Kisah Bung Karno Dalam Penjara Kolonial

“Yang paling menekan perasaan adalah pengasingan itu sendiri. Sering, saat malam telah larut, aku merasa seperti dimasukkan ke dalam kotak kecil berdinding batu yang begitu sempit, sehingga kalau aku merentangkan tangan, aku dapat menyentuh kedua sisi dari dindingnya,” kata Bung Karno. baca : https://koransulindo.com/di-banceuy-indonesia-menggugat-dari-atas-kotak-wc/
0
JasMerah @jaysiman1

Bung Karno pertama kali berurusan dengan hukum dan aparatus Hindia Belanda ketika ditangkap tanggal pagi buta tanggal 9 Desember 1929 di Yogyakarta. koransulindo.com/di-banceuy-ind…

12/07/2020 14:14:48 WIB

Bung Karno pertama kali berurusan dengan hukum dan aparatus Hindia Belanda ketika ditangkap tanggal pagi buta tanggal 9 Desember 1929 di Yogyakarta.

Ia segera dijebloskan ke ke Mergansan penjara untuk orang sakit, dan keesokan harinya diangkut mobil ke stasiun dan diboyong kereta ke Bandung. Ia dijebloskan ke Penjara Banceuy.

Penjara Benceuy kala itu adalah penjara kelas usang, bobrok dan kumuh yang dibangun pada abad 19. Penjara tersebut kala itu digunakan untuk mengurung dua jenis tahanan, tahanan pepetek  dan tahanan politik. Pepetek merujuk pada ikan murah yang dimakan orang miskin. Sebutan khas itu juga untuk merujuk ransum tahanan yang berupa nasi beras merah dan sambal.

Selengkapnya : Di Banceuy ‘Indonesia Menggugat’ dari Atas Kotak WC

Comment

No comments yet. Write yours!