2
agama.jinasi @Agamajinasi
Boro2 ateis, teis kudu mikir sumpah demi tuhan itu konyol. "@radacunihin: kalau atheis jadi pejabat, bunyi sumpah demi tuhan diganti gak?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Teis harusnya mikir, gimana orang bisa bersumpah demi sesuatu yg posisinya lebih tinggi, yg dia gak punya hak kepemilikan atasnya.
agama.jinasi @Agamajinasi
Elo mau orang lain bersumpah demi elo atas kejahatan yg dituduh ke dia? Jelas gak. Elo bukan budak dia (gak ada hak milik).
agama.jinasi @Agamajinasi
Ada juga orang (diajarin) bersumpah demi langit dan bumi. Itu orang beli langit dan bumi berapa duit?
agama.jinasi @Agamajinasi
Apa warga RI bisa bersumpah demi presiden RI? Jelas gak. Bisa diseret ke pengadilan karena jadiin RI 1 sebagai liability.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sama seperti elo minta kredit dr bank, rumah/harta elo bisa jadi agunan. Kalo elo gagal lunasin, harta elo bisa diambil paksa.
agama.jinasi @Agamajinasi
Nah kalo elo "sumpah demi X", elo itu seperti minta dikasih kredit dengan agunan X. Harus ada hak kepemilikan elo atas X.
agama.jinasi @Agamajinasi
Di hukum ada jg pihak yg namanya consigner. Maksudnya adl consigner anda akan bertanggung jawab bila anda gagal memenuhi kontrak.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi ketika anda bilang "saya bersumpah demi X", anda menjadikan X sbg consigner anda bila anda gagal.
agama.jinasi @Agamajinasi
Orang bersumpah demi nama tuhan adalah orang yg memanipulasi sesuatu yg gak nyata tp dipake sbg tameng.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ketika anda gagal melakukan janji dlm sumpah anda, apakah anda bisa mendatangkan tuhan dalam ruang pengadilan utk bersaksi?
agama.jinasi @Agamajinasi
Ketika anda bersumpah utk tdk korupsi tp ternyata anda korupsi, apakah tuhan bisa didatangkan ke depan hakim utk membayar semua kerugian?
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi kalo agama anda ngajarin utk bersumpah demi nama tuhan, silakan renungi lagi utk apa anda menganut agama spt itu.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jangan ngomong anda orang beragama yg menghormati tuhan, kalo utk bersumpah sampe bawa2 tuhan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Mati gak mantan elo? :) "@tafiraoktiani: dl gw dgr sumpah demi tuhan itu dr mantan"
agama.jinasi @Agamajinasi
Agama sbg fiksi masih kalah bagus dr Harry Potter. Kalo di harpot penyihirnya bersumpah dan kalo gagal langsung mati xD
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo tersangka koruptor pake kata itu utk membuktikan dia gak korupsi bisa bebas gak? @terrokrat
agama.jinasi @Agamajinasi
Tipikal argumen lanjutannya : biar si koruptor urusan sama tuhan setelah mati :)
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalau memang itu urusan afterlife, dan gak efek dipake di dunia orang idup... YAH NGAPAIN DIPAKE?
agama.jinasi @Agamajinasi
Urusan semasa hidup, diberesin dengan cara yang efektif semasa hidup. Kalau semua2nya lempar ke afterlife, kenapa gak mati aja?
agama.jinasi @Agamajinasi
Gak usah teriak2 liat orang siria atau palestina dibantai, biar ollo yg ngurusin pas mereka mati nanti. Simpel kan? :)
agama.jinasi @Agamajinasi
Kamu penyihir ya banyak yg bilang gitu! Ayo bersumpah! | Gak mau! | Berarti bener kamu penyihir! Ayo bakar dia idup2!
agama.jinasi @Agamajinasi
Sekarang jamannya KPK. Buktikan kalo ada dugaan. Hadirkan saksi dan bukti depan hakim. Bukan malah maen sumpah2an.
agama.jinasi @Agamajinasi
Lah jelas, krn banyak yg frustasi sumpah pake nama tuhan itu gak efektif, trus mau pake sumpah pocong. @omen234
agama.jinasi @Agamajinasi
Sumpah kok dipake jadi dalil buat bukti. Cuma agama yg bisa melahirkan konsep keblinger kaya gitu.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.