1
agama.jinasi @Agamajinasi
Dulu sih udah pernah dibahas soal political correctness (pc). Gimana ini didiktekan lewat politik dan media.
agama.jinasi @Agamajinasi
Soal ateis itu nazi salah kaprah. Bahkan ideologinya yg anti yahudi itu paralel dgn sikap gereja. http://t.co/WSUsx1lsHM
Expand pic
agama.jinasi @Agamajinasi
Contoh pc (political correctness) yg jelas di masyarakat: "jangan samain orang yg adiktif hp sama penderita autis!"
agama.jinasi @Agamajinasi
Pada prinsipnya, konsep pc itu mirip dengan konsep SARA jaman orba. Topik sensitif, jangan disamain/diomongin.
agama.jinasi @Agamajinasi
Padahal sebenarnya gak ada topik yg sensitif. Yg ada hanyalah orang2 sensitif yg gak bisa mengontrol emosi.
agama.jinasi @Agamajinasi
Contoh yg dulu pernah dibahas: "jangan bilang soal orang (masukin nama suku: cina, batak, jawa, dll), itu rasis!"
agama.jinasi @Agamajinasi
Saya kenal dgn beberapa ortu yg anaknya autis. Mereka santai aja soal autisme disamain ke orang2 yg adiktif maen hp.
agama.jinasi @Agamajinasi
Penggunaan pc walaupun tujuannya baik, tapi caranya yg mendikte jadi malah bersifat totalitarian.
agama.jinasi @Agamajinasi
Orang akhirnya gak tau kenapa dibilang "jangan...!" Pokoknya itu udah jadi norma sosial. "Jangan aja" pokoknya.
agama.jinasi @Agamajinasi
PC bukan lagi mengajarkan anak -apalagi masyarakat- ttg perlunya critical thinking, tapi akhirnya cuma ikut arus.
agama.jinasi @Agamajinasi
Soal kafe nazi di bandung itu, menurut saya baik pemiliknya sama yg protes yah sama2 lebay.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi biarpun tema bisnisnya lebay, tasteless, bahkan ahistoris sekalipun, tetap harusnya itu gak bisa dijadiin alasan untuk ditutup.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kenapa yg protes juga lebay? Karena sejarah nazi gak ada sangkut pautnya secara langsung dengan sejarah indonesia.
agama.jinasi @Agamajinasi
Banyak loh organisasi2 di indonesia yg melakukan pembunuhan massal tp sampe skarang masih legal berdiri. Kenapa gak itu aja yg dituju? :)
agama.jinasi @Agamajinasi
Pada prinsipnya, kafe nazi itu sebenarnya berhak utk berdiri. Tapi kalo udah gak suka, bisa aja dicari2 celah hukum utk bisa ditutup.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ibaratnya, kalo elo gak suka makan babi, ya jgn makan di resto yg jualan daging babi. Gak usah sampe minta ditutup segala.
agama.jinasi @Agamajinasi
PC itu yg membedakan paham sosial liberal dan libertarianisme. Di paham libertarian, PC merupakan totalitarian dr media dan pemerintah.
agama.jinasi @Agamajinasi
Media bisa totaliter? Oh, bisa banget. Pemikiran individu sbg bagian dari society bisa dikontrol lewat fungsi media.
agama.jinasi @Agamajinasi
Makanya ada pepatah "a person is smart, people are stupid." Itu hasil dari fungsi kontrol media.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kecuali kalo kafe itu udah gerakkin massa utk bikin orang lain celaka, ya silakan ditutup. Saya dukung.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi kan kebalik. Yg baru berupa tema aja disuruh tutup. Yg jelas2 bikin orang celaka malah pemerintah tutup mata.
Kadek AndiKa putra @andikakiap
@Agamajinasi terlepas dr suku agama etnis ato apalah itu,genocide itu masalah kemanusiaan...
agama.jinasi @Agamajinasi
Gereja dan mesjid gak disuruh tutup? Bukan hanya genocide, 2 agama ini jg terkait sama bahasa2 di dunia yg hilang dr peradaban @andikakiap
agama.jinasi @Agamajinasi
Coba baca sejarah perebutan wilayah2 di dunia jaman islam dan kristen, hitung berapa suku lokal yg punah, berapa bahasa lokal yg hilang.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo mau benar2 bicara kemanusiaan, ayo kita blak2an. Aatau cuma tebang pilih seperti makeup, pilih mana yg ditebelin mana yg ditipisin.
Load Remaining (38)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.