Tak Pernah Terbang Tinggi dan Bersahutan di Balik Awan: Kesalahan Klise Puisi/Lagu Tentang Burung Camar Dan Beberapa Fakta-faktanya

Thread by: @Mentimoen
0
Daemoen @Mentimoen

post-theist freethinker, urbanite, omnivore, taken/unavailable, madly in love with a tap dancer, deserts and oceans.

Daemoen @Mentimoen

Burung Camar Vina Panduwinata bagus, sayang sekali lagunya diciptakan tanpa melihat camar benaran. Burung camar tidak pernah terbang tinggi melayang bersahutan dibalik awan. Rata2 camar terbang dgn ketinggian kurang dr 20m, paling tinggi 40m. Ga mungkin dia ke balik awan. twitter.com/SSSS_KI016/sta…

09/05/2019 07:47:01 WIB
Daemoen @Mentimoen

Untuk yg mau bikin puisi/lagu ttg burung camar, ketahui bbrp fakta dulu sebelum melakukan kesalahan klise: 1. Camar tidak terbang tinggi, selalu rendah nyari ikan. 2. Camar tidak pernah terbang jauh, selalu dekat pantai. 3. Ditempat2 turis, dia malah terbang dari meja ke meja. pic.twitter.com/7yyDqZ08FY

13/08/2020 00:36:32 WIB
Expand pic
Daemoen @Mentimoen

Kenapa camar tidak bisa terbang setinggi awan? Karena proses evolusi membuatnya demikian. Kebutuhan camar bukan terbang tinggi di awan.. Mari kita bicarakan detail hal ini..

09/05/2019 14:04:05 WIB
Daemoen @Mentimoen

Burung2 yg bisa terbang tinggi terlihat ada 2 jenis: Burung2 yg perlu migrasi tahunan ke tempat jauh, dan burung2 pemangsa daratan. Yg perlu migrasi ke tempat jauh (sering antar benua) jelas, mrk perlu ketenangan terbang jangka panjang. Spt pesawat terbang aja..

09/05/2019 14:07:19 WIB
Daemoen @Mentimoen

Burung2 spt condor, elang pemangsa terbang tinggi. Krn mrk perlu mencari mangsa di wilayah yg luas. Sekali ketemu mangsa, mrk akan menungkik turun, dan sebelum mangsanya sadar, mrk sdh sampai mencengkram. Kalo terbang rendah, ga dapat2 mangsa, krn jarang2 ada.

09/05/2019 14:09:07 WIB
Daemoen @Mentimoen

Burung camar pemakan ikan. Ikan banyak dilautan, tetapi berenang cepat, dan hanya sesekali muncul ke permukaan. Kalo burung camar terbang tinggi, susah melihat ikannya (permukaan laut silau), dan kalopun ketemu, wkt untuk turun menangkap ikan, ikannya sdh kembali menyelam lenyap.

09/05/2019 14:11:11 WIB
Daemoen @Mentimoen

Kalo burung camar terbang tinggi, bakal kelaparan tuh. Dgn terbang rendah bbrp meter dari permukaan laut, camar cepat akan menangkap ikan yg kebetulan muncul cepat di permukaan. Sebelum kembali masuk, camar sdh sampai. Krn itulah camar terbang rendah.

09/05/2019 14:12:28 WIB
Daemoen @Mentimoen

Banyak yg ga suka camar, dianggap mengganggu. Tetapi Camar itu burung indah ketika mrk terbang. Dia bisa meluncur jauh tanpa mengepakkan sayap dalam kelompok. Walaupun mrk terbang meluncur, gesit sekali mengendalikan arah, malah bisa berhenti mendadak. Kalo pesawat bisa gitu.... pic.twitter.com/J9HoYj3asb

09/05/2019 06:31:40 WIB
Expand pic
Daemoen @Mentimoen

Elang juga bisa meluncur. Tetapi elang jarang terlihat, dan elang burung soliter. Elang juga tidak bisa mengendalikan terbang secanggih camar, krn itu elang jarang terbang rendah. Camar harus terbang rendah di laut, atau di pantai tempat banyak manusia. Mrk hrs bisa berkelit. pic.twitter.com/HPZ1rNl3tH

09/05/2019 06:35:37 WIB
Expand pic
Daemoen @Mentimoen

Berat sekali persaingan antar burung camar. Krn itu mrk hrs gesit. Salmon kecil diperebutkan selusin camar. Mata mrk awas banget, bkn hanya untuk menangkap ikan, tetapi menangkap ikan dan mempertahankannya dari camar2 lain. Hidup camar sangat kompetitif.. pic.twitter.com/C3QFa4bWw6

