Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.
Created on App

Menyaksikan Sendiri: Parahnya Penanganan Penumpang Pesawat dari Luar Negeri Ketika Mendarat di Bandara Soekarno Hatta Saat Pandemi Covid

Ini bisa menimbulkan kesan buruk
1
Trinity @TrinityTraveler

Parahnya penanganan penumpang pesawat dari luar negeri ketika mendarat di bandara Soekarno-Hatta T3 saat pandemi. --- A thread ---

27/09/2020 13:01:20 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Ceritanya gue ke Turki 19-26 Sep. Perginya gue udah rapid test dg hasil non reaktif. Kita cuma isi kartu selembar isi nama, no paspor, no perbangan n tgl/asal kedatangan (dibagikan di pesawat), cek suhu otomatis di bandara, tapi ga ditanya hasil rapid test.

27/09/2020 13:03:21 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Sebelum pulang, gue browsing ternyata utk masuk Indonesia kudu punya hasil tes PCR (swab test). Websitenya juga ga ada yg tampak resmi n jelas dari pemerintah, jd gue berinisiatif aja drpd knp2.

27/09/2020 13:04:03 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Gue pun lsg tes PCR sehari sblm terbang di hotel (sbgn hotel di Turki memfasilitasi tes dg mendatangkan dokter). Puji Tuhan, hasil gue negatif.

27/09/2020 13:04:31 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Pas check in, petugas Turkish airlines lsg meminta hasil PCR utk disertakan di boarding pass krn katanya masuk Indonesia hrs ada hasil PCR (bukan rapid test) yg diambil max 7 hari sblmnya. Untung gue udah punya!

27/09/2020 13:05:40 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Di pesawat penumpang dibagikan kartu kuning & custom yg kudu diisi. FYI, selama di bandara n pesawat gue pake masker + face shield saking parnonya + sering cuci tangan.

27/09/2020 13:06:42 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Begitu mendarat di CGK T3 kemarin sekitar jam 18.00, tau2 diserbu dg suara orang2 teriak2 nyuruh penumpang ke arah kanan utk duduk. Ada petugas yg membagikan kertas "klirens kesehatan" dari Kemenkes. Lha apa bedanya sama kartu kuning yak?

27/09/2020 13:07:41 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Ratusan kursi udah disediakan, lalu ada petugas + tentara + polisi teriak2 nyuruh kita semua duduk dlm bhs Indonesia. Ga ada info tertulis maupun verbal kita disuruh ngapain. Bahkan bule2 juga dibentak tentara, "Hey you, come back!"

27/09/2020 13:08:25 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Penumpang makin lama makin menumpuk, makin rame dibentak2, sembari ga dikasih tau utk apa n ngapain. Gue rasanya kayak sampah!  Kita semua kayak lautan pengungsi illegal yg didudukin! Gmn perasaan WNA coba?

27/09/2020 13:09:08 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Gue ambil posisi duduk agak depan n berinisiatif isi formulir pake bolpen sendiri. Sementara penumpang lainnya masih diteriakin suruh duduk, ga tau suruh ngapain. Boro2 jaga jarak! Very intimidating!

27/09/2020 13:10:19 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Tunggu punya tunggu kok ga ada pengumuman apapun? Ini kita kudu ngapain sih? Suasana malah tegang krn banyak org berseragam bentak2, malah ada yg motoin kita. Gue diem2 selfie juga sbg bukti. pic.twitter.com/UhAviZ8Exz

27/09/2020 13:12:13 WIB
Expand pic
Trinity @TrinityTraveler

Ini foto petugas yg 'ngospek' kami tanpa info kudu ngapain! pic.twitter.com/ejzae1jeFk

27/09/2020 13:13:32 WIB
Expand pic
Trinity @TrinityTraveler

Sampai akhirnya ada 3 bule yg duduk di depan gue didatangi pria baju biasa yg bilang kira2, "ayo saya urusin biar kita duluan" lalu 3 bule itu berdiri n jalan maju.

