Kontroversi Meninggalnya Ade Firman Hakim yang Disebut Diduga Karena Covid-19 Serta Bantahan dari Adik dan Teman-teman Dekat

Keluarga menyebutkan Ade Firman Hakim meninggal bukan karena COVID-19
0
Flick Magazine @flickmagazine

Berita duka dari industri perfilman Indonesia. Ade Firman Hakim, aktor yg dikenal dalam film 22 Menit, Ratu Ilmu Hitam, Night Bus dan Bid’ah Cinta menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD Tarakan sore tadi setelah diduga terpapar virus Covid-19 sejak Kamis lalu. Turut berduka🙏 pic.twitter.com/rZHDg2g2LY

14/09/2020 19:05:05 WIB
Expand pic
Asumsi @asumsico

Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia pada Senin (14/9) pukul 17.20 WIB. Ade meninggal dunia pada usia 31 tahun dan diduga disebabkan karena terinfeksi COVID-19. Ia mulai dirawat di rumah sakit pada Sabtu (12/9) kemarin. pic.twitter.com/qv8PQM3eoA

14/09/2020 19:55:46 WIB
Expand pic
iyas☃ @DwiArias

@flickmagazine @ameliafika Innalillahi wainna ilaihi rojiun, ini tetangga w tp dirumah gaada pengumuman samasekali di mesjid

14/09/2020 20:54:31 WIB
💅🏽 Ratu Julid @ratu_Julid

@rudedaddys @flickmagazine kalau diduga berarti masih suspek, tinggal nunggu hasil swabnya positif atau bukan.

15/09/2020 00:55:54 WIB
D3w4N @n_d3w4

@flickmagazine Tuuu baca netizen dan semua media jgn mentang2 skrg LG heboh wabah covid,trs setiap yg meninggal di bilang covid.. pic.twitter.com/YXKKWUNdx1

15/09/2020 00:13:52 WIB
Expand pic
Fitri indy @fitriindy

@enakktauuu @flickmagazine @GiaPratamaMD tapi dimedia mana" udih confirm kalau covid, ya semoga kita lebih aware sama kesehatan dan jgn lupa trs berdoa

15/09/2020 09:13:09 WIB
Stephanus Surya Jaya @Stephanus_SJ

@febray @chikopicinoo @asumsico suspek atau probable? probable itu kalau diagnosanya meyakinkan covid, dan penyebab lain sudah dieliminasi.. kalau flek di paru2 itu memang sudah suspek, tapi banyak kondisi yg bisa menyebabkan flek.. yang bisa menaikkan status dari suspek ke probable ya dokter yg menangani..

15/09/2020 06:14:53 WIB
Stephanus Surya Jaya @Stephanus_SJ

@febray @chikopicinoo @asumsico seingat saya keluarga bilangnya suspek, bukan probable.. suspek juga dimakamkan sesuai protokol..

15/09/2020 06:15:37 WIB
Stephanus Surya Jaya @Stephanus_SJ

@febray @desyrasmiyani @chikopicinoo @asumsico tergantung apakah gambaran klinisnya meyakinkan covid.. gambaran klinis bisa dari CT Scan, tes serologi, etc jadi tanpa rekam medisnya kita ga bisa memastikan apakah statusnya sudah probabel atau belum.. dokter yg menangani yang bisa..

15/09/2020 13:12:20 WIB
desy @desyrasmiyani

@Stephanus_SJ @febray @chikopicinoo @asumsico Iya mas, itu ketentuan KMK. Semua dokter spesialis yg menangani berpedoman pada itu. Yg tau ARDS atau tidaknya pun dokter selaku yg menangani. Monggo dibaca dulu yaa setiap kata2 yg tersusun dalam potongan KMK di atas. Terima kasih..

15/09/2020 13:14:47 WIB
Stephanus Surya Jaya @Stephanus_SJ

@desyrasmiyani @febray @chikopicinoo @asumsico kalau dibaca sih belum bisa dipastikan kalau probabel tanpa rekam medisnya, tapi sudah pasti masuk suspek yg kategori 3..

