Dongeng Gunung Api

Cerita tentang Gunung Api, dari pembentukan, jenis serta letusannya
biology gunungapi volcano
0
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Sembari nemenin makan siang, gw mau cerita tentang gunung api, hayo2 pada duduk tp jgan nganga...
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Kalo dr segi bahasa awalnya dr orang2 romawi yg percaya ada dewa pandai besi yg tinggal di gunung Etna, Sicilia si "Vulcan"
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Pengertiannya gunung api adlh lubang kepundan/rekahan dlm kerak bumi tempat keluarnya cairan magma, gas atau cairan lain ke permukaan bumi
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Nah kenapa itu gunung api mengkerucut karena dorongan material yang akan keluar dr perut bumi, makanya makin kuat dorongan makin tinggi
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Nih deh gambaran gimana itu si gunung api kebentuk... http://t.co/NJM1o11gYO
Expand pic
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Ada beberapa bentuk gunung api, nah setelah tau ini loe2 orang bisa bedain deh berdasarkan tipenya http://t.co/0nep7GJ27O
Expand pic
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Nah kalo dikategoriin kekuatan meletusnya begini nih jadinya http://t.co/jbSdCjb5KF
Expand pic
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Kalo kalonmauntau dalemannya gunung api kaya gini kira2 http://t.co/r8CukKgXjl
Expand pic
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Nah dimana gunung api bisa kebentuk? yaitu pada 4 busur. Busur tengah benua, busur tepi benua, busur tengah samudra dan busur dasar samudra
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Nah busur2 itu dibilang penampang gunung api, dimanantempat gunung api kebentuk http://t.co/MQomlxcRCm
Expand pic
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Trus gimana kebentuknya itu si gunung api? (mau dijawab apa ngga nih? )
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Nah pergerakan antar lempeng ini membentuk empat busur gunungapi berbeda-beda apa aja hayooo
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Pemekaran kerak benua, lempeng bergerak saling menjauh dan magma bergerak ke permukaan, jadilah busur gunungapi tengah samudera.
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Tumbukan antar kerak, kerak samudera menunjam di bawah kerak benua membuat gesekan batu akhirnya mjd lelehan yg kluar mjd busur tepi benua
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Kerak benua menjauh satu sama lain secara horizontal, sehingga menimbulkan rekahan/patahan. --- lanjut
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
lanjut -- Patahan/rekahan jd jalan lelehan batuan dan magna ke permukaan san membentuk busur gunungapi tengah benua
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Penipisan kerak samudera akibat pergerakan lempeng membuat magma menerobos ke dasar samudera, ini yg bikin deretan gunungapi perisai
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Di Negara kita nih Indonesia P. Jawa-Sumatera gunungapi terjadi akibat tumbukan kerak Samudera Hindia dengan kerak Benua Asia.
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Na kita kalo ngomongin gunung api ada bahaya yg harus kita tau juga nih, ada bahaya utama/primer sm Sekunder
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Bahaya primer : Lava, nah ini cairan panas dari erupsi gunung api. Suhunya 800. - 1200 derajat cuy. Jgn dibayangin itu kaya gimana panasnya
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Aliran piroklastik alias awan panas/wedus gembel ini akibat runtuhan tiang asap erupsi plinian, arah alirannya biasanya satu arah
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Nah piroklastik ini yg paling nyeremin saat erupsi gunung api, kecepatannya bisa sampe 250 km/jam cuy, krn dipengaruhi gravitasi bumi
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Knp piroklastik ini jalannya kenceng banget krna dorongan dari pelepasan gas magma/lava serta udara yg panas skitar letusan gunung api
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Bahay selanjutnya runtuhan kolom piroklastikq or abu vulkanik. Nah kalo kolom awan panasnya besar dan tinggi kbyang jumlah abu vulkaniknya
Wisnu Wiryawan @wisnurimbu
Pas waktu letusan gunung tambora runtuhan kolom awan panas ini nyebarnya sampe eropa, yg bikin satu tahun tanpa matahari setaun stlh letusan
Load Remaining (31)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.