Buat yang Suka Bingung, Ini Cara Mengetahui Arah Mata Angin di Jogja

biar gak bingung kalo pergi ke Jogja! @tumbenlucu
0
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Cara mengetahui arah mata angin di Jogja A thread. pic.twitter.com/fwj6cWve5E

02/07/2020 21:54:34 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Pernah ga kalian waktu di Jogja dikasih petunjuk menuju suatu lokasi pake acuan arah mata angin? 👩 : Mas kalo mau ke Terminal Giwangan lewat mana? 👨 : Walah, gampang mbak. Dari sini mbak lurus ketimur, ketemu lampu merah nanti keselatan, nanti ditimur jalan. 👩 : 😵😵😵???

02/07/2020 21:59:23 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Tapi sebelum lanjut, kalian harus hapal dulu arah mata angin dalam bahasa jawa, karena ini super duper basic, kalo kamu masih bingung membedakan, nanti bakal susah juga kedepannya. Rumus 4N : Ngalor/Lor = Utara Ngetan/Etan = Timur Ngidul/Kidul = Selatan Ngulon/Kulon = Barat pic.twitter.com/lw8LygoGGo

02/07/2020 22:13:21 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Selain itu juga harus tau patokan yang sering banget dipake masyarakat lokal : Bangjo = Lampu merah Prapatan = Perempatan Protelon/pertelon = Pertigaan Dronjongan = Turunan Gepuro/Gapuro = Gapura kampung Wit = Pohon Mlebu = Masuk Cakruk = Pos ronda Plang = Tanda penunjuk pic.twitter.com/ya9LUMbiwI

02/07/2020 22:30:52 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Hal yang paling simpel dan semua orang Jogja lakukan ketika buta arah adalah mencari "Gunung Merapi" Ketika badanmu mengarah ke Gunung Merapi, berarti kamu sedang melihat kearah utara. pic.twitter.com/QF4te8CeKk

02/07/2020 22:35:08 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Selanjutnya apabila kamu gabisa liat Gunung Merapi, kamu bisa lihat arah matahari. Matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat. Misal ketika kamu menghadap ke arah matahari di pagi hari, brarti kamu sedang menghadap kearah timur. pic.twitter.com/utIe8KjAWx

02/07/2020 22:42:34 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Mencari arah dengan bayangan sekitar. Contoh : Asumsikan gambar ini di ambil di jam 2 siang, bisa di lihat arah bayangan mereka menuju kearah kita, dan matahari ada di belakang punggung mereka. Oleh karena itu bisa dipastikan kameramen nya menghadap kearah barat. Paham? pic.twitter.com/1hRRDIKfVx

02/07/2020 22:55:08 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Contoh lagi : Asumsikan gambar ini diambil jam 10 pagi, bisa di lihat bayangannya ada didepan badan kita, itu berarti matahari ada dibelakang kita. Nah disini bisa disimpulkan kalian sedang menghadap ke arah barat. Jangan sampai lupa soal arah terbit dan tenggelamnya matahari! pic.twitter.com/PYVrpCUKoG

02/07/2020 22:59:21 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Gunakan arah kiblat masjid. Ketika kamu berada di dekat masjid, coba lihat arah kiblatnya. Ingat kiblat arahnya barat laut, tapi anggep aja itu arah barat. Ketika kamu menghadap kiblat : - Tangan kananmu adalah utara - Tangan kirimu adalah selatan - Belakangmu adalah timur. pic.twitter.com/yJSeA4R4L9

02/07/2020 23:08:42 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Lanjut.... Kebetulan jalan jalan besar yang ada di Jogja ini arah nya rata rata lurus sesuai arah mata angin, kalo ga membujur utara-selatan ya barat-timur, hanya beberapa jalan aja yang dia agak serong arah jalannya.

