Menurut kitab2 suci, awalnya dari es (=adam) dicampur alpukat (=hawa).
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi begitu dilacak lewat genetika, isinya ternyata ada susu, alpokat, cenil, tape, ketan item, kolang kaling, dll, dll.
agama.jinasi @Agamajinasi
Bisa dipake untuk ngejawab varian gen, tp masih belom cocok kalo disamain time framenya. @NyuNyuQYDJ
agama.jinasi @Agamajinasi
Kabah dibangun adam, dibangun ibrahim, yah agama elo emang suka gak jelas xD http://t.co/hzGIoiq3dK @merrypolly http://t.co/Lu2D4pk7T6
Expand pic
agama.jinasi @Agamajinasi
Mas, saya cuma bisa ngelus dada. Orang bilang apa kamu responnya apa. @vendra_vendro
agama.jinasi @Agamajinasi
Udah dibaca blom artikelnya yg saya twit tadi? "@bokohalal: sebelum 1000an orang. ada berapa orang sebelumnya?@Agamajinasi"

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.