Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

"Belom tentu badan bug1l sange" Berkaca dr Gilang Bungkus, Inilah Macam2 Gangguan Seksual & Identitas Gender, Thread By @azmiarahajeng

Banyak macemnya
0
ꦒꦶꦤꦚ꧀ꦗꦂꦩꦸꦭꦾꦺꦴꦲꦸꦠꦺꦴꦩꦺꦴ @oginnnn_

Meskipun banyak yang udah gw tau, tapi ada yg gw belom tau di sini. Dan ada beberapa yang mbaknya juga belom cover di thread ini. Yang jelas, apapun bentuknya, ada orang yang bisa terangsang karenanya. Belom tentu badan bugil sange. Yg bercadar aja bisa ada yg sange. Gitu. twitter.com/azmiarahajeng/…

11/08/2020 18:08:21 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Masih inget ngak kalian sama kasus “Gilang Bungkus” yang punya fetish kain jarik? Fetishisme ini sebenernya masuk kedalam ranah ganguan seksual (paraphilic). Si penderitanya cenderung bakal ngalamin distres & gangguan fungsi yang melibatkan bahaya pribadi/resiko bagi orang lain.

10/08/2020 14:55:04 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Kebetulan banget di semester kemarin aku ambil mata kuliah psikopatologi, di matkul ini salah satunya aku mempelajari tentang gangguan seksual & identitas gender. Jadi di thread pertamaku ini, aku mau bahas tentang apa aja jenis gangguanya, penyebab & treatment( cara mengatasi).

10/08/2020 14:55:04 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Langsung aja kita bahas jenisnya ya : 1. EKSHIBISIONISME Jenis gangguan seksual ini ditandai dengan dorongan yang kuat dan berulang, dengan menunjukan alat genital ke orang lain. Tujuan si pelaku ngelakuin ini biar korbanya terkejut, jadi pelaku bisa terangsang secara seksual. pic.twitter.com/nMBDRYyx2O

10/08/2020 14:55:05 WIB
Expand pic
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Pelaku gangguan Ekshibisionisme ini, sebenernya lebih cenderung kaya ngak punya ketertarikan sama kontak seksual yang aktual dengan korbanya. Bahkan jumlah penderita gangguan seksual ini itu lebih banyak di derita oleh laki-laki, dibanding dengan perempuan.

10/08/2020 14:55:05 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Nah si penderita yang memiliki gangguan ini, terkadang tuh punya sifat pemalu, bergantung, terus juga kurang memiliki keterampilan sosial & seksual Karena itulah, kadang sejumlah orang meragukan maskulinitas mereka. Terlebih mereka juga punya perasaan inferior (minder berlebih).

10/08/2020 14:55:06 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

2. FETISHISME Gangguan seksual ini bisa dibilang lagi hangat dibicarakan ya, terlebih lagi karena kasus “Gilang Bungkus”. Pada dasarnya Fetishisme ini ditandai dengan dorongan seksual yang kuat dan berulang, dengan cara pemakaian objek yang ngak hidup buat rangsangan seksualnya. pic.twitter.com/T5INcj2eKa

10/08/2020 14:55:07 WIB
Expand pic
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Selain fetish kain jarik yang dilakuin sama si Gilang, sebenarnya banyak loh macam-macam jenis fetish. Aku jelasin beberapa ya : Necrophilia : Fetish pada mayat Zoophilia : Fetish pada binatang Altocalciphilia : Fetish pada sepatu hak tinggi Eproctophilia : Fetish pada kentut

10/08/2020 14:55:07 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Mucophilia : Fetish pada orang bersin Emetophilia : Fetish pada muntahan Acrotomophilia : Fetish pada bagian tubuh yang diamputasi Podophilia : Fetish pada kaki Underwear Fetish : Fetish pada pakaian dalam Urinophilia : Fetish pada air seni Coprophilia : Fetish pada kotoran

