Pendidikan (formal) Indonesia, nowadays by @SoundOfYogi

Damn but true. Setidaknya, ini yang gue liat di dunia pendidikan di Indonesia.
sekolah pendidikan
1
The Game Master @SoundOfYogi
Pendidikan harusnya yang nganterin si anak menuju suatu komponen dalam masyarakat kan ya? the world of making/providing goods and services
The Game Master @SoundOfYogi
Di sini pendidikan udah jadi komoditas... semua berjanji bikin anak jadi pinter.. hebat.. jago matematika,, jago bahasa inggris semua jualan
The Game Master @SoundOfYogi
Ketika dunia pendidikan menjadi komoditas, anak didik menjadi konsumen, dan hasilnya adalah zombifikasi pendidikan.. (apaan itu?)
The Game Master @SoundOfYogi
Ciri2 utamanya adalah... apalan, apalan, dan rumus2 yang pasti bener untuk semua masalah yang akan dihadapi siswa...
The Game Master @SoundOfYogi
Zombie education, leads to more mindless commodities after graduation, which is in line with greed-driven capitalism
The Game Master @SoundOfYogi
Janji sekolah adalah mobilitas vertikal, padahal yang sebenernya dikasih adalah preservasi system
The Game Master @SoundOfYogi
Konsumsi tanpa otak aja udah parah, tapi sekarang juga ga pake otak dalam konteks politis, makanya kapitalis seneng, they don't need human
The Game Master @SoundOfYogi
Penguasa tidak butuh rakyat yang pinter.. what they need is silent obedient worker.
The Game Master @SoundOfYogi
Maka dari itu penguasa berusaha sekuat tenaga mempertahankan sistem pendidikan yang ada
The Game Master @SoundOfYogi
Menurut gw.. pendidikan seharusnya lebih dari sekedar janji hidup gak melarat, pendidikan gak perlu menjanjikan pekerjaan enak dan basah
The Game Master @SoundOfYogi
Pendidikan gak seharusnya menawarkan lingkaran setan yang berawal dan berakhir di pekerjaan...
The Game Master @SoundOfYogi
Pendidikan seharusnya menjadi bahan bakar untuk menggapai fulfillment personal yang gak melulu soal gaji dan pendapatan
The Game Master @SoundOfYogi
Paradigma pendidikan sekarang itu busuk karena gak ada gunanya dan makan APBN untuk hal2 yang gak berguna
The Game Master @SoundOfYogi
Siswa dibilang untuk belajar menghapal rumus, menghapal nama2 untuk menyiapkan peran mereka menjadi konsumer.. dan konformis
The Game Master @SoundOfYogi
Tugas utama sekolah di Indonesia itu membunuh mimpi
The Game Master @SoundOfYogi
Institusi sosial, agama dan masyarakat memiliki bias yang sama terhadap pendidikan kita, semuanya bilang sekolah itu bagus...
The Game Master @SoundOfYogi
Zombie.. easily led and misled .. produk utama pendidikan kita...
Teres @Teerreess
@SoundOfYogi IMHO skolah saat ini untuk bertujuan untuk mencetak manusia2 berorientasi angka & prestasi, bukan menjadi manusia pembelajar.
The Game Master @SoundOfYogi
@Teerreess gurunya pake hati.. iya... hasilnya sih zombi2 aja kalo ortunya belegug
The Game Master @SoundOfYogi
Gw punya anak... umur 4 tahun, angga namanya, mau gw sekolahin.. tapi sekolah itu jahat.. semua...
The Game Master @SoundOfYogi
Mereka berlomba2 menjanjikan anak gw bakal jago bahasa Inggris, jago matematika, jago.. pinter.. cerdas... pokoknya bibit unggulan lah...
The Game Master @SoundOfYogi
Ketika pendidikan menjadi komoditas, konsuekuensi logisnya adalah siswa menjadi konsumen, dan pada akhirnya menjadi pendidikan ala zombi
The Game Master @SoundOfYogi
Pendidikan zombi, titik berat pada hapalan rumus baku yang katanya manjur untuk semua masalah hidup manusia dan masa depan..
The Game Master @SoundOfYogi
Pendidikan zombi, mengutamakan akses informasi yang berjubel, banjiri informasi bit bit data tanpa membekali kemapuan analisa yg memadai
Load Remaining (51)
Login and hide ads.