Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Efek Sampo Apabila Keramas Tiap Hari

Sebenarnya perlukah keramas menggunakan sampo setiap hari? Apakah hal tersebut menyehatkan?
0

Kegiatan waktu mandi meliputi menggunakan sabun, menyikat gigi, dan memakai sampo. Masalah mencuci rambut ini yang sering kali menjadi perdebatan. Beberapa orang memilih untuk mencuci rambutnya setiap hari, sedangkan yang lain berpendapat jika hal tersebut dapat merusak rambut.

Sebenarnya perlukah keramas menggunakan sampo setiap hari? Apakah hal tersebut menyehatkan?

Info lebih lanjut klik disini

Berikut ini adalah sedikit penjelasan terkait permasalahan rambut tersebut.

Tujuan keramas adalah agar rambutmu terasa lebih segar. Tidak seperti kulit, membersihkan rambut perlu perawatan yang lebih khusus. Air memang dapat menyapu debu dan kotoran yang lain, namun tidak demikian untuk masalah bau dan minyak. Penggunaan sampo dapat menyingkirkan debu, kotoran serta bau dan minyak, membuat rambutmu menjadi lembap.

Rambut lembap itu baik, tetapi terlalu lembap dapat merusak. Rambut yang lembap tidak mudah untuk rusak ataupun tampak kering dan menggimbal. Namun terlalu lembap dapat menyebabkan rambut tampak berminyak, lemas dan kotor. Hal itu pada akhirnya membalik situasi: kegiatan shampoo-an yang ingin menyehatkan rambut malahan menjadi merusakkan rambut layaknya tidak mencucinya sama sekali.

Sampo mampu membersihkan rambut karena adanya kandungan sulfat dan surfaktan. Sampo bisa membersihkan rambutmu berkat adanya kandungan kimiawi bernama surfaktan dan sulfat. Surfaktan membuang kotoran yang ada di permukaan kulit kepala serta rambut.

Sedangkan sulfat menciptakan banyak busa yang mana dapat menghilangkan minyak dari rambut. Ini membantu rambutmu tampak lebih bersih, tapi terlalu banyak akan merusaknya.

Tidak mencuci rambut dengan sampo setiap hari malahan bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat itu adalah rambutmu tampak lebih bersinar, lebih lembut dan alami, warna yang lebih terlihat baik dan bertahan lama, hingga jarang berketombe. Namun dalam kondisi tertentu, menggunakan sampo sangat disarankan, seperti terkena parasit atau kutu rambut. Itupun harus dengan sampo khusus dan tidak sembarangan.

“Kamu perlu memberikan permukaan kepalamu kesempatan untuk menyeimbangkan diri dan menjadi alami. Membiarkannya dua hingga tiga hari tanpa shampoo-an akan jauh lebih baik, tetapi jika rambutmu tidak mudah berminyak, kamu bisa melakukannya lebih lama lagi,” ujar Elle Kinney yang dilansir dari prevention.com.

Secara kesimpulan, keramas dan menggunakan sampo tiap hari itu tidak baik, terkecuali rambutmu memang butuh perawatan khusus. Kamu sendiri bagaimana? Apa kamu melakukannya tiap hari? Atau setiap seminggu sekali aja?

Comment

No comments yet. Write yours!