Ternyata Semirip Ini Woy, Padanan Kata Nama Sansekerta Antara Thailand-Indonesia Ternyata Punya Artis Beda Tipis

Thread by @bergunarta
1
Gunartoo @bergunarta

PADANAN NAMA SANSKERTA THAI-INDONESIA Beberapa nama umum Thai memiliki asal kata bahasa Sanskerta yang sama dengan nama-nama di Indonesia. Akan tetapi keduanya telah dilokalkan menurut bahasa masing-masing. Berikut beberapa contohnya: pic.twitter.com/GyiDLL1dGi

13/09/2020 15:59:03 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Gunartoo @bergunarta

Perlu diingat, nama Thai umumnya merupakan gabungan panjang dari dua kata atau lebih bahasa Sanskerta dan/atau bahasa Thai asli. Sementara nama Sanskerta Indonesia biasanya lebih pendek dan seringkali hanya terdiri dari satu kata saja seperti Eka, Widya, dan Santi. pic.twitter.com/MvqNuWsSk0

13/09/2020 15:59:04 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Gunartoo @bergunarta

Nama Sanskerta Thai memiliki pengaruh Buddhis yang kental, sedangkan nama Sanskerta Indonesia cenderung memiliki banyak pengaruh dari agama Hindu. Hal ini membuat banyak nama dalam bahasa Thai tidak memiliki padanan dalam khazanah Sanskerta Indonesia.

13/09/2020 15:59:04 WIB
Gunartoo @bergunarta

Selain Sanskerta, bahasa Pali yang dekat dengan ajaran Buddhisme juga banyak mempengaruhi bahasa Thai, sedangkan bahasa Pali sendiri tidak banyak berpengaruh pada bahasa-bahasa di Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan oleh pengaruh Hindu yang lebih besar daripada Buddhisme.

13/09/2020 15:59:05 WIB
Gunartoo @bergunarta

Aksara pendamping bahasa Indonesia pada poster adalah aksara Kawi yang disederhanakan untuk menulis, salah satunya, bahasa Indonesia modern, dan tidak mencerminkan penulisan kata Sanskerta asli.

13/09/2020 15:59:05 WIB
Gunartoo @bergunarta

Sejujurnya inspirasi saya membuat utas ini dan berhari-hari mengamati kamus Thai, Sanskerta, dan Kawi, mencatati kesamaan di antaranya, adalah ketika nonton Sotus S adegan Todd memanggil Arthit "Mr.Sun". Saya langsung "Anjir!! Ini maksudnya Aditya!!?" 😅😳 twitter.com/moonversation/…

13/09/2020 23:51:07 WIB
Gunartoo @bergunarta

Kalo aku selo aku bisa bantuin terjemahin nama idol klean ya gais, tapi jangan yang susah-susah 😂😭👍 Sanskerta Thai jadi Sanskerta Indo Nama Bahasa Thai jadi Bahasa Indo Tawan Vihokratana 🇹🇭 Mentari Wihagaratna 🇮🇩 😂😭😭👍 twitter.com/bergunarta/sta…

14/09/2020 02:17:18 WIB
Tarra Ardh. @TRthct84

@aku_dom @normajes @bergunarta Kalo aku bikin ginian kak, ditulis konsonan, vokal, angka, dan lainnya, sama banyak banyakin nonton series thai atau liat tulisan Thai 😂 pic.twitter.com/dX9GNdAcex

14/09/2020 09:01:48 WIB
Expand pic
Ayuuü @sithlstr

@bergunarta Menemukan penggalan nama chimon. Berarti wachirawit terdiri dari 2 suku kata yaaa. Disitu cuma ada wachira yg artinya intan, petir hmm menarikk. Terimakasihh ilmunyaaa kak

14/09/2020 09:12:32 WIB
Tarra Ardh. @TRthct84

@bergunarta Dapet ilmu lagi yey😭 gatau kok sneng bat sih gw😭 oh ya gais, aksara-aksaranya jg kadang ada persamaan gak sih. น & ꦤ (thai & jawa), inilah yg pd bilang "kok tulisannya mirip tulisan thai, pdhl aksara jawa" semua karena masih satu nenek, apa itu? Yaps, Aksara Pallawa pic.twitter.com/JX2lg2HzUV

14/09/2020 06:37:16 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Kris @Kris_hqq

@bergunarta Baru tau kalo namaku ditulis กฦษณะ selama ini aku nulisnya กริสนะ 😭🤲

14/09/2020 06:32:52 WIB
ᵖᵉⁿᵍⁱ @feryarifian

@bergunarta baru tahu kalau อาทิตย์ (Arthit) padanannya Adit/Aditya (matahari). masuk sih, secara วันอาทิตย์ (Wan Arthit) artinya juga Sunday. Hm menarique.

14/09/2020 05:14:58 WIB
masyud @yudhisdiss

@bergunarta Jadi keinget nama pemain sepakbola Thailand, namanya Korrakot Wiriyaudomsiri. Kalo di Indonesia berarti nama belakangnya Wiryautamasri ya 😅

14/09/2020 01:44:13 WIB
Gunartoo @bergunarta

@septiadhiw Porn artinya semacam karunia. Kalau diindonesiakan jadi wara. en.m.wiktionary.org/wiki/%E0%B8%9E… Siriporn = Sriwara Napaporn = Nabawara

13/09/2020 23:09:15 WIB
AgusGeisha @penulistempo

@bergunarta Jadi inget satu temen, iya orang thai. Waktu event dia ngilangin satu kunci, yang klo ampe ngga ketemu musti bayar denda. Dalam bahasa dia, penyebutan kunci hampir sama, mungkin kuncey atau apalah, sebab dia ngeuh waktu kita orang indo ngomongin klo dia ngilangin kunci.

13/09/2020 23:06:13 WIB
Septiadhi W ~ Yadhi @septiadhiw

@bergunarta Kalo Phorn itu apa ya artinya.. Kok banyak orang Thai namanya ada kata Phorn nya

13/09/2020 22:59:57 WIB
Gunartoo @bergunarta

@yolandatyas Sanskerta juga banyak mempengaruhi bahasa-bahasa India, termasuk Sinhala dan Tamil.

13/09/2020 21:32:06 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!