1
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Ini ilustrasi kalo semua org ga imunisasi gmn? Saat ada wabah bs nyebar ke sebagian besar masyarakat... http://t.co/d0cVt9lTik
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Ini ilustrasi klo ada yg imunisasi tp sedikit, krn yg lain pada galau gara2 seruan antivaksin...wabah tetap meluas http://t.co/M3gHQcjlXv
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Ini ilustrasi kalo yg diimunisasi banyak >85%, maka kalo ada wabah bs terkendali, tdk menyebar ke semua org.. http://t.co/GX2LrvDqM6
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Pendekatan keagamaan amat penting dlm menyukseskan program Imunisasi" DR Asrorun Ni'am ketua panitia. http://t.co/V7Fz4oP9Jl
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
SKDI angka cakupan imunisasi bayi 0-11 bl baru sekitar 65%. Padahal agar efektif mesti >85%. Kementrian PPN.
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
35-40% bayi 0-11 bl di Indonesia belum diimunisasi. Hal ini berperan dlm angka kematian bayi yg msh tinggi (setiap 3 mnt 1 by meninggal)
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Di dunia hanya 3 negara yg blm bebas polio: Nigeria, Pakistan, & Afghanistan. semua negara muslim. Sebabnya krn salah paham thd vaksin
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Barangsiapa yg menyelamatkan 1 nyawa = menyelamatkan seluruh manusia, barangsiapa yg membunuh 1 nyawa=membunuh seluruh manusia.
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
"Janganlah kamu meninggalkan generasi yg lemah di kmd hari" Al Qur'an. Antara lain dg ASI sedini mgk (kolostrum) dan Imunisasi. Ketua MUI
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Posisi MUI sdh jelas: Imunisasi sbg upaya preventif itu dibolehkan dlm Islam. Perlu diperhatikan aspek kehalalan vaksin. Jgn darurat terus.
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Sesi 1 workshop imunisasi dlm perspektif Islam: Prof DR Boerhan Hidayat SpA(K): Imunisasi menuju anak sehat sejahtera http://t.co/2YfIorTrvD
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Prof Boerhan: upaya pencegahan penyakit dan pencegahan penularan penyakit jauh lbh murah drpd diagnosis dan terapi.. http://t.co/JqtsvH5O4A
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Proses pembuatan vaksin sgt panjang, tdk gegabah: ada tahap Lab, lab hewan, relawan, yakin aman baru dilempar ke pasaran... (prof Boerhan)
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Vaksin dinilai imunogenisitas: efek menimbulkan kekebalan. Ada reaktogenisitas (KIPI) dan Efikasi: (manfaat) vaksin http://t.co/ZhUJ6g4ovO
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Prof Boerhan: Efikasi (manfaat) vaksin amat jauh melebihi reaktogenisitas (KIPI) nya. Bila tidak: vaksin itu produk gagal, ngga akan beredar
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Prof Boerhan: Ini perbandingan kelompok yg divaksin dan yg tidak. Sila dipilih dipilih... http://t.co/TUJsgef9Y4
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Knp menolak vaksinasi? Tdk tahu or tdk mau. a.l krn tak terjangkau. makanya ke @rumahvaksinasi biar murah he3x.. http://t.co/7LnE7zBW9C
Expand pic
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Sesuatu yg mana suatu kewajiban tdk terlaksana krn sesuatu itu maka dia hukumnya wajib. Ketua Komisi Fatwa MUI.
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Bila tanpa imunisasi kondisi kesehatan suatu negara mjd terancam wabah, maka hukum vaksinasi bisa menjadi wajib. Ketua Komisi Fatwa MUI.
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Di diskusi ternyata msh banyak salah paham di kalangan tokoh Islam sendiri tentang imunisasi. Mgk beliau2 sempat baca tulisan2 hoax antivaks
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Diskusi menarik nih: apakah kebutuhan akan vaksinasi itu sifatnya primer, sekunder, atau tertier ?
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Fatwa ulama di Nigeria: menolak pelarangan imunisasi, dan menganjurkan dilakukannya imunisasi. Tp muslim di sana masih bnyk yg salah paham.
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Apakah bersinggungan dg najis itu otomatis jadi najis? konsep itu mesti ditinjau ulang agar pandangan MUI fair thd vaksin
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Apa derita dunia bila vaksin tak ada? Akan tjd malapetaka sedunia, jutaan manusia akan meninggal atau cacat. Hal itu bs dicegah saat ini.
Piprim B Yanuarso @dr_piprim
Masalahnya: seringkali para ahli itu kalo ngomong dg org awam msh pake bahasa ilmiah bangeeet...jadi audiens ga mudeng. Perlu belajar ya...
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.