1
agama.jinasi @Agamajinasi
Dalam islam, hukum wanita bekerja itu mubah. Artinya gak wajib. Dilakukan boleh, gak dilakukan jg gpp.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ada tingkatan2 hukum taklifi dalam islam, mulai dr yg wajib, sunah, MUBAH, makruf sampe haram atau dilarang.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ide wanita itu gak layak bekerja sampe larut malam (dan tanpa ditemani muhrimnya) awalnya datang dr hukum tsb.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dengan anggapan kalo sampe larut malam berarti (asumsinya): anak, suami, atau pekerjaan rumah tangga terbengkalai.
agama.jinasi @Agamajinasi
Nah kalo yg wajib/sunah terbengkalai krn sedang mengerjakan yg mubah, wanita tsb bisa dilabel melakukan suatu maksiat.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi asumsi tsb cuma bisa masuk dlm jaman teokrasi dulu, di mana hegemonisme jadi ciri utamanya.
agama.jinasi @Agamajinasi
Pemikirannya keliru. Kalo sikon malam itu bahaya buat perempuan, kenapa gak dibuat sikon yg aman buat perempuan? @lamuntau
agama.jinasi @Agamajinasi
Meletakkan perempuan dlm posisi lemah (dlm arti tdk bisa membela diri sendiri) di jaman skarang malah akhirnya banyak mudharatnya. @lamuntau
agama.jinasi @Agamajinasi
Sama spt soal BBM. Walaupun saya pribadi setuju harga BBM naik, tp alasan "krn BBM murah, jd banyak diselundupkan ke luar" itu alasan lemah.
agama.jinasi @Agamajinasi
Faktanya memang begitu, tp yg dibully selama ini soal kerja malam atau pulang sendirian siapa? Kan kaum wanita. @lamuntau
agama.jinasi @Agamajinasi
Jd inget soal hukum islam lainnya ttg perempuan ga boleh jalan 3 hari atau 78 km tanpa ditemani muhrimnya.
agama.jinasi @Agamajinasi
Perhitungan perjalanan 3 hari = 78 km itu cuma berlaku di jaman belum ada mobil, apalagi pesawat.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dari kasus2 tsb soal wanita, (kaum) agama gak bisa lagi berdiri di 2 kaki. Bahasa londonya "you can't have it both ways."
agama.jinasi @Agamajinasi
1 sisi bilang "yah itu kan konteksnya jaman dulu", tp sisi lain bilangnya "agama gue sempurna / tuhan gue maha tahu."
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo memang sempurna/maha tahu, kasih dong hukum2 yg berlaku di segala jaman, bukan hanya utk jaman di mana belom ada mobil aja.
agama.jinasi @Agamajinasi
Pengen sih bahas korupsi dr sudut pandang social contract-nya Rosseau, tp ntar malah nyangkut ke soal pernikahan :)))
agama.jinasi @Agamajinasi
Korupsi itu spt perjudian dan pelacuran. Bagian dr budaya. Susah dihilangkan. Dan memang gak akan bisa hilang total.
agama.jinasi @Agamajinasi
Memberantas ketiganya itu spt memberantas jamur di musim hujan. Hari ini bisa musnah, besok tumbuh lebih banyak.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sebelum berantas, ada baiknya tau kenapa ketiga hal tsb jd bagian dr budaya. Solusinya agama? Boro2. Agama justru jd katalisator.
agama.jinasi @Agamajinasi
Agama dengan sifat "torah law"-nya (baca: http://t.co/CpIqXm7cXW) malah bikin manusia jd resistant.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kenapa resistant? Karena gak mungkin terus2an melarang hal2 yang sifatnya udah jadi hakikat manusia.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ada kebutuhan biologis, psikologis & sosial ketika manusia terlibat korupsi, perjudian dan pelacuran. Itu yg harus diatur.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ketika kita gak tau itu, jgn heran ketika kita turunin pemerintah yg korup dan ganti yg baru, kita dapetin pemerintah yg korup juga.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo kelakarnya orang bule : "Here, meet your new boss, same as your old boss."
agama.jinasi @Agamajinasi
Udah sifat manusia untuk korup. "Power tends to corrupt, absolute power corrupts absolutely." Elu mau musnahin total sifat ini?
Load Remaining (66)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.