10/08/2020 14:55:08 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

3. VOYEURISM Pernah ngak si kalian disini kena mata bintitan? hehe. Pasti ada aja ya orang yang nyeletuk/bercandain "ih kamu abis ngintip orang ya?" Nah gangguan seksual yang ini agak mirip nih sama istilah ngintip-mengintip, namanya Voyeurism. pic.twitter.com/mKrdBuKp6S

10/08/2020 14:55:08 WIB
Expand pic
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Voyeurism ini ditandai dengan adanya dorongan seksual yang kuat dan terus-menerus. Sehubungan sama fantasi yang melibatkan aktifitas melihat/mengintip seseorang, misal lagi buka baju/kaya ngelakuin aktivitas seksualnya. Dimana para korban/objeknya ini ngak sadar sama sekali.

10/08/2020 14:55:09 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

4. FROTERISME Gangguan Froterisme ini ditandai dengan dorongan seksual yang kuat untuk menggosok atau menyentuh tubuh orang tanpa izin. Biasanya si pelaku ngelakuin aksinya ini di tempat yang ramai, kadang juga saat kondisi tempat itu cenderung lagi berdesak-desakan. pic.twitter.com/pDB88bwoWM

10/08/2020 14:55:10 WIB
Expand pic
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Sering kan kita denger pelecehan seksual dalem kereta atau bis? Perhatiin deh kebanyakan pasti kejadianya ketika kondisi tempat itu lagi ramai/berdesak-desakan. Nah pelaku sengaja nih memanfaatkan kondisi seperti itu, untuk melancarkan aksinya & melecehkan para korban-korbanya.

10/08/2020 14:55:11 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

5. PEDOFILIA Kalau gangguan seksual ini pasti udah familiar banget nih ditelinga kita semua ya. Gangguan seksual ini ditandai dengan dorongan seksual yang kuat dan berulang, disertai adanya fantasi yang melibatkan aktivitas seksual terhadap anak-anak yang belum puber. pic.twitter.com/RAGKLckFA4

10/08/2020 14:55:11 WIB
Expand pic
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Sedikit flashback ya, menurut data tempo ternyata Indonesia pernah jadi negara dengan kasus pedofilia tertinggi di Asia pada tahun 2014. Miris banget ya, yang seharusnya anak-anak selalu di lindungi tetapi malah menjadi mangsa para predator.

10/08/2020 14:55:12 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

SEBENERNYA APA SEBABNYA? Gini pada dasarnya motif para pelaku ini, untuk memperoleh sensasi superioritas dalam dirinya. Jadi banyak nih teori yang menjelaskan alasan seseorang memiliki gangguan seksual&identitas gender.Salah satunya karena teori manifestasi inferiority complex. pic.twitter.com/5a08C0aOwv

10/08/2020 14:55:13 WIB
Expand pic
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Wah apa tuh teori inferiority complex? jadi ini kaya suatu hal yang berkaitan dengan perasaan rendah diri/minder. Ada kemungkinan juga pelaku secara fisik itu punya kelemahan/secara intelektual & psikologis punya rasa ketidak berdayaan, bisa juga karena ada trauma di masa lalu.

10/08/2020 14:55:14 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

GIMANA CARA NGATASINYA? Ada tiga cara yang bisa dilakuin sama penderitanya : #1 Terapi Seksual Terapi ini fungsinya menigkatkan self-efficacy(rasa percaya diri), mengajarkan kompetensi seksual, terus memperbaiki komunikasi seksual & mengurangi kecemasan performa seksualnya. pic.twitter.com/SAPDZMTTpZ

10/08/2020 14:55:14 WIB
Expand pic
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

#2 Terapi Biomedis Salah satunya kaya pengobatan hormone, pembedahan vascular, penggunaan obat-obatan untuk membangkitkan (Viagra)/penundaan (antidepresen). #3 Cognitive Behavioral Therapy Bisa untuk membantu penderita lebih bisa mengembankan hubungan & mengurangi kecemasan.

10/08/2020 14:55:15 WIB
Azmia Lusianosa Rahajeng @azmiarahajeng

Sekian thread yang aku buat, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan kalian semua ya.

10/08/2020 14:55:15 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!