Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Kisah Kesederhanaan Kyai Rasimin - Banten

Belajar Kesederhanaan dari Kiai Rasimin
0

Kiai Ahmad Muhammad Rasimin tinggal di Kampung Jaha, empat kilometer selatan Anyer. Beliau memimpin pesantren salaf. Kehidupannya sangat sederhana. Rumahnya tidak lebih indah dari bilik-bilik para santri. Tak terlihat ada kendaraan bermotor di rumahnya, apalagi mobil.
Para santrinya tinggal di gubuk-gubuk bambu. Antara santri laki-laki dan perempuan dipisahkan oleh sebuah sungai kecil. Para santri laki-laki mandi di kolam yang dialiri oleh sungai tadi, sedangkan para santri perempuan mandi di kamar mandi milik masjid kampung.
Beberapa tahun silam, saya diminta berkhotbah di masjid kampung itu. Setelah itu, kami makan siang di rumah Kiai Rasimin. Sebelum berkhotbah, saya diminta untuk berceramah selama 20 menit dengan menggunakan pengeras suara. Kemudian, saat berkhotbah, saya diminta untuk membaca teks khotbah yang hanya berbahasa Arab dan pengeras suara dimatikan. Teks khotbah kami baca kurang lebih lima menit, sesudah itu kami melaksanakan shalat Jumat.

Kiai Rasimin sangat tawadu. Suatu hari, beliau diminta oleh wali kota Cilegon untuk menunaikan ibadah haji karena belum berhaji. Waktu itu, biaya untuk beribadah haji sebesar tujuh juta rupiah. Biaya Haji ONH Plus 2021 Namun, tawaran itu ditolak dengan alasan. apa respon kyai rasimin? beliau berkata kepada wali kota,”bila pak wali ingin pahala yang banyak,pak wali tidak perlu menghajikan saya,karena yang akan mengambil manfaat hanya satu orang saja,yaitu saya,saya belum berkewajiban haji,jadi menghajikan saya itu tidak wajib.tapi lebih baik uang untuk biaya haji itu di pakai untuk membangun jembatan yang dapat menghubungkan antara desa timur dan desa barat,dan di manfaatkan oleh orang banyak. beliau belum wajib berhaji karena belum mampu.

solusi agar uang untuk berhaji itu digunakan untuk membangun jembatan yang menghubungkan antara kampung bagian timur dan barat. Sehingga, manfaatnya lebih besar dan pahalanya akan terus melimpah karena ekonomi kampung itu menjadi semarak. Sedangkan jika berhaji untuk beliau, pahalanya kecil. Saran itu pun diterima oleh wali kota Cilegon. Paket Haji ONH Plus 2021

Ketika berkunjung ke Kampung Jaha beberapa waktu lalu, jembatan itu sudah lama dibangun. Dan, Kiai Rasimin masih tetap belum berhaji. Kami sungguh sangat mengagumi sikap dan perilaku Kiai Rasimin. Beliau lebih mendahulukan kepentingan umat daripada kepentingannya sendiri. Barangkali perilaku di negeri kita yang seperti Kiai Rasimin ini jarang dijumpai. Kebanyakan oknum -oknum kiai di Indonesia justru bersikap sebaliknya, mereka merengek-rengek kepada penguasa untuk dapat diberangkatkan ke Makkah. .beliau tidak terkecoh dengan provokator haji,agar beliau di panggil pak haji,karena beliau tidak punya istitha’ah untuk haji.namun,masih adakah orang yang seperti kyai rasimin di negeri zaman sekarang ini?

Comment