02/07/2020 23:13:06 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Jalan yg arahnya utara-selatan : - Ringroad barat - Jl Kabupaten - Jl Magelang - Jl Monjali - Jl Kaliurang - Jl Gejayan - Jl Seturan - Ringroad timur - Jl Gedong kuning - Jl Veteran - Malioboro - Jl Tamansiswa - Jl Hos Cokroaminoto - Jl Imogiri - Jl Bantul - Jl Parangtritis - dll pic.twitter.com/kGXz6e5BeJ

02/07/2020 23:27:15 WIB
Expand pic
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Jalan yg arahnya barat-timur - Ringroad utara - Jl Selokan mataram - Jl Colombo - Jl Jogja-Solo sampai tembus Jl. Godean - Jl Kusumanegara sampai tembus Jl. Wates - Jl. Wonosari - Jl MT Haryono (Jokteng kulon) sampai tembus Jl Perintis kemerdekaan (XT Square) -Ringroad selatan pic.twitter.com/hRjCQTR6ex

02/07/2020 23:35:13 WIB
Expand pic
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Lanjuttt..... Elevasi suatu jalan. Kalo kamu ngrasa jalan yang kamu lalui semakin menurun (walaupun nurunnya dikit) berarti kamu sedang menuju kearah selatan. Karena di sisi utara ada Gunung Merapi, dan di selatan ada Pantai Parangtritis, itulah kenapa sisi utara lebih tinggi. pic.twitter.com/SMR7iiPP6Q

02/07/2020 23:48:24 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Tapi soal elevasi jalan, itu ga semua berlaku, karena bentang alam di pinggir kota Jogja berbeda beda

02/07/2020 23:48:24 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Berpatokan pada rel kereta selokan mataram Yogyakarta dibelah oleh rel kereta dan selokan mataram yang arahnya barat-timur. Jadi misal ketika kita sedang menyebrangi rel kereta, berarti kita sedang menuju ke arah utara/selatan. pic.twitter.com/wcDcswaBXS

03/07/2020 08:26:17 WIB
Expand pic
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Bab selanjutnya adalah mengartikan petunjuk arah dari warga lokal. 👧 : Permisi pak, kalo mau ke Gacoan Colombo lewat mana ya? 👴 : Seko bangjo ngalor, ketemu bangjo meneh ngulon, mengko kidul dalan. 👧 : Nggih maturnuwun. pic.twitter.com/SVnrpUJtpV

03/07/2020 09:15:13 WIB
Expand pic
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Setelah kita diberi petunjuk arah,kita hafalin dan artiin dulu petunjuknya. Misal: Jawa : Seko bangjo ngalor, ketemu bangjo meneh ngulon, mengko kidul dalan. Indonesia : Dari lampu merah keutara, ketemu lampu merah lagi belok kebarat, nanti lokasinya selatan jalan.

03/07/2020 09:15:14 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Setelah itu kita cari tau mana arah mata anginnya dengan cara yang aku jelasin di awal apabila udah dapat patokan arah mata anginnya lalu kita bikin peta perkiraan di kepala (Mengawang-awang). Pertama : Dari lampu merah kearah utara pic.twitter.com/YSY8qeX2lm

03/07/2020 09:15:22 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Kedua : Setelah kamu berjalan keutara dan ketemu lampu merah, nanti belok ke barat. Karena dalam mata angin, arah kebarat itu adalah kirinya utara, berarti kita harus belok kiri. pic.twitter.com/XsjD3M2jDh

03/07/2020 09:15:28 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Ketiga : Setelah kita belok kiri/kebarat, badan kita pun menjadi kearah barat juga. Ingat clue terakhir? "Lokasinya selatan jalan". Ingat,kalo kita sedang menghadap ke barat, itu artinya arah selatan berada di sebelah kiri kita. Berarti lokasinya ada di sebelah kiri jalan. pic.twitter.com/s4ki0pXPJw

03/07/2020 09:15:36 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Setelah udah ada gambaran, baru kita lanjutkan perjalanan menuju lokasi.

03/07/2020 09:15:36 WIB
A B A N G • G R E P @PenjahatGunung

Kira kira seperti itulah kompas alam dan pembacaan arah khas kota Jogja. Ketika awal masuk Jogja pasti bingung sama petunjuk arah yang diberikan oleh warga lokal, tapi ga masalah, nanti lama kelamaan hafal kok. Semoga nanti misal dpt jodoh orang Jogja, kalian ga buta sama arah 😂

03/07/2020 09:20:52 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!