Kenapa Ada Syarat Ijtihad?

(Info utk JIL)
international
0
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
1. Liberalis menolak syarat2 #ijtihad yg dirumuskan oleh para ulama. Kenapa?
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
2. Karena mereka begitu ngoyo mau berpikir bebas, terobos smw aturan. #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
3. Mau menggali hukum pakai metode ushul yg baku, gak mampu. So, buang aja tuh ushul fikih. #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
4. Ada aja alasannya. Ada yg bilang ketinggalan zaman, gak relevan, krn kepentingan, dls. #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
5. Namun tak pernah dijelaskan, mana yg ketinggalan zaman, apanya yg tak relevan? #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
6. Percayalah bhw mereka takkan pernah bisa memberikan penjelasan itu. Kenapa?
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
7. Krn syarat2 itu bukanlah buatan para ulama. Bukan sengaja dibikin. Tapi memang kelaziman. Mereka hanya merumuskan. #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
8. Ya. Syarat #ijtihad itu hanya KELAZIMAN. Lalu olh ulama dirumuskan
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
9. Jadi bukan dibuat2 oleh para ulama, supaya aktivitas #ijtihad itu jadi repot
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
10. Apa maksud dari syarat2 #ijtihad itu adalah kelaziman, bukan buatan atau dibuat-buat?
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
11. Biar mudah, saya kasih contoh. a) kalau Anda mau jadi guru bahasa Inggris, apa saja syaratnya? #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
12) Tentu saja kelazimannya Anda harus mahir bahasa Inggris, menguasai grammar, pronunciation, vocabulary, dst #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
13. Ngak usah ditulis ya emang udah semestinya gitu. Sudah kelazimannya. #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
14. Tapi kalo Anda mau ngelamar sbg guru bhs English, anda harus penuhi syarat2 itu tadi. #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
15. Syarat2 tadi tertulis, dirumuskan, dan Anda harus penuhi syarat, kalo mau lulus dan bisa ngajar English #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
16. Kalo syarat2 jadi guru English gak ditentukan, gak dirumuskan, apa semua orang boleh ngajar English? #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
17. So, apa jadinya kalo smw org diperbolehkan ngajar English? Brabe gak tuh? :p #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
18. Ada guru ahli bahasa Arab, tak pernah belajar English sama sekali, pas mau ngajar English. Ancur. #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
19. Begitu pula halnya syarat2 #ijtihad yg ditetapkan ulama. Itu bukan rekayasa. Tapi kelazimannya begitu.
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
20. Apa iya, liberalis kalo mau nyalon jadi guru English, trus ada syarat2 spt tadi, akan bilang itu syarat2 ngaco, gak relevan!? #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
21. Nah, begitulah logikanya. Saya pikir cukup sederhana. Masak liberalis masih kagak paham juga? #ijtihad
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
22. Lalu kenapa syarat2 #ijtihad itu muncul belakangan? Kok gak sejak masa Nabi ato sahabat?
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
23. Karena saat itu syarat2 #ijtihad belum dibutuhkan. Saat itu masih ada kesadaran umum yg dipahami bersama oleh seluruh umat Islam.
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
24. Kesadaran umum apa? Yaitu kesadaran bahwa yg boleh #ijtihad hanya mereka yg sudah mampu ijtihad. Yg belum mampu hrs taklid
Achyat Ahmad @AchyatAhmad
25. Namun stlh kesadaran sprt itu sirna, lalu muncul fanatisme mazhab, maka ulama rumuskan syarat2 #ijtihad itu
Load Remaining (10)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.