Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Wajib Dibaca Biar Gak Kemakan "Katanya": Pengalaman Menemani Kedua Orangtua Menjalani Perawatan Sebagai PDP di Wisma Atlet dan RS Hermina, Jatinegara

Thread by: @oktaviamanroe
1
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Aslinya lebih cakep dari fotonya. Percaya aja deh.

#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Karena ramai soal mbak @BalqisRrzq, saya juga mau cerita bagaimana saya dan adik menemani kedua orangtua kami menjalani perawatan sebagai PDP. Ibu dirawat di Wisma Atlit dan Bapak PDP berat di RS Hermina, Jatinegara. @HerminaGroup Biar terdokumentasi dengan baik.

21/07/2020 11:33:21 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Yang pertama kali menunjukkan gejala demam itu Ibu, per tanggal 15 Maret setelah 2 hari sebelumnya ada wisata bersama perkumpulan Ibu-ibu gereja. Berobat ke klinik dekat rumah, dikasih paracetamol, antibiotik dan vitamin tapi gak kunjung membaik. Setelah 5 hari rawat jalan, -c

21/07/2020 11:33:22 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

..akhirnya memutuskan untuk ke RSIA Hermina untuk rawat inap, masuk Sabtu, 21 Maret dengan prosedur cek lab dan rontgen paru. Itu pas awal pandemi, pasien terinfeksi di Indonesia juga masih < 100 orang. Selama di RS, demam turun tapi batuk makin kenceng, sesekali sesak -c

21/07/2020 11:33:23 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Setelah 3 hari, kondisi membaik, karena kami pikir tinggal sisa batuk, kirain udah boleh pulang, ternyata perwakilan keluarga dipanggil dan dijelaskan dokter jaga kalau Ibu pneumonia. Menurut prosedur RS, pasien dengan dugaan pneumonia harus diisolasi karena diduga Covid.

21/07/2020 11:33:23 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Saya gak kaget, degdegan sih dikit, karena sudah menduga batuk Ibu kencang dan ada sesak tapi tetap percaya sama langkah yang diambil pihak RS. Siang itu juga, Ibu dipindah ke ruang isolasi. Ibu saya sempet nangis sedikit, katanya "mama mau dibawa kemana?" 😔

21/07/2020 11:33:24 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Selasa pagi, 24 Maret Ibu akhirnya dirujuk ke Wisma Atlit, dibawa pakai ambulan dari RS, saya & adik dr rumah langsung kesana. Itu hari ke-2 pembukaan Wisma Atlit, msh berantakan banget, ga jelas prosedur pendaftaraan dsb. Jadinya kita nunggu lumayan lama sampai Ibu boleh masuk.

21/07/2020 11:33:25 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Tapi dokter² di Wisma baik², saya masih ingat betul dr Max, dibalik APD google glassnya yang berembun, masih bisa saya lihat bagaimana matanya dengan sabar menjelaskan bahwa persiapan masih dilakukan di setiap kamar. Ibu boleh masuk UGD dulu sebelum masuk kamar, dr Max juga yg -c

21/07/2020 11:33:25 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

..bagikan makan siang. Makin siang, pasien yang datang makin banyak. Ambulans makin banyak datang, dokter² makin ribet. Setelah menunggu 9 jam di UGD karena tensi tinggi, akhirnya jam 7 malam Ibu bisa masuk ke ruangan atas, lt 5. Dimulailah perawatan Ibu di Wisma Atlit.

21/07/2020 11:33:26 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Sibuk ngurusin Ibu selama 1 minggu lebih, kita gak lihat Bapak, ternyata Bapak mulai menunjukkan gejala yang sama: demam dan batuk. Kita bawa ke klinik, tp pasca 3 hari demam gak turun, Sabtu, 29 Mar nafasnya mulai pendek². Akhirnya Minggu 29 Mar kita bwa ke Hermina, Jtnegara.

21/07/2020 11:33:26 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Tadinya mau langsung ke Persahabatan tp ternyata gd Pinere tutup 😑 akhirnya Hermina dipilih krn dekat dan Bapak udah gak kuat lagi. Masuk UGD setelah cek lab dan rontgen paru, langsung dikasih selang oksigen tapi ternyata gak cukup, ganti jadi masker oksigen, -c

21/07/2020 11:33:27 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

..sekali tarik sampai 15lliter dan SpO2nya juga menurun. Dokter blg blm bisa masuk ruangan krn saturasi oksigennya masih rendah. Hrs puasa juga, ga tega bgt liat Bapak kl inget situasi di UGD waktu itu. Hari kedua, rontgen paru lagi dan parunya makin berembun dari hari pertama.

