Parenting Tips, Pentingnya Rasa Tanggung Jawab Di Balik Kata 'Maaf' via @rahneputri

kata maaf harus disertai tanggung jawab @tumbenlucu
3
rahneputri.com @rahneputri

- Perihal Ucap Maaf - Sebuah thread melatih tanggung jawab ke anak bukan dengan menuntut ucap maaf atau memberikan maaf Mungkin berguna buat mendidik anak. Ini sumber dari psikolog, salah satu yang saya ikuti pola didiknya.

30/07/2020 22:35:34 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Biasanya "MINTA MAAF" dimaknai dan perlu dilakukan ketika ada salah satu pihak yang merasa merugikan atau dirugikan. Padahal ketika ada yang dirugikan, yang utama bukan MAAF nya. Ganti rugi itu temennya konsekuensi atau hukuman.

30/07/2020 22:41:34 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Kata Tao Ming Tse, kalo semua masalah selesai dengan minta maaf buat apa ada polisi?

30/07/2020 22:41:46 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Yang perlu dilakukan sebagai sarana latihan bertanggung jawab justru bukan dengan biasain ucap maaf dan biasain maapin orang yang udah ucap maaf. Seperti yang diutarakan sebelumnya, sebaiknya belajar tentang konsekuensi & hukuman dulu.

30/07/2020 22:44:23 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Jika latihan 'bertanggung jawab' dilakukan dengan membiasakan hanya ucap maaf & maapin, akhirnya yang akan terjadi adalah perilaku NUNTUT ucapan maaf & NUNTUT pemberian maaf saja. Merasa selesai di situ 'tanggung jawabnya'

30/07/2020 22:47:24 WIB
rahneputri.com @rahneputri

familiar ya sama yang lagi rame. chatnya minta orang ucap maaf terus....

30/07/2020 22:47:33 WIB
rahneputri.com @rahneputri

kembali ke perihal "Tanggung Jawab", hal itu muncul karena ada yang MENGALAMI kerugian & ada yanh MENYEBABKAN kerugian. Jadi, 'Tanggung Jawab' itu sejatinya soal siapa yang perlu menanggung kerugian.

30/07/2020 22:49:29 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Jika latihan 'bertanggung jawab' dilakukan dengan hanya ucap maaf & maapin, maka kerugian tetap ditanggung ditanggung pihak korban (yang dirugikan). Cuma di bibir saja gitu ga ada aksi lain.

30/07/2020 22:50:56 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Kenapa? karena ucap maap itu sebenernya cuma kesopanan, bukan menanggung kerugian. Seorang yang bertanggung jawab adalah orang yang sanggup menanggung kerugian saat perilakunya bikin orang lain dirugikan, baik sengaja ato ga. Semoga aku bisa mendidik anakku seperti ini ya.

30/07/2020 22:52:22 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Orang yang mau tanggung jawab yang seperti apa? - Mau menjalankan konsekuensi atau - Mau menjalankan hukuman Ucap maaf hanyalah kesopanan. Ga minta maaf tapi mau ngejalanin konsekuensi / hukuman ya bagiku tetep diliat jadi sosok bertanggung jawab.

30/07/2020 22:56:41 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Paling ada cibiran2 aja sih kaya "hiihh ga minta maaf lagi"... ini lebih ke masalah ego bukan tanggung jawab hehehe

30/07/2020 22:57:23 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Nah gimana cara melatih sikap tanggung jawab ke anak? Pertama bikin situasi dimana anak belajar memahami mana konsekuensi, mana ganti rugi mana hukuman. Caranya? ortu meneladani.

30/07/2020 23:03:11 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Kalau Orang tua mau membiasakan anak untuk bayar ganti rugi dan ucap maaf, ortu perlu lakukan atau memberikan contoh. Dan ini dilakukan di usia anak sudah bisa merasa bersalah yaaa....

30/07/2020 23:05:45 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Ortu bisa sengaja membuat situasi belajar ganti rugi (bikin skenario) atau ya pas kebetulan ada situasi yang alami. Misal : anak pecahin gelas di restoran. Yang rugi/ korban = restoran Pelaku = anak Misal di resto ada aturan "memecahkan berarti membeli" maka anak yang "beli".

30/07/2020 23:10:59 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Anak belum punya uang? bikin kesepakatan. "Karena kamu pecahin, harus ganti duit tapi ga punya, jadi nanti kamu perlu ganti ke Mama/ Papa uang itu dengan cara ....." (nah ini bebas, sesuai kesepakatan. Misal: nyuci mobil, beberes rumah seminggu dll)

30/07/2020 23:12:27 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Kalo kesepakatan aku sama Trah (4 yo) dari usia 2,5 yo aku bilang kalo Trah ngompol di kasur, aku mau dia tanggung jawab dgn nyuci sepreinya. (Ya dibantuin dikit lah nyopot2). Serta jemur2 bantal. Aku juga berusaha ga nada2 marah. lbh ke teges aja ingetin jalanin konsekuensi 🤪 pic.twitter.com/SToaLzOtrS

30/07/2020 23:19:23 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Konsekuensi2 kecil lain yang bisa dilatih Kalo ada yang tumpah, biar dia membereskan sendiri. Lap sendiri. Awal2 ya ikut bantuin. Mainan diberesin sendiri. Makanan jatuh, minta dia beresin. Meskipun ada mba, aku ttp ingin dia yang utama ngerjain. Boleh bantu aja dikit.

30/07/2020 23:22:13 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Ga di rumah, ga di luar rumah. Pernah waktu itu kita liburan di Jogja dan Trah numpahin air botol ke lantai distro. Aku minta lap ke yg jaga. yang ngepel? ya Trah hehe, aku jg bantu sihh. Mas distro ampe ga enak "udah mba saya aja", lah aku blg jangan, yg jatohin air kan kami.

30/07/2020 23:25:49 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Awal2 dibilang ibuku "Nemenee nakkk kamu ke anakkkk" 😂 dibilang tegaaa akuuuu. Ya value orang tua sama aku ya pasti beda. Tapi aku percaya ini baik kok buat anak. Aku juga ga tersinggung kl misal Trah ga mau minta maap, tapi asal dia lakuin konsekuensi aku udah cukup seneng

30/07/2020 23:28:41 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Sebagai ortu, naluri melindungi anak udah pasti kenceng. Tapi aku ga tau sampe kapan bisa melindungi dia, jadi dia perlu belajar untuk melindungi diri sendiri dan bertanggung jawab sama keputusannya.

30/07/2020 23:29:58 WIB
rahneputri.com @rahneputri

Untuk kasus yang lagi rame ini. Aku liat pola komunikasinya pelaku kok ya nuntut-nuntut maaf terus. Ada ego yang besar. Batas "rugi" juga sangat bias. 🥺

30/07/2020 23:35:53 WIB
rahneputri.com @rahneputri

ya demikian sedikit cerita dan berbagi cara yang sedang aku & suami terapkan di rumah. Masih belajar. Masih terus trial & error. Semoga sesuai harapan. Semoga selaras

30/07/2020 23:36:56 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!