Finishing Artwork

Bingung mau belajar desain grafis darimana? Pelajari di corelmonster.com
desain grafis
0
Kebun Design @kebundesign
sedikit ngelanjutin yang kemaren, saya mau ngebahas tips saat artwork digital kita selesai, masih berkaitan dengan format
Kebun Design @kebundesign
Proses menyimpan artwork harus hati-hati. Ada minimal ada 3 file yang disimpan dalam format berbeda. Apa saja kah itu?
Kebun Design @kebundesign
Saat mengolah vektor, simpan dlm format 1.Jpg/png/bitmap dll -- 2.File Vektor berbentuk kurva --- 3.File Vektor sebelum di convert mjd kurva
Kebun Design @kebundesign
file bitmap biasa digunakan untuk review, bisa ke klien atau siapa aja, bisa juga upload di web portofolio masing-masing
Kebun Design @kebundesign
file vektor dalam bentuk kurva, biasanya digunakan saat ingin pindah dari satu komputer ke komputer lain.
Kebun Design @kebundesign
kurva adalah salah satu bentuk vektor bisa berupa garis atau bidang 2d
Kebun Design @kebundesign
dlm vektor kurva: font/efek/shading/primitive shape berubah jadi bidang 2D, jadi ketika dipindahkan ke komputer lain gak bakal ada perubahan
Kebun Design @kebundesign
karena biasanya jika tidak diubah ke kurva, artwork kita akan berubah karena komputer satu dan komputer lainnya berbeda spek
Kebun Design @kebundesign
File yang terakhir adalah file vektor belum berupa kurva, yaitu file proses kita membuat artwork tsb.
Kebun Design @kebundesign
file vektor bukan kurva digunakan untuk pengeditan jika terjadi perubahan desain, biasa disebut revisi
Kebun Design @kebundesign
Bikin desain gak pake vektor tp langsung bitmap di photoshop? sama aja, harus dipisahkan antara proses pengerjaan dan hasil akhir
Kebun Design @kebundesign
selain menyimpan menjadi beberapa file, perlu diperhatikan juga format warna nya.
Kebun Design @kebundesign
sebenernya format warna itu gak cuma RGB dan CMYK, ada banyak, cuma di indonesia yang terkenal cm itu.
Kebun Design @kebundesign
Klo pengen tau lebih jelas, jadi member berbayar di web saya aja. Daftar disini: http://t.co/kOgyy6P3uP
Kebun Design @kebundesign
RGB = sistem warna yg terdiri dr RED, GREEN, BLUE. Dg melakukan komposisi dari ke-3 warna tsb bs diciptakan wrn baru http://t.co/2gpVB0Tjbm
Expand pic
Kebun Design @kebundesign
misal perbandingan R:G:B = 1:1:0 maka akan tercipta warna kuning
Kebun Design @kebundesign
RGB dipake juga di elektronik, seperti layar hape, tv dll karena ketiga warna tersebut jika dicampurkan akan menjadi warna putih
Kebun Design @kebundesign
Berbeda sama CMYK, klo dicampurkan menjadi warna hitam atau warna tinta, sehingga biasa dipake di percetakan
Kebun Design @kebundesign
CMYK terbatas, ada warna yg sulit didapatkan dg mencampurkan warna tsb sehingga muncul format warna baru sperti HEXACHROME dan OPALTUNE
Kebun Design @kebundesign
Kenapa di Indonesia rata2 hanya memakai CMYK? Karena org2 indo gak begitu peduli dg detail warna
Kebun Design @kebundesign
misal pengen warna Merah dg tingkat kegelapan sekian persen, orang indo? ya udah asal MERAH aja padahal di desain gak sekedar merah.
Kebun Design @kebundesign
yang baru nyimak twit saya, baca dari awal ya, takut salah paham jadinya hehe
Kebun Design @kebundesign
ilustrasinya spt equalizer, konsep warna tsb berdasar pd warna primer yang digunakan u/ membuat warna lainnya, pic > http://t.co/MDYcq83bBp
Expand pic
Kebun Design @kebundesign
Ngebahas tentang pencampuran warna itu ada ilmunya sendiri, nanti aja klo ada kesempatan saya kultwitkan
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.