(Sad But True) Kondisi dan Sikap-sikap Miris Warga yang Jadi Alasan Kenapa Depok Cocok Dinyatakan Berubah Status Menjadi Zona Merah Penularan Virus Corona

Percaya hoax bisa berujung kematian
1
kumparan @kumparan

Kota Depok telah berubah statusnya menjadi zona merah penularan virus corona. #kumparanNews kumparan.com/kumparannews/d…

09/08/2020 12:36:02 WIB
URL kumparan Depok Satu-satunya Zona Merah Corona di Jabar Catatkan 1.422 Kasus Kota Depok telah berubah statusnya menjadi zona merah penularan virus corona. #kumparanNews 92
KOMPAS TV @KompasTV

Dinyatakan Jadi Zona Merah Corona, Aktivitas di Kota Depok Berjalan Seperti Biasa dlvr.it/RdFthB pic.twitter.com/7cJvVJTLTI

08/08/2020 22:29:34 WIB
Expand pic
vinkau @flossruber

skrng depok zona merah dan kalian masih nongkrong ke coffeeshop?😔💔 pic.twitter.com/Rd2wwOrtjB

08/08/2020 14:38:11 WIB
Expand pic
vinkau @flossruber

gatau, gua paling sensi sm coffeeshop soalnya dr semua tempat yg paling bobrok protokol kesehatannya tuh ya ke tempat kopi

08/08/2020 14:38:11 WIB
Amelia Martira @irasjafii

Proud Mom of Three. Expecting new challenges. Consistency and Discipline are my power. Use it wisely. Medical Doctor and Law Scholar in a person. |IG: irasjafii

Amelia Martira @irasjafii

Beberapa kondisi kenapa Depok menjadi zona merah. 1. Kasus kematian di Depok mendadak naik, krn umumnya datang kalau udah bergejala berat. Ada yg bertahan di rumah, padahal sudah sesak 3 hari. Alasan: kalau ke RS, nanti sakit apapun dibilamg covid-19.

08/08/2020 22:36:37 WIB
Amelia Martira @irasjafii

2. Ga mau diperiksa tes covid-19. Alesan: RS cari untung, dapat dana banyak kalau merawat pasien covid-19. Punya kisah pasien hamil dengan ketuban sedikit dan rapid antibodi reaktif. Saat mau direncanakan SC, dia menolak krn ga mau di-PCR. Pasien kabur mau melahirkan di paraji.

08/08/2020 22:38:31 WIB
Amelia Martira @irasjafii

3. Disuruh pake masker dan protokol covid-19. Alasan: memang masih ada covid-19? Merasa cuman denger2 aja ada penyakit covid, ga pernah liat sendiri. Itu hanya kerjaan media saja yang membesar-besarkan

08/08/2020 22:41:20 WIB
Amelia Martira @irasjafii

4. Ga percaya penderita covid-19 itu bisa menyebabkan meninggal. Alasan: ga pernah liat pasien sakit parah. Kalau sakit, juga cepat sembuh, kok. Ga usah takut.

08/08/2020 22:43:23 WIB
Amelia Martira @irasjafii

5. Diminta jangan bikin acara keramaian atau bikin acara dengan protokol covid. Skrng malah rame2 pasang tenda pernikahan. Diminta patuhi protokol covid-19, ga dikerjain. Ditegur untuk stop, cuek. Belum lagi, mendadak bikin gowes bareng. Ga pake masker pula apalagi jaga jarak.

08/08/2020 22:48:35 WIB
Amelia Martira @irasjafii

Masih banyak lagi sikap penduduk yg "masa bodoh" soal covid-19. Bahkan pas awal pembelajaran, ribut supaya sekolah dibuka. Lah, sekolah ga dibuka aja, dalam seminggu bisa naik 120 orang pasien terinfeksi.

