Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Memaksimalkan Lensa #Kit1855

Lensa kit 18-55 (atau 14-42 di m4/3, atau 10-30 di Nikon 1) sering dianaktirikan, padahal performanya cukup bagus. Apa jeleknya lensa ini? Gimana bikin foto bagus pake lensa murmergus ini?
1
X Æ A-48 @fotoHEBAT

1. Lensa #kit1855 tu lensa murmergus. Ada beberapa kekurangan sih, kl saya dipaksa nyebut.. :D

03/06/2012 13:49:07 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

2. Saya share pengalaman saya pake yg Nikkor #kit1855 ya. Pernah coba yg Canon 18-55is/Sony, dan ga jauh beda feelnya.

03/06/2012 13:50:18 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

3. Sisi lemah #kit1855: 1. AF lambat, 2. bukaan kecil (3.5-5.6). Itu aja. Dikit kan? :D

03/06/2012 13:53:10 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

4. Bodi plastik bukan saya anggap sebagai kelemahan. Itu kelebihan. Lensa jd enteng. Serasa ga pake (lensa)! #kit1855

03/06/2012 13:54:12 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

5. Ada lensa #kit1855 yg versi IS/VR. Advantage banget tuh. Saya pernah di 55mm pake 1 detik VR on. Acceptably sharp.

03/06/2012 13:55:48 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

6. AF juga ngga lambat2 amat. Masih cukup cepat utk AF ke anak saya yg lelarian di lapangan, atau utk #panning.. #kit1855

03/06/2012 13:56:51 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

7. Dan artinya kita berjumpa dg kelemahan 'tunggal' dari lensa #kit1855: bukaan yg kecil (f3.5-5.6).

03/06/2012 13:58:39 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

8. Bukaan kecil artinya (1) lebih sulit memblurkan BG; (2) shutterspeed hrs rendah. (ada yg mau nambahin?) #kit1855

03/06/2012 14:02:42 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

9. Udah tau kelemahannya? Sekarang: hindari. Ngga bisa bikin BG cukup blur? Ya ga usah diblur. / Ga bagus dong? #kit1855

03/06/2012 14:09:38 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

10. Pemilihan BG jauh lbh penting drpd memblurkannya. Saya bbrp kali lihat BG blur yg msh ada elemen mengganggunya. #kit1855

03/06/2012 14:11:38 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

11. Jadi, perbagus fotomu dg memperkuat komposisi & angle (selain moment/timing). #kit1855

03/06/2012 14:13:16 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

12. Misal dengan memanfaatkan FL 18mm-nya, dan mendekat sedekat mungkin. Set di 18mm, maju & penuhi frame dg objek. #kit1855

03/06/2012 14:14:36 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

13. Lensa #kit1855 bisa fokus ke objek berjarak belasan cm dr ujung lensa. Itu lbh deket dr pipi pacarmu.. ;-) #kit1855

03/06/2012 14:15:46 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

14. Kl pake lensa #kit1855 saya paling suka memperbesar efek distorsi perspektifnya. Mendekat. Sedekat mungkin. Contohnya...

03/06/2012 14:19:53 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

15. Ini di 18mm dan SANGAT dekat. Tangan saya kena 'umbelnya' si gajah.. :D http://t.co/fkAH4Pcx (Taman Safari) #kit1855

03/06/2012 14:22:45 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

16. Yang ini juga.. http://t.co/jk2MTUWW Hidung si zebra udah masuk ke dalam mobil.. #kit1855

03/06/2012 14:24:02 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

17. Foto2 tadi ngga banyak olahan. Klpun ada, it's irrelevant. Saya mau nunjukin angle/perspektif wow pake #kit1855 :-)

03/06/2012 14:25:47 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

18. Analogi: Kl kamu ngga jago kelereng ya udah, jgn mengeluh. Ajak temenmu main kejar2an, kan larimu cepat :-) #kit1855

03/06/2012 14:26:58 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

19. Itu dulu sharenya. Bisa diexplore lagi #kit1855-nya. Atau main2 dg supercloseup terus juga boleh -sampe bosen :D -HABIS-

03/06/2012 14:29:09 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

Kalopun agak panjang bahasnya, mimin usahakan itu applicable di merk lain. Kultwit ttg #kit1855 tadi misal. Ngga cuma C/N yg bisa nerapin..

03/06/2012 15:28:25 WIB
X Æ A-48 @fotoHEBAT

Kultwit ttg #kit1855 tadi applicable banget lho ke Olympus 14-42 misal. Atau ke kamera saku. Focal lengthnya kan sama2 28mm eq di wide end..

03/06/2012 15:31:07 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!