Fakta-fakta yang Masih Buram dari Bobolnya Investasi Grup Bakrie Hingga Menyebabkan Kerugian Jiwasraya dan Kejanggalan2 Laporan Keuangan Grup Bakrie

ada yang merasa dirinya sebagai kambing hitam
1

Abadikini.com, JAKARTA – Sebuah fakta persidangan terungkap melalui saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bahwa ada empat saham Grup Bakrie yang membobol investasi Jiwasraya yang menyebabkan kerugian di asuransi pelat merah tersebut.

Menurut Kepala Divisi Investasi Faisal Satria Gumay yang dihadirkan sebagai saksi, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam hasil auditnya menyebutkan bahwa Jiwasraya berinvestasi di instrumen saham maupun reksa dana saham yang tidak berkualitas atau tidak memiliki potensi untuk bertumbuh optimal.

“Untuk produk reksa dana, Asuransi Jiwasraya memegang reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana terproteksi,” ujar Faisal sembari menyebutkan bahwa ada beberapa saham yang ada dalam semua underlying instrumen reksa dana yang dipegang Jiwasraya, salah satunya adalah saham PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR).

Mengutip dari warta ekonomi.co.id, Senin (27/7/2020) berdasarkan analisa, kata Faisal, pada 2014 Asuransi Jiwasraya menempatkan dana di reksa dana saham yang produknya dibuat berdasarkan permintaan Jiwasraya dan mendapatkan kesepakatan bersama dengan Manajer Investasi. “MI diminta untuk membikinkan produk khusus untuk AJS,” ucapnya.

Dia menyatakan, penurunan aset investasi pada reksa dana saham yang dimiliki Jiwasraya merupakan imbas dari kesepakatan-kesepakatan yang terjadi sejak 2014 tersebut. “Sekarang, kondisi reksa dana saham yang dipegang AJS itu adalah imbas dari acc (accord/kesepakatan) yang sebelum-sebelumnya,” ungkap Faisal.

Analisa Faisal selaku Kepala Divisi Investasi Jiwasraya menemukan fakta bahwa ada 24 emiten yang sahamnya menjadi basis reksa dana milik Jiwasraya mengalami penurunan harga hingga menyentuh level terendah Rp50 per lembar. “Dari 24 saham itu, ada dua emiten yang delisting dari Bursa Efek Indonesia (BEI),” ujar Faisal.

Yang menarik dari fakta persidangan tersebut, terdapat empat emiten yang merupakan perusahaan dari Grup Bakrie, yakni PT Darma Henwa Tbk (DEWA), PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), dan PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL).

Selain empat saham tersebut, Faisal merincikan bahwa saham-saham “gocap” berikutnya, antara lain BTEK, JGLE, SMRU, ARMY, ARTI, BIPI, BORN, CNKO, ELTY, HADE, IIKP, KBRI, MTFN, MYRX, RIMO, SIMA, SUGI, TRAM, dan TMPI.

“Dua saham yang sudah delisting adalah PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) dan PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP),” papar Faisal.

sumber:
https://www.abadikini.com/2020/07/27/saat-saham-saham-grup-bakrie-menggrogoti-jiwasraya/

𝐀𝐫𝐫𝐢𝐞𝐬® @AriestaRiico_

Babak baru terdakwa kasus korupsi Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro klaim dirinya tdk bersalah & hanya menjadi kambing hitam atas Kasus Korupsi Jiwasraya. Bentjok keluarkan pernyataan nama "Grup Bakrie" terkait dgn Kasus Jiwasraya. #RingkusProvokatorSaatPandemi pic.twitter.com/iqqbP8YmME

28/06/2020 11:03:18 WIB
mamia #Di Rumah Aja @MamiaAja

@AriestaRiico_ Yg punya tabungan di bank kuning kabarnya sdh mulai susah narik saldo mrk.

28/06/2020 11:12:11 WIB
Roky525 @roky525

@AriestaRiico_ hihiii ini lagi kasus jiwasraya, yok pak pol usut tuntas #RingkusProvokatorSaatPandemi

28/06/2020 13:25:35 WIB
𝕾𝖍𝖊𝖗𝖆 @SheeraKe

Kelicikan group bakrie? Laporan keuangan grub bakrie harus dicurigai ? Dan diaudit ulang oleh auditor yg profesonal & independen. Laporan keuangan dipake u/ menjebak investor? setelah investor masuk harga saham si kunci 50 rupiah? Cc @KejaksaanRI pic.twitter.com/bC5nO5ttJa

29/06/2020 15:37:50 WIB
edyardus @edyardus

@SheeraKe @MahmudNl59 @KejaksaanRI @karniilyas @ILCtv1 @tvOneNews Itu hanya mimpi jika @karniilyas , @tvOneNews dan forum @ILCtv1 membahasnya. Sama saja jika besok berharap pandemi Covid-19 di seluruh dunia hilang. 😂😂😂

29/06/2020 17:34:05 WIB
Dzoel Fikri @Dzoelfikri

@SheeraKe @KejaksaanRI Kalo lihat ke tahun 2008, pertama belajar saham, tu saham grup Bakrie dulu jadi salah satu gorengan yg bisa jadi cuan...

30/06/2020 07:33:51 WIB
#WaniMaskeran @Zainuddinovic

Begitu ya... Tuh yang tidak ada emang bener-bener gak ada atau emang sengaja ditidakadakan? Rakyat kecil macam saya jarang yang tahu ini pic.twitter.com/OYIYzRTM52

08/07/2020 17:35:36 WIB
#WaniMaskeran @Zainuddinovic

@WongNgeyelan Rakyat kecil macam kita tak akan tahu... Kalau mereka tidak berbicara

08/07/2020 18:56:16 WIB
TINAVI78 TERPAL @OhaSechan

@Zainuddinovic Gk pke mikroskop seeeh.... jd gk kelihatan... 🤭🤭🤭

08/07/2020 21:24:05 WIB
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!