Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

"Gak kaya di film-film atau berita di TV" Kisah Menyentuh Hati Seorang Anak yang Dibesarkan Oleh Orang Tuanya Tuna Rungu

Thread by: @sfajar
0
Fajar @sfajar

Hari ini hari bahasa isyarat sedunia. Karena gue sering cerita tentang kelakuan emak gue, gue cerita lagi deh. Gue dibesarkan oleh nyokap (dan bokap gue) dengan bahasa isyarat. Kedua orang tua gue tuli atau tuna rungu. Yes, mereka gak bisa dengar dan gak bisa ngomong. pic.twitter.com/ecruY6DWft

23/09/2020 16:58:04 WIB
Expand pic
Fajar @sfajar

Well, bokap gue masih bisa sih walau terbatas banget dan dia juga pake alat bantu dengar. Nyokap gue gak bisa sama sekali.

23/09/2020 16:58:47 WIB
Fajar @sfajar

Terus apakah gue bisa bahasa isyarat. Ya bisalah. Gue komunikasi sama mereka, ya pake bahasa isyarat. Belajar dari kecil selayaknya lo diajarin ngomong sama orang tua kalian. Udah terbiasa sambil gede, jadi bisa sendiri. Kayak lo bisa bisa ngomong dan berbahasa seperti sekarang. pic.twitter.com/1BKZLTbztL

23/09/2020 17:00:52 WIB
Expand pic
Expand pic
Fajar @sfajar

Gak kayak di film film sih atau di inset berita di tv. Nyokap bokap gue juga kadang suka gak ngerti tuh kalo gue tanya haha. Entah tv rumah gue kekecilan apa intepreternya ngebut. Gue juga gak tau bahasa isyarat "rumah" kami itu alirannya apa. Yang penting kita saling ngerti.

23/09/2020 17:02:07 WIB
Fajar @sfajar

Salah satu tatto gue juga huruf B pake bahasa isyarat. Inisial nama nyokap. Metafornya doi selalu doain gue di setiap langkah gue tuh si burung terbangnya asik. #internationaldayofsignlanguage pic.twitter.com/qp6FUkDxxx

23/09/2020 17:03:07 WIB
Expand pic
Fajar @sfajar

Terus gimana dengan orang lain, tetangga rumah, teller bank atau abang gojek yang gak bisa bahasa isyarat? Nyokap bokap bisa aja baca gerak bibir selama lo ngomongnya pelan-pelan. Mereka hidup puluhan tahun dengan kondisinya, jadi udah biasa. Kalo mentok, ya pake sistem tulis.

23/09/2020 17:04:37 WIB
Fajar @sfajar

Dari gue kecil, emak gue ambil rapot, ikut arisan bukibuk, umroh sampe ke wisudaan gue juga apa apa sendiri. Mereka orangnya pede sih jadi ya berkomunikasi biasa aja gitu. Bokap bahkan kerja di automobile company puluhan tahun. Alhamdulilah lingkungannya suportif.

23/09/2020 17:06:14 WIB
Fajar @sfajar

Kita kaga pernah telfonan ya (kan gak bisa emang). Tapi jangan salah, mereka tuh jauh lebih canggih. Sebelum jaman zoom eksis, dari nokia keluarin hape yang ada kamera depan emak gue udah fasih pake video call 3G buat gosip sama gengnya. Sekarang kita pake whatsapp call aja.

23/09/2020 17:07:35 WIB
Fajar @sfajar

Eh tapi nyokap gue juga layaknya emak biasa aja sih. Galak dan hobi ngomel. Kalo marahin gue mah gaspol sama aja kayak emak emak lo lagi marahin lo hahaha.

23/09/2020 17:09:11 WIB
Fajar @sfajar

Nyokap waktu bayi demam tinggi lalu merusak pendengarannya. Kalo bokap jatoh pas masih kecil. Lah kok guenya bisa ngomong dan denger. Ya gatau ya, gue bukan bidan. Cuma mungkin karena bukan genetik ya. Mungkin sama Tuhan mereka ada kekurangan, anaknya jadi kelebihan urusan lambe.

23/09/2020 17:10:33 WIB
Fajar @sfajar

Eh gue masih menggunakan istilah tuna rungu, karena mereka (dan banyak temennya) lebih nyaman dengan istilah itu. Beberapa temen ada yang lebih milih istilah Tuli, gue biasanya mengikuti. Kalau kalian harus berhadapan, gak apa tanya aja lebih nyaman sebutan apa biar gak salah.