15/09/2020 13:33:59 WIB
suka mengeluh @frhauliap

@asumsico Riwayat penyakit tidak diterakan ? Pasti ada penyakit bawaan juga

14/09/2020 21:58:40 WIB
si ei en di ar ei @Candrajvn

Musti nunggu klarifikasi ini, soalnya beredar banget kabar meninggalnya mas Ade Firman Hakim karena positif COVID-19. Mungkin ada sebab atau penyakit lain pic.twitter.com/keFOSiWilA

14/09/2020 21:26:34 WIB
Expand pic
C @chyaanggraeni96

@Candrajvn Beliau meninggal karena emang lagi sakit kan. Meninggal nya juga dengan cara yang baik. Mau karena covid atau pun bukan yang penting doain aja alm. Heran kenapa mesti buat sg gitu. Toh emang lagi nunggu teat swab kan.

14/09/2020 22:33:23 WIB

Aktor dengan nama lengkap Ade Firman Hakim meninggal dunia pada Senin (14/9/2020) di RS Tarakan, Jakarta. Jenazah aktor kelahiran 20 Oktober 1988 itu dimakamkan dengan prosedur COVID-19. Tapi benarkah Ade Firman meninggal lantaran COVID-19?

Menurut adik dari Ade Firman, Dai Tirta Yusli sebelum meninggal dunia, pekan lalu kondisi kakaknya sempat drop. Namun saat itu Ade Firman masih bisa memegang HP dan berkomunikasi dengan sejumlah rekan.

Hanya saja, nyawa Ade Firman Hakim tidak tertolong. Ia mengembuskan napas saat menjalani perawatan di hari Senin, pukul 17.20 WIB."Minggu lalu sudah drop parah, tapi masih pegang HP. Masih berusaha pegang HP, kontak teman-temannya, saya larang. Akhirnya makin drop saya bawa ke rumah sakit suspect COVID," jelas dia.

"Akhirnya tadi 17.20 WIB saya dipanggil dokter bilang sudah nggak ada (Ade Firman)," sambung dia.

Dai mengungkapkan Ade Firman Hakim meninggal dunia bukan karena COVID-19. Melainkan karena riwayat sakit asma dan pneumonia yang telah diidapnya sejak lama.

"Kakak saya gak meninggal karena COVID kok. Jadi gini, kakak saya ini kan punya pneumonia, riwayatnya dari tahun 2000 ya pokoknya ada lah agak lama," ungkap Dai.

Hanya saja, Ade Firman mesti dimakamkan dengan prosedur COVID-19 karena mengikuti aturan saat ini. Sedangkan, hasil SWAB tesnya belum keluar sehingga tidak membuktikan Ade Firman terinfeksi virus corona.

"Karena prosedur SWAB belum keluar dan sudah meninggal tetap harus dimakamkan secara protokol COVID dari ketetapan pemerintahnya begitu. Belum keluarg (hasil SWAB) dari pihak rumah sakitnya, belum keluar. Bukan karena COVID, karena nggak ada hasil lab yang menunjukkan kalau kakak saya terpapar corona," kata dia.

URL detikHealth Ade Firman Hakim Meninggal Bukan karena COVID-19, Ini Penjelasan Keluarga Aktor Ade Firman Hakim menghembuskan napas terakhir pada Senin (14/9/2020). Benarkah kepergiannya berkaitan dengan COVID-19? 61
Kompas.com @kompascom

Ade Firman Hakim diduga meninggal karena positif Covid-19 atau virus corona. / #Hype #VideoKompas pic.twitter.com/7SK8TDD0XR

15/09/2020 11:58:28 WIB
jack @jackjackparrr

2 jam disini, 2 jenazah baru dimakamkan. Dan salah satunya adalah Artis muda Ade Firman Hakim. Stay safe, tetap dirumah aja kalau tidak ada keperluan. pic.twitter.com/EceSNKnE5Y

15/09/2020 10:23:58 WIB
Expand pic
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!