"Perkara baju 100rb dapat 3 aja kebawa sampai akhirat" Hati-hati Modus Penipuan Baru Oleh Buyer di Salah Satu Marketplace, Rekayasa Video Unboxing

Thread by: @Embercettembok
0
Si buluk lupa @Embercettembok

sudah buluk, lupa diri pula.

Si buluk lupa @Embercettembok

Halo, saya mau ngasih info soal modus penipuan baru oleh buyer di salah satu marketplace. Saya memutuskan untuk speak up karena modus ini belum banyak yg tahu dan menghindari penjual lain kena tipu mereka. A Thread

27/07/2020 17:19:43 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Saya bilang mereka karena ada 2 akun yg usut punya usut ternyata suami istri. Mereka ini licik banget, sumpah. Twitter saya emang garame tapi saya berharap kalau ada orang yang search 'penipu' thread saya akan muncul disitu.

27/07/2020 17:20:56 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Begini ceritanya. Awalnya saya promosiin produk preloved di salah satu grup preloved di facebook. Kalau saya tidak salah, penipu ini adalah salah satu adminnya. Saya jual preloved dengan kondisi sangat bagus & jarang dipakai.

27/07/2020 17:22:56 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Awalnya dia nawar tunik rajut by Ocl atasan by Mayout dan hm. 3 pcs dapet 100rb. Udah gila dari awal. Saya bilang tambah 10 rb aja tapi ga mau, dia bilang yauda gpp kalo ga boleh. Beberapa hari kemudian, dia chat lagi. pic.twitter.com/9o1sorqRRY

27/07/2020 17:43:56 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Saya ga tegaan anaknya jadi saya bolehin 100 get 3. Tapi kali ini dia berubah. Dia minta baju dari weardol yg harga dari sananya 150-170an. Saya lupa. Gilanya, dia teteup minta 100k get 3 pcs. Saya ga mau ya.. Singkat cerita saya kasih 105 dapet 3, dia deal. pic.twitter.com/vcQyqd4Vnm

27/07/2020 17:48:04 WIB
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Jeda maghrib sebentar ya, saya juga lagi chatan sama korban lain 🙏

27/07/2020 18:02:01 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Saya arahin buat co di marketplace dan nawar disana karena emang itu baju udah di pasang disitu. Gilanya lagi, total tawarannya jadi 100 rb get 3. Saya ga mau lah.. Thread selanjutnya langsung ke inti penipuannya dan korban lainnya aja ya, hehe. pic.twitter.com/Cf8FVRAUPR

27/07/2020 18:45:36 WIB
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Beberapa hari kemudian tiba-tiba saya dapet notif klaim barang tidak diterima. Saya kaget dong, jelas banget saya yg packing, saya yang kirim ke ekspedisi dengan kondisi lengkap. Saya inget betul karena pembeli saya berapa si? Hari itu cuma 1 orang yg order.

27/07/2020 18:48:06 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Awalnya saya kira si teteh ini ga ngeh karna saya packing may dan hm saya satuin plastik beningnya sedangkan weardol saya pisah plastiknya jadi ada 2 plastik bening didalam 1 pack plastik item. Apalagi semua bajunya warna hitam

27/07/2020 18:49:59 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Tapi ko, ga ada respon ya di chat marketplace nya, padahal dia sempat online. Akhirnya saya pengen chat lewat fbnya. Anehnya, fb dia ga ketemu. Saya cari wa nya juga ga ketemu. Hhh udah jelas dia cari perkara pic.twitter.com/KM7e7Kc1io

27/07/2020 18:55:56 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Oh iya, pas saya cari dia di fb ternyata ada satu postingan yang nyariin nama dia karena dia nipu: beli barang ga dikirim-kirim. Pas saya konfirm, pemosting bilang sipenipu ini marah-marah liat postingan itu dan langsung dikirim barangnya walaupun pas nyampe barangnya ga sesuai. pic.twitter.com/kM5QXcqPxO

