Created on App

"Dalam Sebulan Aku Hadiri 2 Pemakaman, Keduanya Adalah Orangtuaku Sendiri" Kisah Pilu Netizen OTG Yang Ceritakan Keluarganya Kena Corona

1
ak adalah @tawrusgirll

How corona virus changed my life [A thread]

11/08/2020 19:09:14 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Semua yang aku tulis berdasarkan pengalamanku sendiri. Maaf kalo sekiranya berantakan, karena aku emang belum pernah buat thread panjang sebelumnya

11/08/2020 19:09:14 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Ini semua dimulai tanggal 2 Juni 2020. Hari itu harusnya aku n bapak mau pergi ke suatu mall untuk beli barang. Tapi, ternyata bapak bilang kalo dia pusing. So i decided to go there with my mom

11/08/2020 19:09:15 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Mungkin di tanggal 4 Juni 2020, ibu juga mengeluh badannya drop. Tapi ibu bilang "Ngga, ini biasa kecapean. Cuma butuh istirahat beberapa hari aja" Karena ya memang ibu terlalu sering kerja akhir2 ini (wirausaha). Kondisi bapak? Semakin drop.

11/08/2020 19:09:16 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Mungkin tanggal 5 Juni 2020, badanku sendiri tiba" panas semalaman. Pas di ukur pake temperatur 38,5°c. Tapi bener" hanya semalam, paginya udah turun jadi 36,4°. Oiya selama aku panas, meskipun mulut rasanya pait aku tetep paksa buat makan. Karena aku gamau kalo harus sakit semua

11/08/2020 19:09:16 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Makin hari kondisi mereka berdua makin menurun. Bapak mual tapi ngga bisa muntah karena gaada makanan yang masuk. Ibu, gamau makan juga karena katanya mulutnya pait. Aku? Aku selalu banyak makan, karena takut sakit lagi

11/08/2020 19:09:17 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Di tanggal 8 Juni 2020, kondisi bapak makin menurun. Untuk ancang" ke kamar mandi aja lamaaa sekali. Jadi ibu telfon adik dari bapak, untuk bawa bapak ke Dr. Speasialis. Setelah pulang, untuk jalan aja bapak harus di bantu 2 orang di sampingnya.

11/08/2020 19:09:18 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Kata dokter, kemungkinan bapak kena maag. Tapi dokter menyarankan bapak untuk cek lab liver dan ginjalnya. Adik-adik bapak menawarkan supaya bapak di bawa ke rumah mereka aja, biar ibu bisa istirahat dan bapak di rawat semaksimal mungkin katanya.

11/08/2020 19:09:18 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Tanggal 9 Juni 2020 aku mandi. Iseng ngebau sabun, tapi ternyata aku gabisa ngebau sama sekali. Aku coba lagi dgn ngebau deodorant, dan ternyata tetep, gaada baunya.

11/08/2020 19:09:19 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Di tanggal 9 ini juga, aku keluar untuk beli buku. Pas pulang, aku mampir minimarket untuk beli minuman. Aku beli teh kemasan, waktu ku minum, aku cuma bisa rasain rasa manis, gaada rasa tehnya sama sekali. Semakin ngerasa bahwa ada yg ngga bener. Tapi aku kira gejala sinusitis

11/08/2020 19:09:19 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Kondisi bapak di rumah adiknya semakin menurun. Untuk jalan ke kamar mandi butuh waktu yang lama. Ibu juga semakin drop dan nyalahin dirinya sendiri karena ngga bisa merawat bapak padahal dia istrinya. Ibu ngerasa bahwa itu kewajibannya

11/08/2020 19:09:20 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Tanggal 11 Juni 2020, ibu test rapid di salah satu lab. Pulang dari lab, kita berangkat ke rumah adik bapak. Saat sampai disana, ternyata bapak sudah semakin drop. Bahkan untuk bangun dari kasur pun susah. Ibu pura" tegar dan duduk di sampingnya

11/08/2020 19:09:21 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Aku, aku di belakang mereka berdua, duduk dan menangis sejadi-jadinya.