09/05/2019 06:39:32 WIB
Expand pic
Daemoen @Mentimoen

Krn hidup bareng manusia, mrk sangat cerdas. Hati2 dgn makanan kalo dekat2 mrk. Mrk bisa mencopet makanan, bahkan sekantong bisa dibawa terbang. Mrk juga bisa minum kopi, pake sedotan lagi.. Kalo ada camar dekat2, kita hrs selalu aware tindakan licik apa yg sedang mrk pikirkan. pic.twitter.com/gD0ngmv8R3

09/05/2019 06:45:35 WIB
Expand pic
Daemoen @Mentimoen

Kalau mau melankolis & hiperbolis, pakailah bebek aja. Mereka terbiasa terbang tinggi dan jauh, terutama waktu migrasi pergantian musim. ya sih, saya tahu, pake bebek akhirnya kok rasanya malah seperti lapar lapar, bukan lagi melankolis 😅😅 pic.twitter.com/E5i8f8mVoH

13/08/2020 00:40:29 WIB
Expand pic
Daemoen @Mentimoen

Bangau di negara 4 musim juga terbang tinggi, karena mereka selalu migrasi jauh sering lintas negara. Cuma sayang, di Jawa bangau dikenal sbg burung penunggu sawah pemakan kodok, ga menggugah imaginasi keren. Padahal di negara2 lain, bangau dianggap burung keren. pic.twitter.com/6Pc6st9ApI

13/08/2020 00:51:29 WIB
Expand pic
Daemoen @Mentimoen

Apalagi kalau dibilang camar menembus awan sampai hilang di balik awan, itu benar2 ga benar. Yg bisa terbang tinggi menembus awan adalah: BEBEK. pic.twitter.com/5Rpisive0E

13/08/2020 01:02:58 WIB
Expand pic
Ahmad mujadid @Ahmmjd

@Mentimoen Puisinya tentang romantisme malah jadi puisi lawak kalo pake bebek 🤣

13/08/2020 11:01:50 WIB
Sa Ramadhan @Sa_Ramadhan1

@Mentimoen BEBEK kalau di Jatim, khususnya di Lamongan terbang tinggi diatas wajan moen. Digoreng karo terong gawe lalapan 😂

13/08/2020 02:56:33 WIB
Pemerhati Umum @Mikrolet

@Mentimoen Kalau penciptanya berdomisili di daerah yang dingin dan lembab, pada pagi hari sering ada kabut, yang pada hakikatnya adalah awan di darat. Ini dapat menjadi dasar bagi lirik camar untuk terbang tinggi melayang bersahutan di balik awan.

09/05/2019 08:06:45 WIB
Daemoen @Mentimoen

@Mikrolet Ah, ngada2... Camar selalu tinggal di pantai. Mau sedingin apa, pantai ga ada awan rendah. Bkn spt di gunung. Siapa yg pernah melihat camar di balik awan?

09/05/2019 08:10:29 WIB
Frenly Wijaya @frenly74

@Mentimoen Kan seniman mempunyai hak utk menyalahi aturan dalam bahasa bro, namanya apa yah, lupa

09/05/2019 14:31:55 WIB
Sri Isnani Husnayati @SriIsnaniH

@Mentimoen ada yang pernah makan camar goreng nggak sih? :)) pernah lihat camar gede, gemuk, pas lapar, ini yang kepikir

09/05/2019 09:34:09 WIB
Daemoen @Mentimoen

@SriIsnaniH Manusia cenderung tidak makan carnivore (pemakan daging), spt kucing, anjing, dan camar. Camar pemakan ikan, krn itu carnivore. Ayam, itik, merpati bkn carnivore, dan banyak dimakan manusia.

09/05/2019 09:55:42 WIB
Pemerhati Umum @Mikrolet

@Mentimoen Kalau penciptanya berdomisili di daerah yang dingin dan lembab, pada pagi hari sering ada kabut, yang pada hakikatnya adalah awan di darat. Ini dapat menjadi dasar bagi lirik camar untuk terbang tinggi melayang bersahutan di balik awan.

09/05/2019 08:06:45 WIB

Comment

Teguuh @yaTegak 13/08/2020 20:08:27 WIB
Semua tergantung mandangnya, bagi manusia, naik pohon 20 meter itu tinggi. Dilihat dari Pesawat, burung camar itu ada dibalik awan. Jadi salahnya dimana? 😃😃😃
0