27/07/2020 19:06:35 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Kembali lagi ke marketplace. Karena saya ga terima dengan klaim dia, saya minta pihak marketplace jadi penengah. Pihak marketplace minta bukti video unboxing nya. Huh, mampus (dalam hati saya)

27/07/2020 19:09:54 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Ternyata, dia bener-bener kirim video unboxing nya dengan di rekayasa 😭 ya Allah, saya yg mampus ini mah 😭. pic.twitter.com/dWL9Bnu7md

27/07/2020 19:16:22 WIB
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Karena kejadian itu, ilmu kewanitaan saya bidang FBI muncul. Saya cari semua sosmed dia, ketemu. Dia jualan tas branded harga murah. Tapi ga nemu bukti nipu lainnya. Saya ga putus asa. Saya inget dia punya suami. Saya cari sosmed suaminya, nemu. Saya cari bukti nipunya pun nemu. pic.twitter.com/bbNZ9ZSAD0

27/07/2020 19:32:59 WIB
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Dari mana saya yakin kalau itu akun marketplace suaminya? Begini, Ingat pas ada yg posting penipuan atas nama dia di fb? Ya, disitu tertulis jelas di akunnya bahwa dia sudah menikah dengan mister db. pic.twitter.com/5kEk2QLsb6

27/07/2020 19:38:55 WIB
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Tidak cukup, karena nama orang kan bisa aja sama. Baik, saya ga gegabah kok. Simak chatan saya dengan korban lainnya. pic.twitter.com/k15aCWJLD8

27/07/2020 19:48:49 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Pembeli saya dan pembeli amoreiza mempunyai alamat yang sama dan ternyata yg pegang akun atas nama suaminya adalah dia sendiri Karena foto dari marketplace diperkecil kualitasnya jadi ga terlalu kelihatan apalagi di ss saya. Tapi admin amoreiza bilang itu alamat yg sama. pic.twitter.com/LvwXS17mzy

27/07/2020 20:00:29 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Saya sengaja tutupin nama penipu karena memang niat saya hanya untuk menginformasikan modusnya, supaya seller lain tau modus penipuan ini. Bukan orangnya. Padahal dia punya akun twitter looh, wkwk. Walaupun sebenernya saya gedek banget sama orangnya yg udah nipu sana sini.

27/07/2020 20:05:36 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Sayang sekali korban satunya lagi belum bisa dihubungi. Nanti saya lanjut thread nya kalau korban sudah bisa dihubungi

27/07/2020 20:06:55 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Disini saya bilang video direkayasa ada buktinya. Bagaimana bisa ada thankscard saya diluar sebelum packing dibuka? Pas sadar, baru disingkirin.. twitter.com/Embercettembok… pic.twitter.com/E9wf9v0wxe

27/07/2020 20:18:37 WIB
Expand pic
Expand pic
Si buluk lupa @Embercettembok

Sayang sekali pihak marketplace tidak menanggapi bukti rekayasa video dari saya dan malah minta video packing saya. Saya ga pernah tau ada modus penipuan seperti itu mana pernah bikin video packing 🙄 Laporan dari amoreiza pun belum ada tanggapan, kita tunggu aja hasilnya nanti.

27/07/2020 20:23:30 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Sekarang saya sudah ikhlas dengan penipu itu supaya hati saya tenang. Saya buat thread seperti ini karna ini modus penipuan baru. Kemarin saya ada yg order dengan nama akun gajelas, saya cek nomernya di getContact ada label penipu. Saya konsul ke kaka saya perlu dikirim ga?

27/07/2020 20:26:28 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Kata dia kalo ordernya di marketplace ya dikirim aja. See? Maksudnya marketplace betul" aman? Saya juga konsul ke grup seller marketplace yg isinya semua dari seller baik yg udah star seller sampai pemula. Dan hasilnya? Mereka ga tau ada modus penipuan macam ini.

27/07/2020 20:31:05 WIB
Si buluk lupa @Embercettembok

Update: korban satunya lagi sudah merespon atas kasus itu tapi saya belum minta izin untuk bawa ke twitter.

27/07/2020 21:16:43 WIB
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!