Solusi untuk Mengatasi Kebocoran Tiket di Pertandingan Bola by @vecga75

Solusi untuk Mengatasi Kebocoran Tiket di Pertandingan Bola
0
Vecga S Pravangasta @vecga75

Lanjut ngetwit aja ah, kali aja didengerin manajemen @FCPERSEBAYA_ atau klub lain buat minta proposalnya.. :))

07/07/2013 13:03:22 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Sebenernya sih ini solusi dari penerapan #ticketing yang amburadul terutama di sepakbola kita

07/07/2013 13:04:29 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Tim-tim besar macam Persebaya, Arema, Persija, Persib tentu kendalanya banyak dlm mslh #ticketing. Mulai calo, tiket palsu, dsb

07/07/2013 13:05:09 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Di Arema, calo adalah bagian dari sistem #ticketing itu sendiri. Di Persebaya, calo beli tiket dan dijual lebih mahal

07/07/2013 13:06:07 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Bahkan sistem #ticketing yang gak bener di Persebaya justru memunculkan tiket tak berporporasi bbrp ptd yg lalu. Ini kan lucu

07/07/2013 13:06:42 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Lucu karena sistem #ticketing yang jelek justru mengebiri pendapatan klub tsb shg nggak maksimal. Nah ini yg perlu perubahan..

07/07/2013 13:07:29 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Perubahan seperti apa? Kita butuh sistem #ticketing baru, sistem yg lama ini udah jelas2 memunculkan kerugian bagi klub/suporter

07/07/2013 13:09:08 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Bayangkan, suporter harus beli tiket di calo hingga 3x harga resmi. Belum lagi tiket palsu dll #ticketing

07/07/2013 13:09:55 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Solusi awal, kita manfaatkan teknologi utk mengatasi #ticketing. Misal, seperti pemasangan barcode pada tiap tiket

07/07/2013 13:11:12 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Ini langkah awal, jadi tiap barcode tiket menunjukkan keaslian tiket tsb. Cara ngertiinnya, ya pake scanner #ticketing

07/07/2013 13:11:51 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Jadi nanti di tiap pintu masuk stadion diberi scanner utk memeriksa apakah tiket tsb asli atau nggak #ticketing

07/07/2013 13:12:46 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Nah, dari sini bisa dikembangkan bermacam2 kondisi. Contoh, dihubungkan dengan sebuah database tiket di server #ticketing

07/07/2013 13:14:20 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Gunanya utk mendata sekaligus langsung menghitung pendapatan per tiket masuk dari sistem database itu sendiri #ticketing

07/07/2013 13:14:56 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Selain itu, juga mencegah tiket bekas dijual lagi. Barcode yg telah terbaca scanner scr otomatis tiket tsb tdk bisa dipake lagi #ticketing

07/07/2013 13:17:18 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Dan di database, nomor barcode tiket tsb akan hilang. Jd mau brapa kali discan ya ga bisa masuk kecuali database di-reset #ticketing

07/07/2013 13:18:11 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Keuntungannya adalah selain ga ada lg tiket palsu, hasil pendapatan sdh terkontrol dg jelas brp jumlah dari tiap kelas tribun #ticketing

07/07/2013 13:19:30 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Sehingga kalo duitnya kurang dg apa yg tercetak di database, maka sdh pasti ada yg korupsi duit tiket #ticketing

07/07/2013 13:20:00 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Namun, sistem terkomputerisasi ini butuh SDM yg paling nggak melek teknologi dan menurutku ini ga sulit kok #ticketing

07/07/2013 13:20:49 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Termasuk pengadaan scanner di pintu masuk. Ini jg bkn perkara sulit kalo emang diniatin agar klub bisa maju #ticketing

07/07/2013 13:21:36 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Itu solusi awal, solusi kedua adalah untuk meminimalisir adanya calo tiket yg meresahkan suporter #ticketing

07/07/2013 13:22:35 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Calo ini kalo di Persebaya pemainnya ya itu2 aja, orang2 lama semua, perlu dibasmi pelan2 dgn menerapkan sistem #ticketing baru

07/07/2013 13:24:11 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Nah, karena calo kadang jual tiket komplimen/suporter, maka tiket harus dipisah jd 3; suporter, umum, dan komplimen #ticketing

07/07/2013 13:25:07 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Disini, tiket komplimen dan suporter HARUS berdasarkan data RESMI brp jumlah tiket yg terkotak pd kelompok tsb #ticketing

07/07/2013 13:27:37 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Tiket suporter didata berdasarkan jumlah anggota seluruh elemen suporter. Misal Green Nord butuh 7000 tiket, ya kuota disediakan hanya 7000

07/07/2013 13:28:43 WIB
Vecga S Pravangasta @vecga75

Dan berdasarkan jumlah anggota. Contoh: jika bonek serdadu punya anggota 500 org, ya kuota mrk cuma 500 itu #ticketing

07/07/2013 13:30:05 WIB
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!