Berdalih Melatih Mental Maba: Menyoroti Video Viral Komdis Viral Ospek Unesa Bentak-bentak Mahasiswa Baru Dari Kacamata Psikiater

Thread @jiemiardian
0
Abid. @Abid_yaa

Sebuah cuplikan yang masih sempat saya dapatkan dari pkkmb fip unesa 2020. Assalamu'alaikum, kating :) pic.twitter.com/MccDMS40xl

14/09/2020 19:21:04 WIB
Story "Ikat pinggang diperlihatkan!" Menyoroti Peraturan PKKMB FIP Unesa 2020 yang Tentang Ika.. Padahal tertulis jelas tentang aturan ikat pinggang 668 pv
Jiemi Ardian @jiemiardian

Psychiatrist Siloam Bogor | Advisor @ibunda_id | ☎️ Appointment Siloam 085775773900 | Konsul Online : Aido | Business enquiries : 08999868620 (Kristy-WA Only)

instagram.com/jiemiardian/

Jiemi Ardian @jiemiardian

Jujurlah wahai kating, OSPEK marah marah yang kamu buat itu bukan tentang mendidik adik tingkat. Kamu buat OSPEK marah marah itu buat hiburanmu dan memuaskan ego mu yang ingin terlihat hebat. Pendidikan? Bukan, itu keegoisan dan kemalasan mencari jalan menguatkan yang lebih baik

14/09/2020 22:18:16 WIB
Jiemi Ardian @jiemiardian

Nggak usah bicara soal “dunia lebih berat”, karna dunia bisa lebih ringan kalau saling dukung, bisa lebih indah kalau saling rangkul. Tapi dunia bisa jadi berat, kalau orang orang di dalamnya sibuk dengan egonya yang minta dikasi makan segede godzila kaya Yth Kating Pemarah

14/09/2020 22:21:48 WIB
Jiemi Ardian @jiemiardian

Ini baru namanya melatih mental, dasari perencanaan tindakan dengan bukti ilmiah. Jangan cuma “katanya” atau “menurut saya”, tapi ada buktinya. Adakah bukti penelitian soal OSPEK marah marah dapat melatih mental? Sepertinya teman-teman tau jawabannya twitter.com/nandarifanisc/… twitter.com/nandarifanisc/…

14/09/2020 22:32:32 WIB
Jiemi Ardian @jiemiardian

Kalau ada SATU dari seratus yang diOSPEK marah marah itu kena gangguan jiwa, itu sudah TERLALU BANYAK Dan dia begitu bukan karena lemah, tapi karena kalian meneruskan budaya kekerasan Buat kalian kating yang berani melakukan yang benar, hentikan budaya kekerasan ke adik tingkat

14/09/2020 22:48:51 WIB
Jiemi Ardian @jiemiardian

Kalian si enak, abis maaf maafan sama adek tingkat terus seakan ga terjadi apa apa Tapi yang ngalamin trauma itu menderita lama. Situ mah enak Saepudin, abis OSPEK ketawa, saya nih jadi ngobatin trauma dia bertaun taun setelahnya Jadi please, berhenti yuk ga ilmiah gini

14/09/2020 22:53:38 WIB
Eza Hazami @ezash

@jiemiardian Di quote reply saya sudah terpantau beberapa oknum2 kating yg ngomelin saya ni mas, bawa2 "ambil yg baik2nya saja" Masalahnya marah2 tanpa konteks yg jelas tuh mau ambil yg baik gimana coba 😄

14/09/2020 22:52:01 WIB
Jiemi Ardian @jiemiardian

@ezash Ambil baik baiknya.. baiklah Berarti ga ada 😂

14/09/2020 22:57:58 WIB
remahan oreo @ayanaaass

@jiemiardian "Nanti dunia kerja itu lebih kejam dekk!" Ya iyaa kalo kerjanya ketemu orang2 yg pemikirannya kya elu