08/08/2020 22:51:23 WIB
Amelia Martira @irasjafii

Satu cerita lagi; 7. Sanksi denda 50 rb bagi yg ga pake masker.Keluar kisah ibu yg cuma bawa 20 rb buat beli buku, krn buru2 ga pake masker.Pas kena denda ga bisa bayar. Disebut miris & petugas tak punya hati nurani. Satpol PP dibully. Sulitlah kalau penegakkan hk malah dibully

08/08/2020 23:00:57 WIB
Amelia Martira @irasjafii

Dengar cerita dari teman yg periksa PCR para suspek covid-19, dia suka terkaget2 liat hasilnya. Sering banget, ketemu klaster bapak-ibu dan anak2nya. Belum lagi viral loadnya yg tinggi2. Artinya: pada ga pake masker dan ga jaga jarak sama sekali saat kontak dg org terinfeksi

08/08/2020 23:08:51 WIB
Amelia Martira @irasjafii

Ada cerita lagi. Ibu hamil yg akan melahirkan, akhir2 ini cukup banyak rapid antibodinya reaktif. Untungnya sering ketemu yg PCR nya negatif. Artinya si ibu, selama hamil terpapar covid-19. Apa kabar dong protokol covid-19? Jika dibiarkan, lama2 akan banyak ibu hamil yg positif

08/08/2020 23:12:46 WIB
Amelia Martira @irasjafii

Makin lama bisa makin panjang kisah dan sikap warga Depok thd covid-19. Jadi, ga heran jadi satu2nya zona merah di Jawa Barat. Lebih ngerinya, angka kematian mulai naik terus. Saat inj, yg berkembang di Depok, virusnya bukan yg "sekedar" gejala biasa2 aja.

08/08/2020 23:16:16 WIB
Amelia Martira @irasjafii

Kalau ada yg mau ngeluarin uneg2, kekesalan thd penduduk +62, lanjutkan yaa.. biar pada paham bahwa yg patuh protokol itu sekarang lagi kzl luar biasa krn jadi ikutan masuk ke zona merah lagi .

08/08/2020 23:21:24 WIB
lalaland @beeacy

@irasjafii @ndreamon kyk nya perlu diluruska beberapa, gak tau mba ini asumsi atau apa. kerna saya yg tinggal di depok ngeliatnya semua warga taat dan patuh sm protokol pake masker dan cuci tangan. yg ngadain hajatan pun sesuai ijin dr pemerintah.

09/08/2020 10:34:13 WIB
lalaland @beeacy

@irasjafii @ndreamon Jd tolong jngan pukul rata semuanya, jngan kan di depok org ignorance itu dimana2 mba. Jngan kebanyakan asumsi, jngan demi konten viral aja menjelek2an org

09/08/2020 10:40:01 WIB
aang @igeadityaa

@beeacy @irasjafii @ndreamon tapi sampai menjadi zona merah “kota depok”nya

09/08/2020 13:29:26 WIB
susannasim @sim_sus

@irasjafii Thank you dok, thread ini sangat mewakili kesalnya sy ke orang2 dekat terutama di lingkungan kerja. Di kantor kebanyakan orang gak percaya covid itu nyata, trus kalau ada korban di berita katanya rekayasa RS biar dapat duit. Makanya mereka gak mau pake masker, gak jaga jarak 😤😤

08/08/2020 22:51:54 WIB
Amelia Martira @irasjafii

@sim_sus Ada grup di FB yg isinya warga depok. Setiap postingan soal berita covid-19, komennya selalu sama. Konspirasi atau hoax atau ga pernah liat pasien dsb. Kelakuan kayak begini, kapan maj kelar.

08/08/2020 22:53:25 WIB
susannasim @sim_sus

@irasjafii Sama persis kok dengan di sini juga, kayaknya rata-rata di semua tempat sama dengan yg dokter tulis itu. Entah siapa yg memulai hoaks2 covid ini dan kemudian dipercaya banyak orang. Mungkin harus sampai dia atau orang2 terdekatnya dulu yg sekarat karena covid baru gak ngeyel lg.

08/08/2020 22:59:18 WIB
Amelia Martira @irasjafii

@sim_sus Ya bikin emosi aja. Kita di rumah sakit, udah bosen banget kerja pake baju berlapis-lapis. Disuru pake masker selapis aja ngeyel luar biasa .

08/08/2020 23:04:05 WIB
CUCI TANGAN 6 LANGKAH# @Benyoow

@irasjafii Kejadian bbrp kali... Pasien dateng pake faceshield gapake masker, ngeyel Ku bilang "pake masker atau sy batalkan? Mau nuntut sy ada cctv" Ada juga pasien "emang covid masih ada dok? Kan udah ga ada" Me : kalo ga ada, sy gapake hazmat.. Pake masker doang bukan pindah agama

08/08/2020 23:43:30 WIB
Load Remaining (21)

Comment

No comments yet. Write yours!