0
agama.jinasi @Agamajinasi
Budha jadi "agama resmi" di Indonesia karena suharto lewat BKMC (badan koordinasi masalah cina). @ERIEQcioUS
agama.jinasi @Agamajinasi
Justru karena itu dibilang non theist. Teisme biasanya diartikan punya sesembahan (allah, yesus, zeus, dll). @rendy1689 @ERIEQcioUS
agama.jinasi @Agamajinasi
Pdhl kl ditarik ke akar katanya, agama (आगम) asalnya dr bahasa sansekerta; aa-gam, artinya tradisi. BUKAN a-gama (tidak-kacau, apaan tuh?!).
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi kalo umat hindu mau ngeklaim kata "agama" spt kebiasaan umat tetangga yg lain, harusnya bisa. Sayangnya gak diklaim.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kata "agama" itu milik umat hindu, terkait erat dgn pengajaran mereka: http://t.co/pFbbciXmR4
agama.jinasi @Agamajinasi
Bukan. Karta setau saya artinya pelaku. Kartagama = pelaku tradisi. "@menarapunk: kertagama = tradisi yg luhur, bener?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Kata gama memang bs diartikan kacau/rusuh, tp awalan a- itu di bahasa sansekerta setau saya gak ada untuk jadi negasi. @mmnjp
agama.jinasi @Agamajinasi
Kecuali kalo awalan a- sbg negasi mau dilacak sampe ke akar kata bahasa2 indo eropa ya. Bisa juga saya salah. @mmnjp
agama.jinasi @Agamajinasi
Saya gak pernah bilang ateis itu agama. Kalo gak bisa baca, bisa saya bantu mengeja kok :) @iPutraSilaen
agama.jinasi @Agamajinasi
Justru kalo anda pake kata religi, etimologinya bakal mirip dengan arti kata agama di bahasa sansekerta. @gilang7211
agama.jinasi @Agamajinasi
Balik ke budha, saya masih belum dengar umat budha meratifikasi pengertian ajaran ketuhananan mereka paska orba. Di sini ada yg buddhist?
agama.jinasi @Agamajinasi
Unsur tuhannya yg hilang. Ini erat kaitannya dgn masa peralihan politeisme ke monoteisme. Kesengajaan memisahkan keduanya. @menarapunk
agama.jinasi @Agamajinasi
Mirip spt kata din di bahasa arab atau yahudi (دين, דִּין ), artinya agak mirip dgn kata agama di sansekerta; ukuran, tradisi, hukum, dll.
agama.jinasi @Agamajinasi
Pdhl kl mau jujur, kata din udah dipake sebelum muhammad lahir. Bahkan dipake di agama zoroastrian, yg berakar dari kata "daena" (sadar).
agama.jinasi @Agamajinasi
Iya, baru saya baca linknya dr @agung_tedja makasih :) "@rendy1689: @Agamajinasi sedangkan konsep ny seperti ini http://t.co/BStfgEUR0n"
agama.jinasi @Agamajinasi
Betul. Harus dilawan. "@rendy1689: setau saya dahulu syarat2 agama di indonesia harus punya tuhan.agar resmi muncul lah "tuhan" ny itu"
agama.jinasi @Agamajinasi
Tegaskan kalo agama budha konsep tuhannya beda dgn konsep agama2 samawi. Jangan takut. Suharto udah mati.
agama.jinasi @Agamajinasi
Di budha itu ajaran tuhan sbg pribadi atau zat spt ajaran2 agama islam atau kristen sebenarnya gak ada. Jadi ada krn orba. @mathphilosophia
agama.jinasi @Agamajinasi
Iya. "@kamenknight48: @Agamajinasi @rendy1689 ah ya, karena itu muncullah yang namanya "Sang Hyang Adi Buddha' XD"
agama.jinasi @Agamajinasi
Stigma soal yg tidak bertuhan = jahat akhirnya berimbas ke agama budha. Begitu deh kalo negara berperan dlm proses stigma. @mathphilosophia
agama.jinasi @Agamajinasi
Stigma kalo di ilmu sosial sebenarnya sah2 aja. Ada stigma biasanya karena ada yg benar, walaupun terkadang generalisasi. @mathphilosophia
agama.jinasi @Agamajinasi
Stigma atau streotype itu macam2: Padang pelit, batak galak, manado boros, cina itung2an, jawa depannya manis di belakang nusuk, dll, dll.
agama.jinasi @Agamajinasi
Buat saya stigma spt itu malah menarik dan menyenangkan, karena menunjukkan adanya interaksi antar grup dan golongan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jangankan antar grup, di dalam grup sendiri aja banyak stigma. Misalnya protestan vs katolik, batak toba vs karo, cina sby vs cina medan.
Load Remaining (22)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.