Created on App

Riwayatnya Lulusan Universitas Swasta Terkenal di Jakarta & Pernah Kerja di Perusahaan Ternama, Tapi Punya Gangguan Mental: Nimbun Sampah di Kamarnya

Ini gangguan jiwa
0
𝐕𝐚𝐢𝐨𝐫𝐞𝐭𝐭𝐨 𝐄𝐯𝐚̄𝐠𝐚̄𝐝𝐞𝐧 @ksiezyc26

SUMPAH GW KAGET BANGET BIASA LIAT DI BERITA SEKARANG LIAT SENDIRI DI KOSAN GW ADA ORANG YANG SELAMA INI TIDUR SAMA SAMPAH😭😭😭😭 pic.twitter.com/c5QfoMIsIS

12/07/2020 14:23:35 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Rapika @biang5in1

@ksiezyc26 Itu dia ada gangguan kejiawaan, nder. bilang ke ortunya atau buk kost suruh tlp ortunya, jgn langsung bilang gangguan jiwa, ceritain aja keadaan anaknya dikost, gausah dibuat thread ga guna juga kalo ga diimbangi dengan cara mengatasi

12/07/2020 16:04:17 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 Itu kelainan nder. Dlm dunia medis disebut hoaders, sebuah penyakit dmn penderitanya menimbun semua barang & sampah dlm ruangannya. Penderita akan marah/panik kl salah satu barang yg dia timbun hilang/dibersihkan. Mereka merasa terlalu sayang pd barang-barang yg dikumpulkan.

12/07/2020 16:34:16 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 FYI, seorang hoarder cenderung punya sifat yang labil, susah mengambil keputusan, dan kesulitan mengorganisir. Sebaiknya berkonsultasi pd psikolog/psikiater yg biasanya akan menerapkan solusi Cognitive Behavioural Therapy untuk mengenyahkan kebiasaan buruk menimbun tsb

12/07/2020 16:37:04 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 Penyebab perilaku ini belum diketahui secara pasti. Tapi ada tipe orang tertentu yang lebih berisiko menjadi penimbun, antara lain orang yang pernah mengalami peristiwa traumatis seperti ditinggal orang yang dicintai atau mengalami musibah, dan memiliki anggota keluarga yg hoader

12/07/2020 16:53:05 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 Kelainan ini jg dapat berhubungan dg pengabaian diri, yaitu pada orang2 dengan kondisi tertentu seperti tidak menikah/hidup sendiri, masa kecil yg suram/pun dibesarkan dlm rumah yg berantakan. Sehingga menimbun menjadi satu-satunya cara bagi penderita untuk merasa aman& tenang.

12/07/2020 16:54:29 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 Ada kalanya perilaku menimbun juga berkaitan dengan perilaku buruk lain seperti kecanduan belanja. Selain itu gangguan fungsi otak dan kelainan genetik juga menjadi beberapa penyebabnya

12/07/2020 16:55:29 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 Di samping itu menimbun barang seringkali berkaitan dengan kondisi-kondisi seperti: * Demensia, * Obsessive compulsive disorder (OCD), * Depresi, * Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif, atau attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) * Psikosis.

12/07/2020 16:55:56 WIB
HEBEN @wanheben

@bethanielle @ksiezyc26 Kalau yang suka ngepul ngepul barang. Contohnya ngepul masker termasuk sakit begini gakk??

12/07/2020 17:02:12 WIB
jualhiasandinding @surrrt95

@biang5in1 @ksiezyc26 Dari pada bikin thread mending bantuin dulu deh yak

12/07/2020 17:05:58 WIB
HEBEN @wanheben

@bethanielle @ksiezyc26 Waktu awal krisis pandemi kemaren kan banyak tu yang ngepul masker medis.. sampe harga melonjak maskernya.. Udah aah. Udah ilang lucunya 😅😭

12/07/2020 17:06:50 WIB
Iman post @WTSumarto

@ksiezyc26 Cerita disini gamasalah nder, sejatinya emang wanita butuh di dengerin. Selebihnya biar kami yang menyaring. Siapa tau kami disini bisa memberikan bantuan / solusi. :)

12/07/2020 17:40:47 WIB
Fajar @FajarDawnVirgo

@bethanielle @ksiezyc26 Sedikit koreksi hoarding Itu termasuk dalam kategori Gangguan (disorder) dan bukan termasuk dalam Penyakit (disease).

12/07/2020 17:46:29 WIB
ndae @wiindaae

@bethanielle ak gni tp ga semua sampah ku kumpulin, yg sekiranya bisa dipake lagi dan bisa didaur ulang atau ku buat DYI pasti ku simpen smpe byk bgt krna blm smpet bikin DIY itu. Kdg dimarahin krna nyimpen ‘sampah’ dlm kamar, dan ak jg prnh sedih gr2 bbrp brg itu dibuang sm orglain

12/07/2020 17:51:16 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 Oh ya ini menurut ilmu yg aku dapat ya. Dan koreksi hoaders adalah sebuah gangguan bukan penyakit (maaf salah menyebut diawal). Kemudian tolong bila kenal seseorang yg seperti itu segera diajak ke profesional psikolog/psikiater agar mendapat treatment yg sesuai.

12/07/2020 18:09:42 WIB
jual stationery stuff | shopee : missbethanielle @bethanielle

@ksiezyc26 Hoaders bisa membahayakan penderitanya apabila kamar/tempat tinggalnya menjadi tidak sehat. Banyak kasus diluar negri, hoader(sebutan penderitanya) rawan meninggal dunia saat terjadi konsleting listrik/kebakaran

12/07/2020 18:11:29 WIB
Fakhri Ilalang @esvite_50

@ksiezyc26 Tell the story as you wish. Don't do it because people's request. We can't guarantee the best audience experience, or giving you direct-immediate help. I suggest reaching for professional help for the best counselling-story telling experience. Hope you get well, soon ✌️

12/07/2020 18:15:03 WIB
amortentia @imawkay

@bethanielle @imyourgvrl @ksiezyc26 Sodaraku ada yg nyimpen semua barang dari jaman masih muda (skrg sekitar umur 65-an), baju + mainan anaknya juga masih ada semua dari jaman bayi padahal anaknya skrg umurnya udah 25. Itu termasuk kelainan juga gak sih? Atau emang "primpen" nyimpen barang?

12/07/2020 18:23:43 WIB
Beby Kale Lena @bebykl

@wanheben @bethanielle @ksiezyc26 Hahahah, aku ketawa sejak twit sebelumnya kok, Kak.

12/07/2020 18:28:25 WIB
Load Remaining (80)

Comment

No comments yet. Write yours!