Selain Fernando Alonso, 4 Pembalap F1 Pernah Ini Turun Gunung dari Pensiun

Pengumuman mengejutkan hadir dari dunia F1 beberapa hari silam. Renault mengumumkan perekrutan pembalap kawakan, Fernando Alonso untuk musim 2021
0
URL bolaskor.com Fernando Alonso dan 4 Pembalap F1 yang Kembali dari Pensiun Selain Fernando Alonso, ini adalah daftar pembalap F1 yang pernah kembali dari pensiun. 65

BolaSkor.com - Pengumuman mengejutkan hadir dari dunia F1 beberapa hari silam. Renault mengumumkan perekrutan pembalap kawakan, Fernando Alonso untuk musim 2021.

F1 sudah mulai memasuki era baru. Meski saat ini masih dipegang oleh Lewis Hamilton, tetapi nama-nama muda macam Charles Leclerc, Max Verstappen, dan Lando Norris mulai mengincar posisi puncak.

Menariknya, di tengah nama-nama muda itu, mulai musim 2021 justru akan ada pembalap veteran yang turun gunung. Adalah pemenang dua gelar juara dunia F1, Alonso.

Kolaborasi yang menghasilkan gelar F1 2005 dan 2006, Renault dan Alonso, memutuskan reuni pada musim 2021 nanti. Pembalap asal Spanyol itu akan menggantikan Daniel Ricciardo.

Menariknya, Renault memilih untuk bekerja sama dengan Alonso yang sudah tidak beraksi di F1 sejak 2018. Padahal, di saat yang sama terdapat Sebastian Vettel yang didepak Ferrari.

"Saya tidak meragukan talenta Alonso, juga Vettel dan Valtteri Bottas. Namun, terdapat cara berpikir dan motivasi yang menjadi tolok ukur, selain itu waktu yang tepat," kata Bos Renault, Cyril Abiteboul, mengenai alasan memilih Alonso.

Menariknya, Alonso bukan satu-satunya pembalap F1 yang kembali dari masa pensiun. Berikut ini BolaSkor.com merangkum empat pembalap lainnya:

Niki Lauda

Pembalap yang kisahnya diangkat untuk film Rush, Niki Lauda, pernah memutuskan pensiun pada 1979. Saat itu, Lauda sudah meraih dua gelar F1 pada 1975 dan 1977.

Lauda mengumumkan pensiun dengan cara yang luar biasa. Pembalap asal Austria itu memutuskan pensiun di tengah uji coba F1 GP Kanada dengan mengatakan balapan bukan segalanya dan dia merasa bosan.

Saat pensiun, Lauda membela tim Parmalat yang menggunakan mesin Ford. Rupanya tiga tahun berselang dia kembali lagi, kali ini membela McLaren yang juga memakai mesin Ford.

Sempat kesulitan pada dua musim pertamanya setelah kembali ke F1, Lauda meraih titel juara dunia ketiganya pada musim ketiga. Masih bersama McLaren, dia memenangi F1 1984.

Michael Schumacher

Pada 2006, Michael Schumacher mengumumkan pensiun dengan titel pembalap F1 tersukses sepanjang masa. Schumacher mengantongi tujuh gelar F1 semasa pensiun.

Dua gelar F1 diraih Schumacher saat masih membela Benetton pada 1994 dan 1995. Sementara itu, lima lainnya bersama Ferrari sejak 2000 hingga 2004.

Empat tahun setelah pensiun, Schumacher yang saat itu berusia 40 tahun kembali beraksi di F1. Awalnya pembalap asal Jerman tersebut akan membela Ferrari, sebelum akhirnya bergabung ke Mercedes.

Schumacher menjalani tiga musim bersama Mercedes setelah kembali dari pensiun. Sayang, prestasi terbaiknya pasca turun gunung hanya menempati peringkat ketiga di F1 Sirkuit Valencia pada 2012.

Kimi Raikkonen

Sejak menjalani debut bersama Red Bull pada 2001, Kimi Raikkonen digadang-gadang bakal menjadi penerus Schumacher di F1. Apalagi setelah Raikkonen memenangi F1 GP Malaysia pada 2003.

Dalam perjalanannya, Raikkonen memang sukses menyabet trofi F1 pada 2007. Sayangnya berbagai hal membuat pembalap berjuluk Ice Man itu pensiun dari F1 tiga tahun berselang.

Saat itu, pembalap asal Finlandia tersebut memilih untuk berkarier di dunia balap selain F1. Tepatnya, Raikkonen membalap pada ajang NASCAR.

Tak butuh waktu lama bagi Raikkonen kembali ke F1, tepatnya hanya dua tahun. Sempat membela Lotus, prestasi terbaiknya adalah saat menempati peringkat ketiga bersama Ferrari pada 2018.

Felipe Massa

Kasus Felipe Massa menarik dibandingkan nama-nama lain dalam daftar ini. Pasalnya, Massa tidak sempat sampai benar-benar pensiun ketika memutuskan kembali beraksi di F1.

Pada September 2016 di Sirkuit Monza, Massa mengumumkan bakal pensiun dari dunia yang membesarkan namanya. Pemilihan Monza karena itu merupakan tempat Schumacher mengumumkan hal yang sama.

Akan tetapi, pensiunnya Nico Rosberg membuat Valtteri Bottas pindah dari Williams ke Mercedes. Alhasil, Williams yang juga tim Massa membujuk pembalap asal Brasil itu menunda pensiun.

Kondisi tersebut membuat Massa berubah pikiran. Menjelang F1 2017 berlangsung, mantan rekan satu tim Schumacher itu mengumumkan batal pensiun dan membalap untuk musim terakhirnya.

Sumber: Link

Comment

No comments yet. Write yours!