27/09/2020 13:14:17 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Gue muntab n ikutan maju. Gue tanya ke petugas yg ngasih jalan ke bule, "Kok mereka boleh duluan? Jd skrg kita harus ngapain sih? Kok ga ada info?" Jawabnya, "Maju aja, bu!"

27/09/2020 13:15:20 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Lhaaa! Bilang dong dari tadi! Gue pun lsg maju ke jalur yg udah dibatasi tali yg terbagi PCR dan non PCR sambil bilang ke temen gue di belakang gue, "Ayo maju!" dan lsg diikuti penumpang2 lain.

27/09/2020 13:15:51 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Dasar yah warga +62, udah digarisin batas jarak tetep aja diserbu ampe antre nempel2. Gue ampe membentak cewek di belakang gue, "Mundur!"

27/09/2020 13:16:26 WIB
Ferdy MAD® @ferdymad

@TrinityTraveler @KawalCOVID19 Semoga menjadi perhatian pengelola bandara @AngkasaPura_2 dan @kemenhub151 ... Menteri @erickthohir sbg Ketua Pelaksana PCPEN dan jg Menteri @KemenBUMN harus membenahi hal ini.. @jokowi @kemenkomarves @KemenkesRI @BNPB_Indonesia

27/09/2020 13:16:47 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Ketemu meja yg terbuka, kita diminta surat tes PCR, kartu kuning dan formulir tadi oleh petugas yg sbgn tidak pake APD, cuman masker doang. Lalu dicek suhu dan alat saturasi oksigen (alat yg dijepit di ujung hari telunjuk). Tapi temen gue cuman dicek suhu doang. pic.twitter.com/GSiVBcde49

27/09/2020 13:17:52 WIB
Expand pic
Trinity @TrinityTraveler

Temen gue dicek suhunya 34,2°C tapi ditulis 36,2°C. Temen gue protes, tapi dijawab, "Ya biarin aja, bu!" 🤬🤬🤬

27/09/2020 13:18:32 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Gue protes krn alat penjepit jari tidak dibersihkan setelah dipakai org lain. Jawabnya, "Ya kan nanti ibu pake hand sanitizer!" Sementara hand sanitizer di situ ditaro di atas besi yg oglek2 dan mencetnya hrs pake jari juga (ga bisa pake siku atau buku jari). Jiaaah! 🤬

27/09/2020 13:19:18 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Abis itu antre lagi di meja kedua yg dibatasi kaca. Surat2 tadi diserahkan. Temen gue ditanya sama petugas, "Bacanya ini gimana?" krn surat PCR kami dlm bhs Inggris! Hadeuh. Lalu surat2 dicap "valid". Buset, banyak amat kontaknya! pic.twitter.com/89ggYGIcDg

27/09/2020 13:20:20 WIB
Expand pic
Trinity @TrinityTraveler

Dari situ ga jelas lagi kudu ke mana krn ga ada info. Gue jalan aja melipir maju, ternyata sampai ke imigrasi n harus menyertakan surat2 tadi. Btw, e-gate mati semua.

27/09/2020 13:21:25 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Setelah baggage claim, kami dicegat 2 tentara. Mrk cek surat2 dan nanya, "Pulang ke mana?"

27/09/2020 13:22:03 WIB
Trinity @TrinityTraveler

Setelah custom, dicegat lagi 2 tentara yg juga meriksa surat2 dan akhirnya gue keluar! Huaaaah!  Suasana T3 sepi banget! pic.twitter.com/lFox0ZzuxO

27/09/2020 13:23:31 WIB
Expand pic
Yvonne @phoenixtuittuit

@TrinityTraveler Kalo perlakuan kek gitu sih, WNA juga lama2 males masuk Indo. Parah banget.

27/09/2020 13:23:38 WIB
Load Remaining (47)

Comment

No comments yet. Write yours!