Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Thread: Tren Format Animasi dalam Industri Periklanan 2020 via @pipis

sekarang banyak iklan yang dibuat dengan format animasi @tumbenlucu
0
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Sepertinya tren iklan di tahun 2020 ini formatnya animasi. Mulai dari yang bergaya anime, sketsa komik hingga CGI. Ini bagus, sebab artinya minat pasar terhadap industri animasi mulai meningkat. Animasi tidak lagi dianggap "anak-anak." ~sebuah utas~

29/07/2020 11:11:29 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Dibuka dengan iklan Pocari Sweat di awal tahun yang Jepang banget. Selain brandnya yg memang dari Jepang, iklan ini memanfaatkan hype anime yg sedang populer. twitter.com/pipis/status/1…

29/07/2020 11:11:29 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Kemudian ada iklan Branz Mega Kuningan yang lebih cocok dibilang film anime pendek karena 10 menit lebih. 😅 Full version: youtu.be/PwDj_biVv-U pic.twitter.com/7IotA3mohk

29/07/2020 11:11:29 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Trus iklan Sasa yang mencoba nebeng tren animasi ala Makoto Shinkai, lengkap dengan flare cahaya di mana-mana. 😆 twitter.com/pipis/status/1…

29/07/2020 11:12:17 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Selanjutnya iklan Gojek yang animasinya bergaya komik sarat kearifan lokal. Cocok dengan brandnya yg memang Indonesia banget. pic.twitter.com/F5NK3m0TY3

29/07/2020 11:12:56 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Lalu iklan Khong Guan yang selain cantik secara visual juga pesannya disampaikan dengan apik dan mengharukan. Sejauh ini iklan animasi favorit gue. ❤️ twitter.com/pipis/status/1…

29/07/2020 11:13:49 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Paling baru ya iklan Gopay yg pakai Unreal Engine dari studio di Polandia. Isinya relevan sama target pasar. Kolaborasi talent-nya juga bikin iklan animasi ini punya nilai lebih. Kombinasi @pevpearce @Joe_Taslim dan @BARASUARA itu OVERKILL! 🔥🔥🔥 twitter.com/pipis/status/1…

29/07/2020 11:15:27 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Semoga semua ini bisa merangsang munculnya karya2 baru, menumbuhkan apresiasi terhadap profesi animator, ilustrator, penulis dan komikus, melahirkan para kreator baru yang pada akhirnya menggerakkan industri kreatif Indonesia.

29/07/2020 11:19:33 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Karena sudah saatnya kita sebagai konsumen mulai menghargai dan mendukung para pekerja seni dan kreatif ini. Tanpa karsa, ya nggak ada karya. Tanpa karya, hidup kita hampa.

29/07/2020 11:19:34 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Yuk, mulai dukung kreator kita dengan 1. Sarankan mereka daftar di karyakarsa.com 2. Cari tahu karya yg lagi hot karyakarsa.com/feed 3. Temukan kreator yg menarik karyakarsa.com/discover 4. Beri dukungan lewat Gopay, OVO, transfer bank atau Alfamart

29/07/2020 11:19:34 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Kelewat... Ada satu lagi iklan animasi dari @GrabID yang formatnya musikal. Kocak deh! 🤣 youtu.be/OIN5JhownPE

29/07/2020 11:34:48 WIB
Expand pic
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Benar, pandemi adalah katalisnya sehingga animasi jadi pilihan kala syuting tak bisa dilakukan. Tapi bukan satu-satunya faktor. Sebab tren ini sebenarnya sudah mulai terasa tahun lalu. Beberapa pelopornya ada Pocari Sweat dan Khong Guan. twitter.com/kamunisme/stat…

29/07/2020 12:03:17 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

Whoaaa... Baru tahu ada iklan ini. Baru tahu kalau versinya banyak. Baru tahu juga ada snek merek Cokelat Dilan. 😅 twitter.com/Lutfi_nr/statu…

29/07/2020 19:57:34 WIB
ekan @ekan_dash

@pipis Mas kalo boleh tau, iklan2 anime tu secara budget lebih mahal atau murah sih mas dibanding iklan yg pake syuting2 gitu?

29/07/2020 11:38:59 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

@ekan_dash Sama aja sih, komponen cost-nya aja yg beda. Syuting secara waktu produksi bisa lebih cepat, tapi butuh bayar talent, lokasi, set design, wardrobe, kru dll. Animasi nggak perlu lokasi dll, tapi waktu produksi dan budget tergantung kompleksitasnya.

29/07/2020 11:49:18 WIB
msykr @syaakirr

@pipis @edwardsuhadi Atau mungkin karena penikmat animasi yg dulu anak-anak sekarang udah dewasa? Jadi bagus sih karena berarti range umurnya meluas hehe

29/07/2020 11:35:32 WIB
Potassium 40 @permadi_osha

@pipis @dittameliaa Iklan2nya bagus banget. Semoga aja para artistnya tidak underpaid.

29/07/2020 11:43:16 WIB
Nur Cahyoningsih @inungcahyaN

@pipis Iklan-iklan yang begini yang kutonton sampe akhir, seneng liat animasinya. Itu yang sering bilang film animasi buat anak-anak doang pasti belom pernah nonton animasi untuk dewasa. Padahal kudu bisa bedain biar ga salah ngasi referensi ke orang lain bahkan anak sendiri :)

29/07/2020 18:20:23 WIB
Pribadi P. | IG: @pipu @pipis

@inungcahyaN Setuju. Medium penceritaan tidak mengenal batasan umur. Isinya aja yg membedakan konsumsinya untuk siapa. 😊

29/07/2020 18:44:15 WIB
Lutfi Nur Rohman @Lutfi_nr

@pipis Ada yang kelewat nih bang, Iklan Cokelat Dilan juga dibuat versi animasinya: instagram.com/p/B_oyffrp_Md/…

29/07/2020 19:31:34 WIB
Expand pic
GEO @R3DRangers

@pipis Sepertinya bukan karena minat pasar, tapi lebih karena tidak memungkinkannya take shooting di era pandemi covid. Jadi animasi sebagai solusinya.

29/07/2020 11:37:40 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!