Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Share Cerita Pengalaman Selama Kena Covid 19, Dilihat Dari X-ray Thorax Ada Kabut Putih Di Paru-Paru

Thread by @zaitampan
2
Rizaldy @zaitampan

Alhamdulillah, malam ini terakhir nginep di sini. Semoga ga akan pernah dirawat di sini lagi.. Insyaallah besok mau share cerita pengalaman selama sakit kena #COVID19 😊 pic.twitter.com/if2NujCvdH

20/09/2020 01:08:38 WIB
Expand pic
Rizaldy @zaitampan

Sebuah thread yg bercerita tentang pengalaman gw melawan #COVID19 hingga akhirnya kembali sehat dan dinyatakan negatif. Here we go! (ala fabrizio romano) twitter.com/zaitampan/stat…

20/09/2020 09:19:38 WIB
Rizaldy @zaitampan

Tgl 27/8, gw menjalani swab test pcr. Hasilnya keluar tgl 28, negatif. Tgl 30 malem mulai jam 7an, badan gw mulai merasa ga enak kyk masuk angin. Malem itu gw ke karawaci, rumah salah satu pimpinan, karena ada kerjaan. Gw baru pulang dari karawaci sekitar jam 11 malem.

20/09/2020 09:20:04 WIB
Rizaldy @zaitampan

Besok paginya senin 31/8, badan masih ga enak. Akhirnya ijin lah ga ngantor. Ngukur suhu 37,2 ga terlalu tinggi emang, tapi rasanya menggigil bosss 🥶 hari itu mulai minum parasetamol, yg mana kalo siang demamnya turun, tapi begitu malem demam lagi.

20/09/2020 09:20:19 WIB
Rizaldy @zaitampan

Makin hari naik suhu tubuhnya, dan badan rasanya makin lemes. Demamnya sebenernya ga lebay2 amat, 37,5-38,3. Tapi pake baju buat winter, celana panjang, kaos kaki, selimut tebel tetep kedinginan. Bahkan pernah pake selimut tebel 2 lapis, plus dipeluk istri masih tetep menggigil

20/09/2020 09:22:20 WIB
Rizaldy @zaitampan

Nah karena demam naik turun terus, gw putuskan untuk check cup ke igd rs emc sentul city di tgl 4/9 jam 7an malem. Pertama diukur suhu 36,5 normal lah ya. Trus darah diambil buat lab. Trus x-ray thorax, keliatan ada kabut putih di paru2, pertanda pneumonia infeksi virus/bakteri.

20/09/2020 09:23:11 WIB
Rizaldy @zaitampan

Biar makin jelas, akhirnya ct-scan thorax. Dan makin keliatan kalo di paru2 ada tanda2 pneumonia. Pas itu dalam hati udah “wah positif nih”, soalnya emang setau gw gejala utama covid-19 adalah pneumonia karena infeksi si virus itu

20/09/2020 09:23:27 WIB
Rizaldy @zaitampan

Akhirnya malem itu jam 10 malem gw pun di swab, beserta istri juga swab, untuk antisipasi. Abis itu diukur suhu lagi, udah naik jadi 37,5. Seperti sebelum2nya, emang tiap malem demamnya naik mulu. Abis swab, gw pun pulang bawa obat2an dari rs

20/09/2020 09:23:46 WIB
Rizaldy @zaitampan

Berkat obat dari rs, besokannya rasanya demam udah turun, cuman sisa badan lemes doank. Rasanya optimis ya kan, dalam hati “ah kyknya tipes doank paling nih”. Sampe hasil swab keluar tgl 6/9, hari minggu. Disitu hasil gw positif, dan hasil istri alhamdulillah negatif

20/09/2020 09:24:04 WIB
Rizaldy @zaitampan

Disitulah langsung rasanya keringet dingin, meskipun mencoba tetep tenang. Istri lgsg keluar pindah kamar, dan saat itu juga gw mulai dikarantina di kamar utama udah cem tahanan 😭

20/09/2020 09:24:27 WIB
Rizaldy @zaitampan

Langsung gw kontak2 orang2 yg deket dan pernah interaksi ama gw, gw kabarin kalo gw positif, jadi sebaiknya kalo merasa pernah interaksi silakan untuk tes swab. Gw kabarin grup2 kantor dan temen2, biar semua bisa segera tes.

20/09/2020 09:24:44 WIB
Rizaldy @zaitampan

Hebohlah kalangan kantor dan pertemanan gw, gimana engga tgl 27 gw tes hasilnya negatif, selang 2 hari langsung sakit, tgl 4 tes langsung positif. Dan mereka juga tau gw termasuk yg strict menjalani protokol kesehatan, jadi mereka ga habis pikir juga gw kenanya dari mana.

