Brompton of Alam Sutera Bagikan Tips Merawat Sepeda Lipat Agar Tetap Awet!

Komunitas yang dibentuk oleh Rudy Gunawan bersama ketiga rekannya ini, membagikan tips merawat sepeda lipat Brompton
0
URL Side.id Brompton of Alam Sutera Bagikan Tips Merawat Sepeda Lipat Agar Tetap Awet! Komunitas Brompton of Alam Sutera yang dibentuk oleh Rudy Gunawan bersama ketiga rekannya ini, membagikan tips merawat sepeda lipat Brompton 6

Side.id - Brompton of Alam Sutera Serpong (BOAS) merupakan komunitas sepeda Brompton yang sudah berdiri sejak 2017 lalu. Komunitas ini rutin menggelar gowes bareng ke Jakarta setiap minggunya.

Komunitas yang dibentuk oleh Rudy Gunawan bersama ketiga rekannya ini, membagikan tips merawat sepeda lipat Brompton. Meski dikenal sebagai sepeda mahal, namun perawatan Brompton tidak sesulit yang dibayangkan.

Menurut Rudy, Brompton sama dengan sepeda lipat lainnya dalam hal perawatan. Meskipun harganya lebih mahal dari sepeda lipat lainnya, tetapi untuk merawat sepeda Brompton kamu tidak perlu repot-repot alias cukup melakukan perawatan sederhana saja.

"Sebetulnya nggak ada sih (perawatan spesial), cuma kan mungkin karena ini steel ya, jadi kalau misal kena hujan harus langsung dilap atau dibersihin biar nggak karatan," ujar Rudy kepada Side.id saat acara gowes bareng ke Journey To The South Kemang, Sabtu (4/7/2020).

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Humas BOAS Henry Adhi Nugraha. Ia mengatakan, tips merawat sepeda lipat Brompton memang tidak memerlukan cara yang merepotkan.

"Sebetulnya sih sama saja, paling usahakan supaya tidak kena air (air hujan atau cipratan), kalau pun kena ya harus langsung dilap atau dibersihkan, kemudian ya rajin juga diservis (komponennya)," ujar Henry.

Sepeda lipat Brompton memiliki beberapa komponen utama yang harus diperhatikan, seperti bagian rem, ban, dan rantai. Ketiga komponen tersebut bisa dikatakan sebagai fondasi utama yang perlu diperhatikan.

Pada bagian rem, kamu harus memperhatikan bagian permukaan brake line agar tetap bersih, sehingga kinerja pengereman tetap optimal. Selain itu, tujuannya adalah supaya umur kampas rem dan velg lebih awet dan tahan lama.

Selain itu, bagian ban juga wajib diperhatikan karena menjadi satu-satunya komponen yang menyentuh permukaan jalan. Pastikan tingkat tekanan ban tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Jika terlalu rendah, sepeda akan lebih berat saat digowes. Sementara jika terlalu tinggi, nantinya stabilitas dan daya serap terhadap getaran bakal berkurang.

Tips merawat sepeda lipat Brompton lainnya adalah memperhatikan komponen rantai sepeda. Komponen yang satu ini juga tidak kalah penting, karena mempengaruhi kenyamanan saat bersepeda. Saat bersepeda, rantai pastinya akan terkena kotoran di jalan. Dengan begitu, kamu harus sering membersihkan rantai jika ada kotoran menumpuk. Setelah dibersihkan, oleskan rantai dengan pelumas.

Meski harganya fantastis, tips merawat sepeda lipat Brompton tidak memerlukan tenaga ekstra atau biaya yang besar. Kamu hanya cukup membersihkan beberapa komponen penting di sepeda secara rutin. Selain lebih awet, sepeda Brompton kamu juga harus bersih dan tampil ciamik saat diajak gowes bersama teman-teman.

Sumber: Link

Comment

No comments yet. Write yours!