Fakta-fakta Mencengangkan Tentang Blobfish, Ikan 'Terjelek' di Dunia yang Penampilannya Kaya Alien

Saat diajak keluar dari lingkungannya yang normal yakni laut dalam, blobfish terlihat bulat serta lembek karena tidak ada tekanan air yang menahan bentuk tubuhnya.
1
Rizal do ↺ @afrkml

♂️ — A Ners who loves Astronomy and Writing — Follow for Health and Astronomy Threads' Update — Terran

Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Ini adalah dua foto ikan yg sama. Namanya Psychrolutes marcidus, atau lebih dikenal sbg Blobfish a.k.a ikan terjelek di dunia. Perbedaannya: frame kiri adalah wujud asli habitatnya pada kedalaman 600-1.200 meter, sedangkan frame kanan adalah wujud ketika diangkat ke permukaan pic.twitter.com/7Ocws0nxji

08/07/2020 17:45:14 WIB
Expand pic
Expand pic
𝒔𝒆𝒏𝒚𝒖𝒎 𝒅𝒐𝒏𝒈 @butterscootchh

@afrkml betullll wkwkwk blobfish kl dibawa ke atas permukaan laut jd kayak gepeng gt krn tekanan gaya gravitasiii trs struktur tubuh blobfish jg di dominasi sm gelatin trs tulang rangkanyanya sedikit makanya jadi kayak lembek xixi

08/07/2020 18:00:37 WIB
𝒔𝒆𝒏𝒚𝒖𝒎 𝒅𝒐𝒏𝒈 @butterscootchh

@miniminoya hi kak, sebelumnya itu bukan bulu, krn hewan yg berbulu itu aves (unggas). ini aku insert gambar yg lebih jelas dr national geographic channel. organnya gak hilang kok itu msh keliatan, cm emg bentuknya berubah. kmungkinan bntuk adaptasi ikannya. tlg koreksi kl salah ya. thx 😊🙏 pic.twitter.com/uwIHfnZQlm

08/07/2020 22:11:31 WIB
Expand pic
Expand pic
Radith @rfrdtyORI

@butterscootchh @afrkml Kayaknya kebalik deh, bukan karena banyak tekanan tapi karena sedikitnya tekanan di permukaan dibandingkan dengan kedalaman laut.

09/07/2020 00:03:29 WIB
𝒔𝒆𝒏𝒚𝒖𝒎 𝒅𝒐𝒏𝒈 @butterscootchh

@fathan_daulay @afrkml hai kak, sori ya aku baru buka twtr hehe. iya kok ini bener. maaf, maksud aku tadi tuh krn tekanan air, bukan tekanan gaya gravitasi 😭😭 aku salah tulis. jd krn tekanan airnya semakin keatas permukaan semakin rendah, jadi mempengaruhi bentuknya dia itu 😭😭 makasih koreksinya🙏

08/07/2020 21:56:41 WIB
ᴘᴀʙᴏʏᴀ @miniminoya

@butterscootchh Ah.. thank you buat penjelasannya, sama sekali ga paham soalnya, biasanya liat foto blobfish yg udah di permukaan aja, ga pernah liat yg masih di dalam air jadi kaget ternyata bentuknya beda hehe 😅

09/07/2020 01:01:51 WIB
fathan @fathan_daulay

@butterscootchh @afrkml Tpi bukannya tekanan di dasar laut jauh lebih tinggi daripada di permukaan laut ya? Tekanan di kedalaman 1000 m aja bisa nyampe 99 atm, atau 99x tekanan di permukaan laut. Jadi gw mikirnya malah karena ga ada tekanan yg besar makanya tubuh ikannya jadi luber2 wkwk.

08/07/2020 20:44:28 WIB
a$ap slim @aldyfrn

@fathan_daulay @butterscootchh @afrkml Ada penjelasannya. Makhluk hidup di kedalaman ekstrim, komposisi organ & tubuhnya beda. Mereka cenderung mengandung lebih banyak air, dan sedikit gas. Makanya bisa tahan tekanan kedalaman, karena tubuhnya emg ga tertekan :) Itulah kenapa kalo dibawa ke darat jadi luber.

08/07/2020 21:37:53 WIB
a$ap slim @aldyfrn

@fathan_daulay @butterscootchh @afrkml Gampangnya gini deh. Paus kan bernapas pake paru-paru. Nah karena tubuhnya lebih padat & punya ruang untuk udara, dia bakal merasa sesak karena tertekan kalo di kedalaman ekstrim. Makhluk2 akhirnya beradaptasi dengan komposisi tubuh yang lebih lunak.

08/07/2020 21:39:50 WIB
Anakgembala @sairdhani

@afrkml Jadi penasaran wujud asli ku pada kedalaman 600-1.200 meter

08/07/2020 18:12:53 WIB
hape kentang @ijatfariza

@sairdhani @afrkml Kemungkinan pecah si, karna tekanan. pernah nonton Underwater mereka bergerak ke inti bumi pake baju kaya astronot gitu kena tekanan air malah pecah badannyaaa. Hiks

08/07/2020 19:34:03 WIB
dante @internetmain

@afrkml Ada istilah nya dekompresi buat para penyelam...lah ikan yg biasa di laut dalam begitu diangkat ke permukaan bukannya tersiksa dengan sangat menyakitkan???

