Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Istiqomah - Mabit - Tatsqif - Walimah

Intisari dari materi istiqomah yang didapat dari mabit dan tatsqif. serta pelajaran kehidupan dari datang walimahannya kak Adhie Kurnia (14'07)
0
Big No @no_big_no

Assalamu'alaikum. Whoah, mumpung hectic UTS lagi berhenti (sementara) >.<. Mau numpang berbagi apa yang didapat dari akhir pekan kemarin.

09/04/2013 21:23:28 WIB
Big No @no_big_no

Jadi, setelah sekian lama berkutat di dunia kampus. Akhir pekan kemarin dihabiskan dengan teman2 SMA. Mabit -> Tatsqif -> Wallimahan. n_n

09/04/2013 21:28:32 WIB
Big No @no_big_no

Dari semua kegiatan itu, ada poin tentang "Istiqomah" yang terus terulang terbahas. Baik via materi maupun via obrolan santai.

09/04/2013 21:33:22 WIB
Big No @no_big_no

Ya, istiqomah. Cuma itu. Simpel - ngomongnya. Tapi saat coba dilakuin, bah. Susah bro. Jadi sebenernya apa itu istiqomah? *bukan nama orang*

09/04/2013 21:35:07 WIB
Big No @no_big_no

Secara bahasa artinya sih berupaya agr lurus. Lurus apa maksudnya? Lurus di jalan Allah swt, gak ke kanan, gak juga ke kiri. Lurus ke tengah

09/04/2013 21:40:10 WIB
Big No @no_big_no

atau bisa juga dibilang istiqomah itu teguh, konsisten, tegar, 4L (lo lagi lo lagi).

09/04/2013 21:44:15 WIB
Big No @no_big_no

Istiqomah itu bisa dalam hal apa aja - selama masih dalam kebaikan. Istiqomah dalam belajar, dalam berdakwah, dalam berkarya. Macem

09/04/2013 21:44:55 WIB
Big No @no_big_no

Ternyata ada satu hal yang bisa menentukan apakah kita akan tetap istiqomah dalam hal2 tadi. Yaitu niat - tujuan kita melakukannya.

09/04/2013 21:50:52 WIB
Big No @no_big_no

Buat apa sih kita capek2 berkarya, belajar, berdakwah, dll? Untuk apa? atau untuk siapa? bakal dapet apa?

09/04/2013 21:54:00 WIB
Big No @no_big_no

Di buku "The Maxwell Daily Reader" juga sering banget dijelaskan. Tujuan-lah yang mampu memotivasi manusia untuk selalu bergerak.

09/04/2013 21:58:50 WIB
Big No @no_big_no

ber-istiqomah ria gak akan lancar kalo tujuannya gak jelas. Tujuan yang membuat istiqomah bisa berjalan terus2an. (diulang-penegasan)

09/04/2013 22:03:56 WIB
Big No @no_big_no

Jadi sebelum mulai beristiqomah, coba tentuin apa tujuannya, untuk siapa, apa yang bakal didapet (inget, manusia itu pasti pamrih)

09/04/2013 22:08:18 WIB
Big No @no_big_no

Nah, masalah tujuan-niat ini yg sensitif. Sebenernya dulu udh prnh dibahas. Intinya, pastikan tujuan kita itu murni karena&untuk Allah swt.

09/04/2013 22:11:00 WIB
Big No @no_big_no

Maksudnya apa sih karena&untuk Allah swt: Kita melakukan sesuatu karena diminta sama Allah swt dan ...

09/04/2013 22:17:09 WIB
Big No @no_big_no

... kita berharap yang akan ngasih balesan cuma Allah swt, gak dari yang lain. sama sekali.

09/04/2013 22:17:35 WIB
Big No @no_big_no

So, jangan pernah beristiqomah kalo tujuannya bukan untuk Dia ya, Allah swt. Rugi banget soalnya. Gak akan dapet apa2 - buat akhirat.

09/04/2013 22:18:55 WIB
Big No @no_big_no

Gak perlu berharaplah pengakuan dari manusia, jin, binatang,atw rumput yg rgoyang. Cukup Allah swt ajalah yang mengapresiasi perbuatan kita

09/04/2013 22:20:46 WIB
Big No @no_big_no

Itu udah lebih dari cukup sebenernya. Kalo dapet apresiasi juga dari yang lain gimana? Anggap aja itu bonus. :3

09/04/2013 22:21:14 WIB
Big No @no_big_no

Coba cek surat ke 9 ayat 105 "...Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, juga Rasulullah dan orang-orang mukmin...

09/04/2013 22:26:29 WIB
Big No @no_big_no

... dan kepada Allah-lah kamu dikembalikan, Yg mengetahui yg ghaib & yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepadamu apa yang telah kamu kerjakan"

09/04/2013 22:27:18 WIB
Big No @no_big_no

Nah, agar tetap bisa istiqomah ada lagi caranya -selain meluruskan niat. Berdoa. Ya, berdoa. Ke siapa? ke Allah-lah. udontsay.

09/04/2013 22:28:15 WIB
Big No @no_big_no

Allah swt itu Maha Membolak-balikkan hati. Minta aja ke Dia, supaya hati kita selalu kuat dan sanggup beristiqomah di jalan kebaikan.

09/04/2013 22:29:31 WIB
Big No @no_big_no

Apakah hal kayak gitu susah buat Allah swt? Ya enggaklah. Apa sih yang gak bisa Allah swt lakukan. Gak ada. Jadi, mintalah kepada Allah.

09/04/2013 22:30:53 WIB
Big No @no_big_no

Terus misalnya, tiba2 kita lagi gak bersemangat untuk berkarya, belajar, berdakwah? apakah itu disebut udah gak istiqomah?

09/04/2013 22:33:33 WIB
Big No @no_big_no

Sejatinya gak. Kita tetep bisa disebut mustaqim (orang yang istiqomah) kok. Kita disebut gak istiqomah kalo udah berhenti sama sekali.

09/04/2013 22:34:37 WIB
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!