Thread Penting Nih Gengs, Inilah Alasan Kenapa Perlunya Menyisihkan Uang Untuk Ditabung Selama Masa Pandemi

Thread by @WidasSatyo
1
Widas 🐊 @WidasSatyo

[THREAD] SAVING YOUR MONEY - Why It's an Important Thing To Do During The Pandemic Efek COVID-19 yg mulai mewabah sejak Maret kemarin belum menunjukkan tanda membaik. Covid sejauh ini terbukti telah merusak banyak sendi-sendi kehidupan, termasuk aspek finansial keluarga kita. pic.twitter.com/UZwqeqriFJ

02/08/2020 19:38:58 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

بسم الله الر خمن الر حيم. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Sebelum masuk inti bahasan, saya pengen sensus penduduk dulu. Meskipun ndak ada pandemi, berapakah nominal yg biasanya Anda sisihkan untuk ditabung??

02/08/2020 19:38:59 WIB
Widas 🐊 @WidasSatyo

Karna saya ndak punya wawasan cukup untuk bicara banyak tentang ilmu investasi, trading, saham, reksadana, dan sejenisnya, maka saya pilih tulisan ini dari perspektif tradisional aja. Yes. Menabung. Kenapa menabung jd penting disaat pandemi seperti sekarang ini?? pic.twitter.com/pOaKDiBSA7

02/08/2020 19:39:01 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Menurut data dari @Bankrate, 32% penduduk amerika yg mereka sampel ternyata tidak memiliki uang tabungan sepeser pun. 26% bilang punya meski dibawah $1,000 dollar. 15% orang setidaknya ada tabungan sekitar $1,000 - $5,000 dollar. Dan 10% ada yg punya tabungan $50,000 dolar lebih. pic.twitter.com/WicuDqZMbL

02/08/2020 19:39:08 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Untuk kebutuhan apa sih orang2 ini pada nabung?? 29% nabung untuk menikmati masa-masa tua. 27% buat beli rumah. 20% untuk travelling dan beli mobil. 14% untuk biaya kuliah. Lalu 13% untuk kebutuhan keluarga dan anak. pic.twitter.com/IpfpV9rk2w

02/08/2020 19:39:09 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Kalo td saya sebutkan perilaku compulsive buying jd sebab orang sulit nabung, namun menurut @Bankrate, kendala terbesar orang ga bs nabung adalah gajinya abis buat kebutuhan hidup (39%). Ada juga yg krna gajinya rendah (18%). Tapi ya ada yg lupa untuk sisihkan uangnya (7%). pic.twitter.com/bcYEwRZJCQ

02/08/2020 19:39:11 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Kadang tuh ya, ada aja yg namanya pengeluaran tak terduga. Kalo mengacu data @Bankrate, 39% bayar pake tabungan mereka. Sehingga nabung pun jd makin krusial. Sisanya ada yg pake kartu kredit, ngurangi pengeluaran di sektor lain, sampai ada yg harus utang temen/keluarga. pic.twitter.com/m12DWqG0eb

02/08/2020 19:39:12 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Ketika ditanya apa kesalahan finansial terbesar mereka, 22% orang Amerika nyesel ndak nabung untuk hari tuanya, 16% orang berpikir kesalahan mereka ndak punya emergency funds, 9% nyesel punya utang kartu kredit berlebih, hingga 2% nyesel maksa beli rumah diatas kemampuan mereka. pic.twitter.com/fXjgMLTwGI

02/08/2020 19:39:13 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Dalam kondisi biasa aja, saving your money is important. Apalagi kondisi saat ini yg lagi dihantam sama pandemi. Riset dari @StatistaCharts di bulan MARET menyatakan pandemi COVID-19 membuat 37 juta orang di Amerika beresiko kehilangan pekerjaannya. pic.twitter.com/BaXN1fBCOi

02/08/2020 19:39:14 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

"Prediksi" saat bulan Maret diatas kemudian terbukti selama periode April-Mei. Angka pengangguran di Amerika melonjak sangat sangat drastis hingga 13%. Sebagai perbandingan, angka unemployment rate saat Great Depression tahun 1933 mencapai 24,9%. Itu rekor tertinggi mereka. pic.twitter.com/H7crKDOgqn

02/08/2020 19:39:18 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Gimana dengan Indonesia? Bappenas disini menyebut angka pengangguran Indonesia akibat pandemi diperkirakan mencapai 12,7 juta orang. google.com/amp/s/amp.komp…

02/08/2020 19:39:18 WIB
Widas 🐊 @WidasSatyo

Kalo menurut data @SelfCreditApp ttg berapa lama rata2 orang bisa bertahan ketika kehilangan pekerjaannya? Jawaban paling banyak ternyata hanya bisa bertahan satu bulan aja. Bahkan yg menjawab cuman bs tahan seminggu aja juga cukup banyak ya. Ini tentu mengkhawatirkan. pic.twitter.com/ye3ECo2S3g