11/08/2020 19:09:21 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Selama hidupku, aku belum pernah sama sekali liat bapaku seperti itu. Bapak sempat mau ke kamar mandi, di bantulah oleh adiknya, butuh waktu sekitar 10 menit. Padahal jarak kamar mandi dan kamar cukup dekat. Di kamar mandi, bapak tak kunjung selesai. Ternyata sudah linglung.

11/08/2020 19:09:22 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Ibu, ibu hampir nangis melihat suaminya tiba" seperti itu. Ibu ajak bapak ngobrol, salah satu hal yang paling berbekas adalah pertanyaan "Pak adhi gak gelem munggah kaji karo aku ta?" (Pak adhi gamau naik haji sama aku?), bapak menjawab "Gelem kok" (Mau kok)

11/08/2020 19:09:22 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Mereka memang sudah membuka tabungan haji agar bisa berangkat berdua secepatnya.

11/08/2020 19:09:23 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Di saat itu juga, bapak mau dibawa ke rs karena kondisinya makin ngga karu karuan. Tapi, badannya bener" udah ga bisa menopang. Untuk informasi saja, bapakku orgnya tinggi besar 177cm/120kg. Susah buat bawa bapak keluar dari kamar mandi

11/08/2020 19:09:24 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Sampai akhirnya aku pulang, sampai di rumah aku dan ibu bebersih dan lanjut sholat dhuhur ashar. Beberapa menit setelah sholat ashar, aku dapat kabar kalo bapak meninggal. Aku diam dan ga bisa nangis. Di otakku cuma "ibu gimana kalo tau berita ini"

11/08/2020 19:09:24 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Masuk lah aku ke kamar, duduk di depan ibu yang lagi bebaring. "Bu, maaf, bapak, meninggal". Ibu marah, "Nggak, gak mungkin. Kamu tau omongan itu dari mana? Ngarang aja". Hancur. Hancur rasanya. Aku tunjukkan ke ibu chat yang masuk di hpku. Ibu kaget dan menangis

11/08/2020 19:09:25 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Ternyata, siang tadi adalah pertemuan kita yang terakhir kalinya. Lelaki kuatku, sudah terbaring tak bernyawa. Berangkatlah kita ke Rumah Sakit tempat bapak meninggal. Di jelaskan tentang prosedur pemakaman. Ibu hanya diam, aku yang ambil alih semuanya

11/08/2020 19:09:25 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Dokter menjelaskan bahwa bapak meninggal saat perjalanan, dan belum sempat mendapat penanganan. Sesuai protokol yang ada, bapak harus di makamkan sesuai protokol covid. Awalnya kita menolak, tapi yasudah lah, daripada nanti di tolak oleh warga.

11/08/2020 19:09:26 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Oiya, di RS, salah satu saudaraku yang juga dokter dan sempat menjadi gugus terdepan menyuruh ibuku untuk test swab. Ada 1 lagi saudara perempuanku sebut saja T, dia juga mengalami gejala yg sama seperti aku, yaitu anosmia

11/08/2020 19:22:20 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Saudaraku yang dokter kaget dan langsung menyuruh kita berdua swab juga, karena katanya kita berdua sudah pasti positif

11/08/2020 19:22:21 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Tgl 12 juni, ibu masih linglung, aku pun juga. Ada sedikit tamu yg datang ke rumah. Tapi tetap harus mengikuti protap yg ada, menggunakan masker, cuci tangan, serta menjaga jarak. Selalu aku yg bicara pada semua tamu, karena kondisi ibu yg ga memungkinkan

11/08/2020 19:22:21 WIB
ak adalah @tawrusgirll

Tgl 12 Juni malam, ibu di bawa ke RS karena kondisinya makin menurun. Oiya, hasil rapid ibu non reaktif, tapi hasil thorax menunjukkan bahwa ibu mengalami pneumonia akut

11/08/2020 19:22:22 WIB
Load Remaining (54)

Comment

No comments yet. Write yours!