23/09/2020 17:12:02 WIB
Fajar @sfajar

Nyokap dulu sekolah di SLB Santi Rama di Cipete. Hobi dia masak, mungkin nurun ke gue. Kerjanya tiap hari kirim foto masakan beserta prosesnya kadang. Doi emang terkenal wartawan tempo di keluarga. Mungkin visual lebih memudahkan dia untuk cerita. pic.twitter.com/bzLeDuJkQz

23/09/2020 17:13:53 WIB
Expand pic
Expand pic
Fajar @sfajar

Bokap bahkan sekolah di sekolah biasa di Bandung. Kalo dia hobinya balapan (beneran balapan motor bikin anaknya spaneng) Dari dulu blio emang hobi turing ampe sekarang udah pasang ring di jantung juga. Gue cuma bisa doain selalu selamet aja. Sekarang stress karena gk bisa jalan2. pic.twitter.com/WHUtqNDhqD

23/09/2020 17:17:16 WIB
Expand pic
Expand pic
Fajar @sfajar

Malu gak? Hahahha ya kagaklah emang gue anak durhaka. Well dulu waktu bocah iya sih durhaka kecil. Gue suka ngurangin komunikasi di tempat publik wkwk sialan banget emang. Cuma skrg, gue malah sengajain biar diliatin kalo lagi ngobrol sm nyokap bokap wokwokwok.

23/09/2020 17:19:15 WIB
Fajar @sfajar

Life is hard, but for them, it might be harder. Ngeliat mak bapak sendiri, gue jadi lebih jauh JAUH menghargai perbedaan fisik kita dengan orang lain. Mereka (dan banyak PwD lainnya) bisa hidup berdampingan dengan baik, semangat dan usaha yang jauh lebih keras dari orang biasa.

23/09/2020 17:20:54 WIB
Fajar @sfajar

Gue salut banget sih sama orang yang bikin usaha dan mau memberikan ruang untuk PwD dan bikin environment yang eksklusif. Banyak yang punya keterbatasan tapi sebenernya mereka juga mampu dan mandiri. Selama ada platformnya, mereka bisa berkarya dan bekerja kayak kita kita.

23/09/2020 17:22:06 WIB
Fajar @sfajar

Kitapun harus bisa bikin lingkungan inklusif itu. Banyak belajar cara berinteraksi yang appropriate dengan mereka. Bahwa gak semuamua harus dibantu, dituntun, apalagi, sekali lagi apalagi, dikasihanin. Percayalah mereka jauh lebih strong dan mandiri dari kita yang insecure mulu.

23/09/2020 17:24:07 WIB
Fajar @sfajar

Hidup dan dibesarin orang tua gue, gue sangat bisa lebih bersyukur dengan apa yang gue punya. Bikin bisa menghargai orang, lebih sabar dan sadar, kalo gak ada yang sempurna. Kita semua punya kekurangan, fisik atau bukan. Tapi kita pasti punya kelebihan lain yang orang gak punya.

23/09/2020 17:26:05 WIB
Fajar @sfajar

Apalagi buat orang tua gue, gak kebayang susahnya besarin anak badung kayak gue.. Lah mewek gue nulis ini..

23/09/2020 17:26:46 WIB
Fajar @sfajar

Dulu, gue pernah nanya sama emak, mama gak mau operasi atau pengobatan gitu. Tau gak emak gue jawab apa? "Gak ah, mama tuh bahagia aja kayak gini.." terus abis itu gue nangis dua hari gak berenti.

23/09/2020 17:27:51 WIB
Fajar @sfajar

Pesen gue, inget ya. Jangan pernah jadikan disabilitas itu bahan bercandaan, bahan ceng cengan tongkrongan lo sama temen temen lo. Serius gak lucu. Mau dark jokes kek remang remang kek.. Masih banyak bahan candaan yang lebih proper.

23/09/2020 17:29:00 WIB
Fajar @sfajar

Culun gue urusan orang tua gini wokwokowk akutu anaknya gampang menangis. Dah lama banget bor gak ketemu mereka sialan nih corona emang. Doain mak bapak gue sehat terus ya!! Semoga orang tua kalian kalo masih pada ada juga sehat selalu! Love.

23/09/2020 17:30:08 WIB
Fajar @sfajar

Terhura sekali gue baca reply, quote, DMs bahkan yang japri gue di whatsapp. Yang bilang emak gue cantik (emang, cuma doi sekarang insecure dengan keriputnya) yang mendoakan emak bapak gue sehat selalu. Semoga semua doa dan harapannya kembali ke yang mendoakan yah.. Nuhun 🙏🙏

23/09/2020 23:29:50 WIB
Fajar @sfajar

Banyak juga yang bilang gue anak yang berbakti. Gusti Allah.. masih jauh banget gue dari definisi anak berbakti. Tapi semoga mak bapak gue juga mikir gitu yah😂gue paling takut dicap anak durhaka wokwokwok. Semoga thread ini bisa ningkatin awareness kita terhadap PwD yah.

23/09/2020 23:32:46 WIB
Load Remaining (16)

Comment

No comments yet. Write yours!