21/07/2020 11:33:27 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Lalu dokter panggil adik saya dan Bapak ditetapkan sebagai PDP berat, hrs segera masuk isolasi UGD, akan dicarikan RS rujukan tapi harapan tipis. DUAARRR!! 💥 Perasaan kacau, nangis kejer diparkiran RS 😭😭😭 setelah emosi terkontrol, masuk lg ke UGD dan dengar penjelasan dokter.

21/07/2020 11:33:28 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Semua keluarga dekat dipanggil dan dijelaskan tindakan RS buat Bapak. Saya agak tenang kalau Hermina bakal melakukan yang terbaik selama masih mencari RS rujukan. Walaupun kasih yang terbaik tetap keluarga pasrah kalau ternyata Tuhan berkehendak lain.

21/07/2020 11:33:28 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Disinilah saya merasa kalau tindakan cepat RS Hermina sangat menolong Bapak, begitu masuk isolasi UGD, langsung didaftarkan swab dan diberi tindakan sebagai pasien positif tanpa tunggu hasil swab. Pendek cerita, keadaan Bapak menuju perbaikan, saturasi normal.

21/07/2020 11:33:28 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Setelah 10 hari isolasi di RS, akhirnya dipulangkan dengan kondisi belum sembuh sepenuhnya, hasil swab juga belum keluar. Diputuskan akhirnya pulang karena kondisi ruangan isolasi yang dikhawatirkan makin bikin Bapak stress, karena banyak pasien yang berteriak karena tertekan.

21/07/2020 11:33:29 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Pulang kerumah dengan segudang obat dan juga kondisi lemas, dirumah juga kita perlakukan sebagai pasien positif, semua alat makan dipisah, cucian baju dipisah, untung mbak dirumah support dan gak ketakutan tertular. Bapak blm bisa aktifitas, tidur miring aja katanya capek

21/07/2020 11:33:29 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Bangun dari tempat tidur harus dipapah. Semua makanan diblender. Selama masa isolasi dirumah, hrs tetap kontrol ke RS 1x seminggu. 3 minggu setelah swab, hasilnya keluar: NEGATIF. Puji Tuhan. Fyi, Bapak udah umur 72 tahun, bisa melewati masa² infeksi berat itu sebuah keajaiban.

21/07/2020 11:33:30 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Ibu bagaimana? Setelah 25 hari lamanya di Wisma, akhirnya dibolehkan pulang. 3x rapid test, 1x swab, 1x rontgen paru. Semuanya bagus. Sepulang Ibu kerumah, kondisi Bapak makin membaik. Ini sudah bulan ke-4 setelah terinfeksi, Bapak masih harus tetap kontrol ke RS.

21/07/2020 11:33:30 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Saya pernah tanya ke dokter paru Bapak, apa kontrol masih lama? Katanya masih, alasannya karena Bapak sudah tua dan mencegah dampak long term akibat infeksi. Namanya dr Heidy, spesialis paru, baik banget dokternya. Oh iya, pakai BPJS. Hihi.

21/07/2020 11:33:31 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

Intinya tidak pernah terbersit kalau RS cari keuntungan. Thankfully, walaupun bukan RS rujukan Covid, RS Hermina kasih tindakan all out. Begitu juga tim nakes Wisma Atlit, semua all out. Terima kasih para nakes, besar upahmu di surga 💙

21/07/2020 11:33:31 WIB
Anastasia Turnip @AnastasiaTurnip

@oktaviamanroe @BalqisRrzq @HerminaGroup Aku jg jd pengen nulis kak... biar warga2 ini gak maen2 dan remeh2 lagi 😂😂😂

21/07/2020 13:32:26 WIB
#janganlupamaskernyakakak 😷 @oktaviamanroe

@AnastasiaTurnip Ayo cerita Tas pengalamannya, eh tapi accountnya jangan digembok biar banyak yang baca. Harus lebih banyak cerita positif nih dibanding hoax 🤪

21/07/2020 13:59:32 WIB
Siti Anisah @IbunyaNaiJay

@oktaviamanroe @AnastasiaTurnip Terimakasih banyak atas sharing pengalamannya memang masyarakat kita sudah terlalu lama hidup berdasarkan asumsi 'katanya', semoga semakin mengedukasi agar kita bisa jadi manusia yang lebih pintar. Semoga orangtua & semua keluarga sehat selalu 🙏

21/07/2020 15:39:05 WIB
Load Remaining (22)

Comment

No comments yet. Write yours!