14/09/2020 22:23:49 WIB
Jiemi Ardian @jiemiardian

@ayanaaass Kalau logikanya begini, yang lebih perlu dimarahi adalah yang baru lulus wisuda. Jadi abis wisuda jangan pesta, tapi dikumpulin terus dimarah marahin. Kenapa jadi anak baru masuk yang dimarahin, kan jauh banget waktunya dan udah keburu lupa Logika yang aneh

14/09/2020 22:26:23 WIB
Giantbaby @Naye_______

@jiemiardian @ayanaaass Lagian kejamnya dunia kerja gasampe juga dibentak-bentak kaya begitu. Aku habis OSPEK dulu kaya agak trauma sama suara keras, takut. Padahal sebelumnya dibentak ortu pun biasa. Dan lagi, pengalamanku pingsan sekali pertama kali selama hidup ya pas OSPEK 😑

15/09/2020 05:58:05 WIB
selll✨🍫 @sheillakarin

@jiemiardian Bukan nya itu bisa buat ngelatih mental ya? Kalo di lakukannya baik. Tidak berlebihan/kelewat batas. Opini aku siii

14/09/2020 22:25:13 WIB
Vida @maudlinamida

@sheillakarin @jiemiardian Ngelatih mental mah ga harus dgn dimarahin mbak. Bisa dikasih case terus dipecahin bareng2 seangkatan biar kebentuk kemampuan problem solving, empati dll. Banyak cara kok gak harus marah2. Lah kalo maba yg dimarahin punya trauma dgn bentakan, gimana?

14/09/2020 22:28:38 WIB
selll✨🍫 @sheillakarin

@maudlinamida @jiemiardian Lah gimana dgn tentara/polisi yg di marah marahin jg sama senior?

14/09/2020 22:53:41 WIB
Jiemi Ardian @jiemiardian

@sheillakarin @maudlinamida Tentara atau polisi itu bukan sipil, mereka dicetak jadi senjata. Bukan hanya sekadar menghormati atau disiplin Penelitian soal populasi yang beda ya jelas hasilnya beda Nah mencetak mahasiswa ini poin pentingnya buat berpikir kritis atau berperang, ini si yang terserah

14/09/2020 22:56:55 WIB
Vida @maudlinamida

@jiemiardian @sheillakarin Bener dok, ngebandinginnya ga apple to apple. Secara jobdesc aja mahasiswa dan polisi/tentara itu beda😂 lagian mau dimanapun, yg namanya kekerasan tuh ga pernah dibenarkan. Mukulin tentara/polisi junior sampe ada yg meninggal dgn dalih utk membentuk mental ya ga dibenarkan

14/09/2020 23:00:18 WIB
selll✨🍫 @sheillakarin

@maudlinamida @jiemiardian Tapi tuh meskipun ga dibenarkan. Trust me. Itu masih ada 🥺

14/09/2020 23:02:28 WIB
Vida @maudlinamida

@sheillakarin @jiemiardian Emang mbak. Model "ospek" kayak gitu tuh mirip lingkaran setan. Gaada habisnya kalo emg gak ada niat utk menyudahi. Biasanya hanya segelintir org yg mau memanusiakan manusia dlm kegiatan ospek. Sisanya ya sok senior dan ngasih makan ego lewat tindak kekerasan verbal/non verbal

14/09/2020 23:04:36 WIB
Ummul Fadhillah @SZNUFA

@maudlinamida @sheillakarin @jiemiardian Kating yang memanusiakan maba ketika ospek malah jadi powerless mba, karna populasinya ga sebanyak kating yang gila hurmat. 😬

15/09/2020 01:32:51 WIB
Vida @maudlinamida

@SZNUFA Justru di fakultasku kating yg pinter, punya jiwa pemimpin, teges (bukan galak ya), itu malah jadi idola😂 kalo modal mbentak2 doang mah ujung2nya dirasani di grup. Bukannya dihormatin malah dijadiin guyonan

15/09/2020 01:38:42 WIB
Ummul Fadhillah @SZNUFA

@maudlinamida Bless for you. Banyakkin syukur punya kating yang bisa diajak diskusi mata kuliah, debat dan nongkrong jadi satu 🐯🐯🐯

15/09/2020 10:03:28 WIB
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!