0
agama.jinasi @Agamajinasi
Duh, ini ajarannya dpt dr mana? "@diyinofficial: @Agamajinasi ... There's a difference of degrees between Rabb and God. Rabb is above God."
agama.jinasi @Agamajinasi
Bukan. Artinya tuan. Atau gusti. Atau mister/sir. Atau lord. "@fathinpmrocks: Rabb itu bhsa arab yg artinya Tuhan"
agama.jinasi @Agamajinasi
Malah kl ditarik ke jaman pra-islam di arab, pengertiannya lebih lebar, rabb berarti baik/bagus. Contoh: rabiulawal = (bulan) awal yg baik.
agama.jinasi @Agamajinasi
@diyinofficial mungkin guru kamu ngambilnya dari gelar ar-rabb. Mirip artinya kaya di kristen: lord of all lords, tuan segala tuan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Gak diapa2in. "@M_SuperGluz: @Agamajinasi min, mnta tanggapannya tntang org" yg ngaku" Rosul ato Tuhan.. Bgusnya mereka ini di apa.in ?!"
agama.jinasi @Agamajinasi
Dr ribuan taun lalu orang ngaku nabi/tuhan malah dipuja2, trus skarang mau diapain? Digebukin? Enak yg jaman dulu dong dapet free pass.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kenapa pendekatannya mesti dr 1 ekstrim ke ekstrim lainnya? Gak bisa gitu dibawa nyante, menyadari kl dr dulu emang udah banyak yg ngaku2?
agama.jinasi @Agamajinasi
Heheh "@kucing: @Agamajinasi yg lucu ada nabi yg minta didoain sama pengikut2nya ampe sekarang, mungkin insecure ga yakin masuk sorga"
agama.jinasi @Agamajinasi
Jd inget dulu ada seorang "dukun" kristen yg bilang rohnya dibawa ke neraka, liat nabi muhammad dirantai LOL.
agama.jinasi @Agamajinasi
Gue tanya ke dia, bukannya menurut alkitab, penghakiman itu bakal dilakuin setelah hari akhir? Dianya cuma ah eh oh eh oh.
agama.jinasi @Agamajinasi
Seringkali pengajaran pemimpin2 agama tersandung oleh isi kitab sucinya sendiri. Senjata makan tuan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sayangnya memang kotbah2 agama biasa dilakukan lewat mimbar, komunikasinya hanya dimungkinkan satu arah.
agama.jinasi @Agamajinasi
Akhirnya umat cuma bisa terima dan telan ayat2 yang disodorkan, seolah pendapat dan pengalaman si pengkotbah adl benar.
agama.jinasi @Agamajinasi
Coba di saat yg sama umat diberikan kesempatan utk baca ayat2 lain yg bertentangan, apa gak gelagapan tuh yg kotbah?
agama.jinasi @Agamajinasi
Kotbah 1 arah memang warisan jaman teokrasi, udah saatnya ditinggalkan. Sekarang era twitter, di mana kultwit bisa diinterupsi dgn mention.
agama.jinasi @Agamajinasi
Udah saatnya guru2 harus memberi materi ke murid utk dibaca di rumah, sehingga waktu diajarkan si murid sudah siap dgn banyak pertanyaan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kotbah itu pengajaran, bukan dakwah. Asal katanya dr bahasa arab, khu-bah: خطبة
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo elu muslim, elu buka deh tuh quran di surat An-nahl (16), ayat yg 125. Di situ asal soal kata kotbah (pengajaran).
agama.jinasi @Agamajinasi
Malah di ayat tsb dibilang bukan cuma ngajar (khu-bah), tapi berdebat. Prakteknya gimana? Yg ngomong waktu orang kotbah disuruh pulang xD.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dulu gue suka buat catatan, gak mesti tunjuk tangan pas lg orang kotbah. Masyarakat masih belom terbiasa liat begitu.
agama.jinasi @Agamajinasi
Malah dulu sempet ngeblog, tulis review kotbahnya pemimpin2 agama. Kalo bagus ya bilang bagus. Kalo ngaco ya tulis ngaconya di mana.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo elo niat, cari tau email yg kotbah. Biasanya tukang2 kotbah tenar ada email address. Nah elo kirim deh review elo ke mereka.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tp jgn berharap banyak imel elo bakal dibales. Kalo pengalaman gue, dari 10 'kang kotbah yg bales paling cuma 2-3 orang.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dari 2-3 orang tsb, yg beneran mau diskusi palingan cuma 1 orang. Sisanya cuma bilang makasih atau kasih jawaban normatif.
agama.jinasi @Agamajinasi
Biar ateis begini, gue juga bisa bedain mana tukang kotbah yang paham soal agama dan mana yang kagak.
Load Remaining (82)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.