1
BisMania Community @BismaniaOrg
mau belajar gak lur? udah lama nih kita gak belajar :)
BisMania Community @BismaniaOrg
kali ini kita bakal ngupas tentang exhaust brake di Mercedes Benz seri 900
BisMania Community @BismaniaOrg
ayo mesin seri 900 itu dipake di chasis MB apa aja?
BisMania Community @BismaniaOrg
iya bener seri 900 dipake di MB seri OF8000, OH 1725, OH 1632, OH 1525, OH 1518 EIII, OH 1526, OH 1521 EIII, OH 1626 dan OH 1830
BisMania Community @BismaniaOrg
fungsi Exhaust brake itu adalah membantu kinerja rem yaitu membantu mengambat laju kendaraan secara cepat dan menyesuaikan kecepatan
BisMania Community @BismaniaOrg
...yang menunjang kinerja sistem pengereman utama.
BisMania Community @BismaniaOrg
exhaust brake atau orang awam menyebutnya skep adalah alat bantu pengereman non friksi (tidak ada gesekan secara langsung)...
BisMania Community @BismaniaOrg
fungsi exhaust brake sama seperti retarder tetapi lebih sederhananya
BisMania Community @BismaniaOrg
Prinsip kerja exhaust brake yaitu menutup saluran gas buang (knalpot) dari mesin sehingga tekanan gas buang akan naik....
BisMania Community @BismaniaOrg
....Dengan naiknya tekanan di ruang bakar ini maka gerakan naik turun piston akan tertahan....
BisMania Community @BismaniaOrg
...dan secara perlahan putaran mesin dan kecepatan kendaraan juga akan berkurang.....
BisMania Community @BismaniaOrg
ini gambar exhaust brake butterfly valve nya http://t.co/xU7b8xsOKN
Expand pic
BisMania Community @BismaniaOrg
Exhaust brake teknologi terkini mempunyai apa yg disebut Exhaust Pressure Modulation (EPM)....
BisMania Community @BismaniaOrg
dimana tekanan dari gas buang dimonitor dan diatur sehingga menaikan performa pengereman pada beberapa tingkatan putaran mesin
BisMania Community @BismaniaOrg
pengoprasian exhautst brake ini bermacem-macem, kalau Hino di tuas stir sebelah kiri, kalau di MB ada di dashboard sama di kaki
BisMania Community @BismaniaOrg
apa tuh min artinya I sama II? okee ini artinya
BisMania Community @BismaniaOrg
Posisi ini direkomendasikan untuk melakukan pengurangan kecepatan secara kontinyu ketika melalui turunan2 panjang
BisMania Community @BismaniaOrg
Posisi bawah (I): exhaust brake bekerja secara terus menerus ketika pedal gas dilepas.
BisMania Community @BismaniaOrg
Posisi atas (II): exhaust brake diaktifkan melalui pedal rem.
BisMania Community @BismaniaOrg
Exhaust brake mulai bekerja ketika pedal rem diinjak sedikit dan bekerja sebelum rem mulai bekerja.
BisMania Community @BismaniaOrg
Posisi ini direkomendasikan untuk mengurangi kecepatan di kondisi jalan normal.
BisMania Community @BismaniaOrg
kalau di hino kebetulan saya gak ada gambarnya, tapi dibayangkan saja ya hehe
BisMania Community @BismaniaOrg
saat akan melakukan pengereman ditarik, tuas exhaust brake ditarik ke bawah lalu setelah melakukan pengereman dikembalikan lagi posisi awal
Load Remaining (15)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.