20/09/2020 09:25:02 WIB
Rizaldy @zaitampan

Dan gw sendiri sampe skrg masih gatau kena dari mana 🙈 Btw memang gw termasuk strict protokol kesehatan ya. Kemanapun pake masker, hand sanitizer minimal ada yg digenggam, di tas, di mobil. Nyampe rumah mandi, baju lgsg dicuci. Potong rambut di rumah, gapernah di barbershop.

20/09/2020 09:25:50 WIB
Rizaldy @zaitampan

Dan ternyata udah begitupun masih apes kena positif 🙄 dalam hati sih akhirnya mikir “yaudahlah udah takdirnya kena. Dokter ato nakes yg segala pake apd lengkap aja masih bisa kena, apalah gw yg cuman maskeran doank”

20/09/2020 09:26:07 WIB
Rizaldy @zaitampan

Mulai tgl 6/9, istri gw konsultasi dgn dokter dari rs emc, dan kontak gugus tugas penanganan covid-19 kab bogor. Akhirnya data gw masuk ke gugus tugas covid bogor. Dan setelah berkonsultasi, dianjurkan untuk gw dirawat di rumah aja dgn isolasi ketat, karena gaada gejala yg berat

20/09/2020 09:26:27 WIB
Rizaldy @zaitampan

Besoknya tgl 7/9, semua temen2 kantor gw beserta keluarganya swab. Hasilnya alhamdulillah gaada yg positif, artinya gw berhasil tidak menularkan ke siapapun 😛 keputusan tepat begitu gw mulai ngerasa ga enak langsung ijin ga ke kantor dulu.

20/09/2020 09:26:45 WIB
Rizaldy @zaitampan

Berita gw positif pun akhirnya bikin temen2 gw semua berlomba ngirim2 suplemen, vitamin, jamu, dll andalan mereka masing2. Mulai dari sarang burung fitwithrealfood, jamu buat ningkatin imun tubuh, sampe obat BIN-Unair (yg kontroversi itu 👀) gw dikasih.

20/09/2020 09:27:03 WIB
Rizaldy @zaitampan

Bahkan ada temen yg tanpa babibu begitu tau gw positif besoknya dia kirim tabung oksigen ke rumah 😂 Alhamdulillah punya banyak temen yg peduli dgn kita 😊

20/09/2020 09:27:16 WIB
Rizaldy @zaitampan

Jadilah gw dirawat di rumah. 2 hari pertama, badan udh mulai biasa, udh ga demam, meskipun masih lemes, mau makan apa mau tidur mulu juga lemes. Nah mulai hari ketiga paginya mulai demam tinggi 38,3.

20/09/2020 09:27:34 WIB
Rizaldy @zaitampan

Sejak saat itu demam ga turun2, dan penciuman mulai menurun. Trus abis itu napas mulai gangguan. Jadi yg dibilang gangguan napas itu bukan sesak napas gitu ya, dan saturasi oksigennya juga diukur pake oximeter normal terus 94-99 persen.

20/09/2020 09:27:55 WIB
Rizaldy @zaitampan

Gangguan yg gw alami rasanya tiap narik napas agak panjang, dada langsung sakit dan otomatis batuk2. Gausah napas panjang2 amat, napas agak lebih panjang dikiiiiiitttt aja lgsg sakit tuh. Bayangin lo pengen menguap, tapi tiap menguap dada lo sakit dan nguapnya kepotong sama batuk

20/09/2020 09:28:17 WIB
Rizaldy @zaitampan

Disitulah gw mulai merasa “wah ini kalo gaada treatmentnya bisa sengsara ini napas”. Tambah lagi mulai tgl 8/9 gw mulai sering mual2 dan muntah, sama batuk2 karena paru2nya sakit. 😷

20/09/2020 09:28:37 WIB
Rizaldy @zaitampan

Akhirnya gw putuskan di tgl 9/9 untuk dirawat di rumah sakit, tepatnya di rs. dr. Suyoto Pusrehab Kemhan. Tgl 9/9 magrib gw dibawa dari rumah ke rs pake ambulans.

20/09/2020 09:28:52 WIB
Rizaldy @zaitampan

Pertama nyampe di rs gw dalam kondisi sakit, demam 38an ga turun2, kalo ambil napas dadanya sakit, dan mual2. Langsung gw diinfus dan diambil darah, dan disiapin oksigen untuk bantu napas. Disitu gw merasa terbantu bgt dgn adanya oksigen jadi mengurangi sakit tiap ngambil napas.

20/09/2020 09:29:10 WIB
Rizaldy @zaitampan

Sejak dirawat di rs, badan gw berangsur2 membaik. Demam turun, dan ga pernah naik2 lagi. Yg awalnya mual2 kalo abis makan juga ilang. Dan yg paling penting 5 hari di rs sakit di dada tiap ngambil napas pun akhirnya ilang. Gw bisa bebas ngambil napas, bisa bebas nguap lagi 🥱

20/09/2020 09:29:26 WIB
Load Remaining (16)

Comment

No comments yet. Write yours!