02/08/2020 19:39:21 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Krisis covid ini kemudian mengubah pola hidup mereka. Menurut @SelfCreditApp, orang jd banyak eksperimen menu masakan di dapurnya. Ada yg bahkan mengurangi porsi makannya biar hemat. Dan generasi mudanya mulai aware pentingnya nabung jika dikemudian hari ada krisis parah lagi. pic.twitter.com/lyUFzmtuKM

02/08/2020 19:39:25 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Menurut saya nih, poin penting dari menabung, khususnya di saat pandemi seperti ini, setidaknya ada 3 : (1) Emergency Funds (2) Peace Of Mind (3) Future Investments Gimana maksudnya? Yuk kita ulas satu per satu. 😁 pic.twitter.com/AUYeLQMHs0

02/08/2020 19:39:27 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

EMERGENCY FUNDS Kadang tuh kita udah bikin alokasi anggaran untuk tiap bulannya. Tapi tetep aja ada pengeluaran gak terduga yg bikin kacau rencana. Misalnya aja, tiba2 anak butuh tablet/laptop buat sarana sekolah daring mereka. Dengan punya tabungan, setidaknya kita gak panik. pic.twitter.com/iHD2pgE2wZ

02/08/2020 19:39:28 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

PEACE OF MIND Punya tabungan tuh sebenernya lebih untuk mengurangi anxiety Anda ketika didesak oleh kebutuhan hidup bulanan. Semakin bnyk saldonya, semakin tenang hatinya. Jadi meski Anda terkena PHK misalnya, Anda punya waktu beberapa bulan buat cari alternatif baru. pic.twitter.com/tRml21K6f6

02/08/2020 19:39:30 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

FUTURE INVESTMENT Setelah emergency funds aman dan pikiran lebih rileks soal kebutuhan hidup, saatnya berpikir rencana investasi ke depan. Apapun instrumen investasi Anda nantinya, dengan punya uang cash lebih, tentu ini membuat Anda punya modal awal bagus untuk memulainya. pic.twitter.com/WXsNMpKPjp

02/08/2020 19:39:31 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Ada tiga hal pokok yang menurut saya perlu diperhatikan untuk menjaga keuangan Anda tetap safe, terlebih di saat pandemi sekarang ini : (1) Reduce Your Expense (2) Limit Your Loans/Credit (3) Control Your Budget pic.twitter.com/FDAKYA3DuN

02/08/2020 19:39:32 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

REDUCE YOUR EXPENSE Kalo tadi udah saya tautkan pentingnya mengurangi perilaku compulsive buying, itu agar dananya bisa dialihkan untuk ditabung. Kurangin beli barang diluar kebutuhan. Sabar.. Tahan dulu keinginan buat self reward berlebih. Perbanyak self control buat saat ini. pic.twitter.com/73T7fT1TMD

02/08/2020 19:39:34 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

LIMIT YOUR CREDIT/LOANS Jika sekiranya ingin beli barang mahal namun urgensinya belum ada, sebaiknya ditunda dulu. Misal, keinginan ganti motor baru. Kalo motor lama masih oke, jgn ganti dulu. Batasin beban cicilan Anda untuk saat ini. Sabar dulu. Jangan lapar mata dulu. pic.twitter.com/KQlhjoByI6

02/08/2020 19:39:35 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

CONTROL YOUR BUDGET Ini tahap yg sulit krna bener2 disiplin dan telaten. Monitoring besaran keluar masuk uang Anda itu krusial untuk mastikan semuanya under control. Kebutuhan tetap terpenuhi dan tabungan tetap terisi. Well balanced. pic.twitter.com/6jURaaricc

02/08/2020 19:39:37 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Untungnya, di playstore sekarang banyak apps Budget Planner yg bisa Anda gunakan untuk monitoring keluar masuk uang Anda. Hari ini keluar duit buat apa aja ya? Target tabungan segini bisa ndak ya? Biaya ini bisa ditekan lagi ndak ya? Selamat mencoba ya! 😁 pic.twitter.com/AfhGt7T0fZ

02/08/2020 19:39:40 WIB
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo

Krisis covid-19 ini damage nya gak main-main. Kita gak cuman dituntut untuk jangan sampe tertular virusnya, tapi juga dituntut untuk tetap bisa bertahan dari segala keterbatasan yg ada. Yuk mulai bulan ini dan seterusnya kita konsisten buat nabung dan nabung. 😊 [THREAD - END] pic.twitter.com/fX2Q4OBFAp

02/08/2020 19:39:41 WIB
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!