UU ITE Gila, Febi Nur Amelia Dituntut 2 Tahun Penjara Karena Menagih Utang Istri Perwira Polisi Sebesar 70 Juta

Gak ngerti lagi dengan hukum Indonesia
1
Bli Saka @ngurahsaka

Yang diutangin terancam masuk penjara cuy... UU ITE gila. pic.twitter.com/ywxcA9qYRY

15/07/2020 05:55:33 WIB
Expand pic
Expand pic
Bli Saka @ngurahsaka

wuih membantah punya hutang, seru nih pic.twitter.com/Oaqy4Auit5

15/07/2020 06:09:04 WIB
Expand pic
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

Bukan gak ada hukumnya kak. Perihal hutang-piutang diatur dalam ranah hukum perdata atau hukum privat, bukan hukum pidana. Dasar dari hutang piutang sendiri itu perjanjian yg melahirkan perikatan. Ada beberapa ketentuan hukum yg terlibat di dalam hutang-piutang, diantaranya: twitter.com/Annisabai/stat…

15/07/2020 19:24:43 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

Yg paling basic adalah syarat sahnya perjanjian. Diatur dalam Pasal 1320 KUHPerdata. Isinya 1. Kesepakatan 2. Kecakapan 3. Suatu hal tertentu 4. Klausa yang halal Ini kalo dijabarin bisa panjang banget sih

15/07/2020 19:24:44 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

2. Jaminan dalam hutang-piutang. Sebagian masyarakat indo masih tergiur dengan "hutang jaminan 0" atau hutang temen aja karna gak pake jaminan. Ini salah besar, karna apa? Iya bener gak ada jaminan, lebih tepatnya jaminan khusus. Sedangkan dalam hutang-piutang jika tidak

15/07/2020 19:24:44 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

Menggunakan jaminan khusus (yg disebutkan, contoh sertifikat tanah) maka secara otomatis menggunakan jaminan umum. Jaminan umum diatur dalam Pasal 1131 KUHPer yg bunyinya "segala hak kebendaan debitur baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, baik yang sudah ada maupun yg

15/07/2020 19:24:45 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

akan ada di kemudian hari menjadi tanggungan untuk segala perikatannya" jadi jangan heran kalo pada beberapa kasus katanya "tanpa jaminan" tapi kok Debt collector ngambil berbagai barang dari rumah org yg berhutang [ini ada hukum yg mrngatur juga]

15/07/2020 19:24:45 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

3. Wanprestasi Merupakan suatu keadaan di mana debitur tidak memenuhi janjinya atau tidak memenuhi sebagaimana mestinya Gampangannya, dalam kasus hutang-piutang ini terjadi karena: A. Debitur (org yg punya hutang) tidak membayar hutang sama sekali B. Terlambat dalam membayar Dll

15/07/2020 19:28:55 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

Jika debitur wanprestasi maka kreditur dapat meminta pengadilan untuk mengeluarkan peringatan (anmaning) kepada debitur atau bisa secara langsung tanpa melalui pengadilan dalam bentuk teguran. Tahapan berikutnya jika masih tdk diindahkan maka debitur bisa mengajukan guguatan

15/07/2020 19:31:44 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

Apakah perjanjian, termasuk hutang-piutang harus dibuat secara tertulis? Tidak. Karna meskipun hanya secara lisan sudah memenuhi kesepakatan sebagai salah satu syarat sahnya perjanjian. Tetapi lebih baik jika dibuat secara tertulis sebagai bukti nantinya jika diperlukan

16/07/2020 00:11:16 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

Apakah perjanjian tertulis baru mengikat & sah jika ada materai? Tidak. Kekuatan mengikat perjanjian ada pada kesepakatan kedua belah pihak. Sahnya perjanjian bergantung pada 4 syarat dalam Pasal 1320 KUHPerdata. Materai hanya berfungsi sebagai pajak dokumen

16/07/2020 00:11:17 WIB
🍓aaariesaferaaa🍓 @Annisabai

@fancysonsquilli Itu teori idealisnya mbak, kenyataannya itu yg minta utang masuk penjara wkwk gimana sih 😂😂😂

15/07/2020 22:08:59 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

@Annisabai Bukan sekedar teori idealis. Dia di proses dalam sidang pidana karena menjadi tersangka atas aduan pencemaran nama baik. Debitur atau org yg berpiutang tetap bisa menggugat secara perdata ke pengadilan. Kalo statment kakak diatas seolah-olah kedua proses, perdata (antara hutang-

15/07/2020 22:28:32 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

@Annisabai Piutang) dengan pidana (pencemaran nama baik) bisa di gabung. Ya ndak bisa gitu. Kompetensi pengadilannya saja berbeda

15/07/2020 22:29:46 WIB
🍓aaariesaferaaa🍓 @Annisabai

@fancysonsquilli Orang lagi nuntut hak nye, berujung dia masuk penjara. Tu gimane tu penjelasannye hah?! Plis ngerti ya

15/07/2020 22:33:21 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

@Annisabai Gini ya mbak. Dia memang menuntut haknya tapi gak melalui pengadilan, melalui sosmed kan? Semua orang berhak untuk itu dan sah-sah saja. Tetapi yg jadi masalah adalah dengan adanya pasal karet pencemaran nama baik di UU ITE. Kenapa karet? Karna delik dari pencemaran nama baik

15/07/2020 22:39:46 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

@Annisabai Itu subyektif dan cukup dinilai oleh org yg merasa tercemar nama baiknya. Sedangkan perkara hutang piutang, kompetensi ada pada pengadilan perdata. Kalo si embak yg lg menjalani proses persidangan gak pernah mengugat perdata ya gak akan di proses

15/07/2020 22:41:04 WIB
Squilliam Fancyson🌈 @fancysonsquilli

@Annisabai Ini juga kenyataan kak. Kenyataan kalo emang si yg punya utang lagi menjalankan proses tersebut dan tidak mengajukan atau belum mengajukan gugatan secara perdata ke pengadilan.

15/07/2020 22:42:30 WIB
Biksu tong @mandelsap

@ngurahsaka Alasan baru biar duit kita aman, 🐺 : bro,gw boleh pinjem duit ngga,minggu depan gw balikin 👦 : sorry bro gw ngga mau masuk penjara.

16/07/2020 05:27:41 WIB
Em Amir Nihat @Em_Amir_Nihat

@ngurahsaka Harusnya UU ITE Dicabut karena sudah terbukti UU hanya dipakai oleh org yg punya kuasa aja.. Terus bagaimana caranya UU ITE Dicabut? Coba kalian tanya pada Pak Presiden dan Para Anggota DPR?

15/07/2020 20:16:48 WIB
Leonardo Da Simin @faryanto515

@ngurahsaka Kelakuan kek mantan anak buah. Pamer rumah, pamer usaha, bilang hartanya milyaran, ujung2nya ngutang 40 juta, baru dibayar 20 juta udah 5 tahun sisa 20 juta gak dibayar2. Ditagih nguamuk-nguamuk. Tiap bulan says WAin, kirim pesen me Telegramnya ngingetin biar matinya barokah

15/07/2020 18:27:49 WIB
Muria Hartono @enjeeel_

@ngurahsaka Ok, mulai sekarang gw akan utang ke semua orang yg banyak, klo nagih gw cuekin, klo sampe update di sosmed gw akan tuntut pake UU ITE. terima kasih UU ITE

15/07/2020 16:48:52 WIB
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!