08/07/2020 19:10:38 WIB
Pluviophile @anggialandegent

@internetmain @afrkml Itu makanya kita sebagai manusia adalah makhluk paling serakah dan kejam 🙂

08/07/2020 21:19:15 WIB
Rexy Ambarwati @AmbarwatiRexy

@afrkml Aku sampe gugel si blopfish karena penasaran lho. Kok aku kesian liat wujudnya pas diambil dari habitatnya yak? Melas banget. pic.twitter.com/GviEfVIHRs

09/07/2020 04:31:31 WIB
Expand pic
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

@AmbarwatiRexy Nih mbak dah dijelaskan sama yg lebih paham. Ikan ini emg tercipta utk tahan dg tekanan 99 atm. jd kalau diangkat ke permukaan, tekanannya berkurang 99x kali yg menyebabkan badannya menjadi lembek twitter.com/aldyfrn/status…

09/07/2020 04:37:15 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

@AmbarwatiRexy Kalau dibalik, kita makhluk darat masuk ke dalam laut bertekanan 99 atm, ya ancur kita. Kaya kaleng yg diremes2 sampai mengecil, gepeng, dan ga berbentuk wkwkwk

09/07/2020 04:38:09 WIB
fullsun day @haepeellyy

@afrkml Suka banget sama ikan ini. Karena wkwkwk Kaya ikan itu, dia kalo keluar dari lingkup nya bentuknya g karuan karena tekanan segala macem. Dan dia bentuknya baik kalo di lingkupnya. Sama kaya manusia. Dia takut untuk keluar zona nyaman karena takut gagal. Apasih wkwkw

08/07/2020 19:26:16 WIB

Fakta-fakta tentang Blobfish

1. Menjadi hewan terjelek di dunia dalam voting online pada tahun 2013
The Ugly Animal Preservation ingin membuat maskot baru pada tahun 2013. Organisasi ini lantas membuat voting online, apakah hewan terjelek di dunia yang pantas menjadi maskot baru mereka.

Sebanyak 795 dari 3000 suara memilih blobfish sebagai hewan paling jelek di dunia mengalahkan pubic lice, aquatic scrotum frog, dan proboscis monkey.

2. Terlihat seperti ikan kebanyakan ketika berada di laut dalam
Saat diajak keluar dari lingkungannya yang normal yakni laut dalam, blobfish terlihat bulat serta lembek karena tidak ada tekanan air yang menahan bentuk tubuhnya.

Sebaliknya, blobfish akan terlihat seperti ikan pada umumnya ketika berada di laut normal karena tubuh gelatinnya menjadi lebih terstruktur. Hal ini disebabkan adanya tekanan air di laut dalam.

3. Ditemukan pada tahun 2003 dan langsung diberi nama "Blobfish"
Blobfish adalah nama asli dari ikan yang satu ini sejak ditemukan oleh manusia. “Mr. Bobby” menjadi julukan pertama dari ikan blobfish yang pertama kali ditemukan oleh para peneliti saat ekspedisi NORFANZ, yang berada di Norfolk Ridge, Selandia Baru.

4. Tidak mempunyai kerangka nyata dan otot kecil
Sebagian besar daging blobfish adalah gelatin yang dilengkapi dengan tulang lembut dan halus. Gelatin inilah yang berfungsi untuk bisa bertahan hidup pada lingkungan bertekanan tinggi. Selain itu, gelatin juga berfungsi sebagai pengapung di atas dasar laut dengan kedalaman yang ekstrem tanpa memerlukan banyak energi.

5. Tidak mempunyai gelembung renang
Berbeda dengan ikan laut pada umumnya, blobfish tidak memiliki gelembung renang sebagai daya apung dan gerak. Ikan ini, menggunakan dagingnya yang lembek untuk bergerak.

6. Tidak mempunyai gigi
Blobfish tidak mempunyai gigi sehingga makanan yang dikonsumsinya hanyalah bakteri mikroskopis dan makhluk laut yang kecil.

7. Predatornya hanyalah manusia
Dilansir Fact Animal, musuh abadinya hanyalah manusia yang secara tidak sengaja menangkap blobfish di jaring pukat laut dalam.

8. Bukan ikan yang biasa disajikan di meja makan
Dari laman Facts Net, dituliskan bahwa blobfish mempunyai rasa yang hambar. Di samping itu, proses penangkapannya pun terbilang sulit. Karena itulah, para nelayan lebih memilih menjaring ikan laut lain yang lebih enak dan mudah ditangkap.

9. Sabar menanti makanan datang menghampiri
Hingga saat ini, belum pernah ada yang melihat ikan blobfish mencari makanannya. Namun ada kemungkinan jika ikan ini lebih memilih untuk diam dan sabar menanti makanannya datang sendiri.

10. Reproduksinya masih menjadi misteri
Sampai sekarang belum ada peneliti yang dapat mengetahui secara meyakinkan bagaimana reproduksi dari blobfish. Yang pasti, si betina dapat menghasilkan ribuan telur berwarna merah muda di dasar laut.

Setelah itu, betina atau jantan akan menjaga telur-telurnya karena blobfish tidak berada di dekat tanaman laut atau gua. Tapi tetap saja proses perkawinannya masih menjadi misteri.

11. Masuk ke dalam budaya pop culture
Meskipun baru ditemukan, blobfish mampu menginspirasi seniman budaya pop dalam berkarya. Seperti Michael Hearst, penulis dan musisi yang membuat lagu berjudul “Blobfish” dalam album Songs for Unusual Creator di tahun 2012.

Gak hanya itu, blobfish pun pernah menjadi cameo dalam film Men in Black 3 bersama dengan alien-alien yang unik.

URL IDN Times 11 Fakta Menarik Ikan Blobfish, Hewan "Terjelek" Berwajah Alien Sempat dinobatkan sebagai hewan terjelek di dunia lho 1

Comment

No comments yet. Write yours!