Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Jangan Dipelihara! Ini Bahaya Iri dan Cara Mengatasinya

sirik tanda tak mampu! @tumbenlucu
3
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Gue yakin banget bahwa hampir semua orang pasti pernah ngerasain yang namanya iri. Yaitu ketika kita ngeliat kelebihan orang lain, dan kita ngerasa kesel karena kelebihan itu.

01/06/2020 17:47:43 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Nah, sebenernya emosi iri sendiri itu kan wajar. Tapi, biasanya ada nih, banyak dari kita yang bukannya memanfaatkan rasa iri ini untuk hal positif tapi kita malah terlarut dalam pikiran itu dan berharap si orang yang kita lihat ini gagal atau berharap kelebihan dia hilang

01/06/2020 17:47:44 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Terkadang malah bukan hanya berharap aja, tapi kita malah jadi sering nyari-nyari kesalahan dia bahkan dari hal-hal kecil

01/06/2020 17:47:45 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Sampai lama-lama, gak kerasa, orang yang kita iriin itu malah makin sukses, tapi kita gak pergi ke mana-mana, karena kita jadinya gak ngejar tujuan kita, tapi lebih sibuk sama pemikiran negatif kita tentang orang lain.

01/06/2020 17:47:46 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Well, ini adalah contoh ketika rasa iri bisa berdampak negatif terhadap diri kita.

01/06/2020 17:47:47 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Nah, di thread ini gue akan membahas tentang apa itu rasa iri, bahayanya dan gimana cara mengatasi rasa iri yang kita rasain. Makanya, lo simak thread ini sampai habis biar lo dapet semua insight dari hal yang bakal gue jelasin sekarang.

01/06/2020 17:47:48 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Pertama-tama, kita perlu tahu apa yang sebenernya dimaksud dengan rasa iri.

01/06/2020 18:02:06 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Well, rasa iri sebetulnya adalah salah satu dari banyak emosi yang dirasakan manusia. Iri adalah emosi ketika kita merasakan ketidaksukaan dan ketidakpuasan karena kita menginginkan apa yang dimiliki oleh orang lain.

01/06/2020 18:02:08 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Hal yang dimiliki orang lain itu bisa banyak ya contohnya, entah itu benda, fisik, kualitas orang tersebut dan sebagainya.

01/06/2020 18:02:09 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Rasa iri ini cukup mirip dengan cemburu. Tapi sebetulnya iri dan cemburu itu beda. Kalau iri itu reaksi emosi yang terjadi karena lo kekurangan sesuatu, kalau cemburu itu reaksi kalau lo merasa terancam akan kehilangan sesuatu.

01/06/2020 18:02:10 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Terus, apa penyebab kita merasa iri? Sebenarnya perasaan iri itu muncul karena adanya kemungkinan. Maksudnya kemungkinan gimana? Jadi, lo tuh gak iri sama semua orang yang lebih dari lo. Tapi, lo bakal iri kalo lo merasa lo tuh sebenernya punya potensi untuk jadi kayak mereka.

01/06/2020 18:02:11 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Ada kemungkinan lo jadi kayak mereka karena lo berpikir kelebihan mereka itu ada di dalam jangkauan lo, but somehow lo gak bisa mencapai itu. Dan semakin lo berpikir lo punya potensi buat menjadi kayak mereka, semakin besar rasa iri lo.

01/06/2020 18:02:13 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

So, ada kemungkinan lo yang mahasiswa gak iri sama Bill Gates karena mungkin bisa jadi lo ngearasa bahwa merasa gak ada possible route yang jelas untuk lo bisa mencapai levelnya Bill Gates karena levelnya cukup jauh dengan lo.

01/06/2020 18:02:14 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Tapi, mungkin lo akan iri dengan teman kampus atau teman kantor lo karena lo merasa bahwa lo bisa tuh mencapai kelebihan yang dia capai.

01/06/2020 18:02:15 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Iri punya banyak dampak negatif kalo dirasakan terus menerus dan secara intens. Lo bisa jadi gak bahagia dalam jangka waktu yang panjang dan performa lo di kantor atau kampus bisa jadi menurun juga.

01/06/2020 18:02:16 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Nah, di sinilah rasa iri bisa jadi bahaya, yaitu ketika kita terlarut di dalamnya. Nah, apa aja sih dampak ketika kita terlalu terlarut dalam rasa iri?

01/06/2020 18:02:17 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Pertama, rasa iri bisa ngebuat kita hilang fokus terhadap proses yang harus kita jalani. pic.twitter.com/vcb9nSLvOV

01/06/2020 18:04:48 WIB
Expand pic
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Kita jadinya ngebandingin diri kita sama orang lain dengan berfokus pada hasil akhirnya aja. Padahal kita gak tahu, sebenernya orang yang kita iri itu ngelakuin apa buat menuju hasil itu.

01/06/2020 18:04:49 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Kedua, berhubungan juga sama yang tadi, rasa iri yang terlalu berlarut-larut cenderung akan mencegah kita buat mengembangkan diri. pic.twitter.com/ienROa7LP5

01/06/2020 18:06:56 WIB
Expand pic
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Jadi, udah kehilangan fokus dan cuma ngeliat hasilnya doang. Kita juga cenderung bakal lebih fokus sama orang lain dibandingkan sama perkembangan diri yang kita pengen. Jadinya, energi kita abis buat ngeribetin orang lain dibandingkan buat mengembangkan diri kita sendiri

01/06/2020 18:06:57 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Ketiga, rasa iri yang berlarut-larut juga bisa bikin kita jadi gak pede dan lupa bersyukur. pic.twitter.com/R2tmasrnsY

01/06/2020 18:10:28 WIB
Expand pic
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Kita jadi lebih fokus ngebanding-bandingin diri kita sama orang yang lebih daripada kita. Tanpa sadar, kita jadi lupa bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang.

01/06/2020 18:10:29 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Jadinya, kita selalu ngerasa bahwa diri kita tuh gak cukup gitu. Jadinya gak pede. Kenapa? Karena kita kurang bersyukur dan selalu ngebanding-bandingin

01/06/2020 18:10:31 WIB
Satu Persen - Indonesian Life School @satupersen_id

Nah, pertanyaannya sekarang : Terus gimana solusi untuk mengatasi rasa iri? Gimana sih cara supaya kita bisa gak terlarut dalam rasa iri ini?

01/06/2020 18:11:22 WIB
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!