0
Septana Bagus P @septanabp
banyak yang nanya struktur bang 10 lt ya ? oke deh, saya twit ya #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
sebetulnya yg ngerti bener sih orang sipil, tapi kita bisa kira-2 dimensi dan sistem strukturnya #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
pertama, BALOK. cari TINGGI nya dulu. sejak jaman firaun sampe sekarang rumus tinggi balok tetep sama.#struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
yaitu tinggi balok = 1/10 - 1/12 bentang/modul kolom untuk beton konvensional. nah modul kolom umumnya 6-10m. #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
jadi kalau bentang 6-10m. berarti tinggi BALOK 60-100m. atau 50-80cm. nah setelah ketemu tinggi balok tinggal cari LEBAR BALOK #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
perbandingan antara LEBAR dg TINGGI balok adalah 2:3 atau 1:2. Jadi kalau tinggi balok 60, maka ukuran balok adalah 40x60cm #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
kalau tinggi balok 100cm, maka lebar balok adalah 40-50cm #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
see. bentang 8m ---> tinggi balok 1/10x8=80cm ----> lebar balok 2/3x80cm=30cm ---> ukuran balok 30x80 cm #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
kalau sudah ketemu lebar balok. tinggal cari ukuran KOLOM. Gampang banget. tinggal tambahi 10-15cm di 2 sisi lebar balok #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
mis, lebar balok 40cm, berarti ukuran kolom = 40 + (2x15) = 70cm. kalo lebar balok 50cm, ukuran kolom = 50+(2x15)=80cm #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
nah, apakah modul/jarak/grid kolom harus sama tiap lantai? tidak. BOLEH BEDA, tapi sebaiknya kelipatannya #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
kalau jarak grid/modul kolom beda, pengaruhnya ke apa? ya ke dimensi balok, terus ke dimensi kolom #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
misal lt atas2nya bentang 5, trus lt dasar bentang 10m (istilah beliaunya 'bentang lebar') maka balok + kolomnya ya 2x lipat #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
masih ttg kolom + balok. kl atap BUKAN DAK BETON. maka kolom dan balok di lt TERATAS, hanya ada di pinggir aja. tengah ga ada #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
tapi kalau atapnya DAK BETON. ya seluruh balok dan kolom di lantai teratas tetep ada seperti biasa #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
ukuran2 tadi hanya berlaku untuk struktur yang menerus/konvensional/non kantilever. #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
kalau ada kantilever ya ukuran balok dan kolomnya beda. bisa 1,5 - 2 kali lipatnya #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
untuk bangunan tinggi, jarak antar lantai sekitar 3,5 - 3,8m. kecuali lantai dasar, biasanya lebih tinggi #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
besaran-besaran yang lain. Dinding Geser/Shear Wall/Dinding pemikul/CORE adalah dinding beton dg tebal 40 cm #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
trus sekarang pondasi. PONDASI bang 10 lt. biasanya menggunakan pondasi tiang pancang dengan pile cap #struktur10lt http://t.co/vGYQRC0sg3
Expand pic
Septana Bagus P @septanabp
trus format 'gbr kerja proyek' untuk potongan. yg pertama ada dimensi grid/modul kolom di bawah #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
trus di samping ada elevasi. ELEVASI lho, bukan dimensi. mulai +0.00, +4.00, +7.80. dst di level tiap lantai #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
trus, jangan lupa beton YANG TERPOTONG (plat lantai, balok, sloof) diblok hitam. Kolom nggak usah #struktur10lt
Septana Bagus P @septanabp
di bag bawah tiap kolom, notasi grid boleh berupa angka/huruf di dlm lingkaran atau segi 6. kayak gn. #struktur10lt http://t.co/7GB4vQpJug
Expand pic
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.