Gak Heran Kalau Bayi Di Sana Usia 3 Bulan Jam Tidur Malamnya Sudah Penuh: Pengalaman Membesarkan Anak ala Orang Prancis yang Jauh Berbeda Dengan di Indonesia

Thread by: @sheikarauf
19
#masakdemikonten @belindch

Tutorial cara menidurkan anak dalam waktu <30 menit. Orangtua seberapa banyaknya pun anaknya masih ga bisa mastering ilmu ini Wkwkwk

06/07/2020 11:44:24 WIB
#semuapakaimasker @adekumala

@belindch Dibahas di buku ini. Bayi2 Perancis udah bisa 'tidur sendiri semalaman' sejak usia 3 bulan. Nyesel aku bacanya telat, tips-nya jd gak berguna lagi 😅 pic.twitter.com/32mvLJkTcB

06/07/2020 14:35:09 WIB
Expand pic
Sheika Rauf @sheikarauf

@adekumala @belindch Ini bayi2 dari lahir juga udah dipisahin dari orangtua nya kan. Punya kamar sendiri dan gak buru2 digendong kl nangis tengah malem

06/07/2020 15:01:58 WIB
#semuapakaimasker @adekumala

@sheikarauf @belindch Yup, mereka dilatih utk menghubungkan siklus tidurnya sendiri. Kalo nidurin jg sebaiknya gak pake digendong/diajak naik mobil dll. Kalau kebangun anaknya kaget krn gak dlm keadaan semula. Bayangin kalau kita yg tadinya tidur di kasur trus bangun2 di kamar mandi 😅

06/07/2020 15:12:22 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

@adekumala @belindch Yesss. Termasuk soal makan. Anak2 prancis termasuk yang paling tertib soal makan. Makan di meja makan gak sambil lari2an atau mainan yg lain. Makan ya makan. Krn itu sblm umur 3 tahun anakku udah bisa makan sendiri. Org prancis sangat menghargai waktu makan. Dinikmatin banget

06/07/2020 15:15:58 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Housewife | Blogger sheikarauf.com |Founder of @familygoers | Investor | Yoga Teacher RYT 200 Yoga Alliance |Newbie freediver | 25 countries & counting |

sheikarauf.com

Sheika Rauf @sheikarauf

Baca twit nya mba Ade ini, mau cerita ah pengalamanku besarin anakku ala prancis sampe usia nya 3 tahunan. Anakku lahir di Paris sampe usia nya 3 tahunan, dititip di daycare dari bayi. Jadi pola asuh anakku banyak terpengaruh ala prancis. #parentingsheika twitter.com/adekumala/stat…

06/07/2020 15:24:31 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Begitu lahir di RS, bayi gak pernah dipisah dari ibunya. Si ibu&ayah dituntut harus bisa ngurusin bayinya segala hal dari umur 0 hari. Gantiin popok dari poop nya masih cairan item, mandiin bayi dari kulit masih merah banget. Wastafel mandiin bayi ada di kamar....

06/07/2020 15:29:32 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Suster ngajarin cuma sekali. Ngajarin mandiin, gantiin popok, nyusuin, dll. Selebihnya dateng ke kamar cuma buat periksa ibu&bayi.Semua kelahiran normal dibantu bidan. Dokter kandungan baru dilibatkan jk kehamilan bermasalah&butuh sectio.Jd sectio ini sifatnya darurat

06/07/2020 15:33:36 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Saya diajarin gendong bayi dengan posisi bayi telungkup dan diberdirikan, bukan terlentang. Bayi dari lahir tidak dibedong, saya juga ga pake gurita. 3 bulan pertama bayi boleh menyusu sepuasnya. Setelah 3 bulan dijadwalin 4 jam sekali. Spy ga mentil...

06/07/2020 15:39:38 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

bayi dibiasakan sadar ketika menyusui.Kl bayi tertidur sedang menyusu,dibangunkan dgn dipukpuk pipinya perlahan. Sampai payudara ibu kosong, berarti proses menyusui selesai. Mulut bayi hrs dilepas dari puting&langsung diletakkan di tempat tidur. Jd ga terbiasa mentil atau ngemut

06/07/2020 15:44:38 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Begitu pulang dr RS, bayi diletakkan di kasurnya sendiri. Byk yg sudah memisahkan bayi di kamarnya sendiri. Kl nangis tengah malam, bayi gak buru2 digendong. Tp harus dipastikan popoknya gak basah, ruangan tidak panas. Ada teman saya yg bnr2 nyuekin bayi nya kl nangis tengah mlm

06/07/2020 15:48:22 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Jadi gak heran kl bayi2 prancis biasanya begitu lewat usia 3 bulan, jam tidur malam nya sudah penuh. Gak terbangun lagi di malam hari kecuali dalam kondisi khusus.

06/07/2020 15:50:31 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

MPASI pertama yg dianjurkan dokter utk bayi adalah SAYUR. Entah itu buncis, wortel, brokoli yg dihaluskan. Dikenalkan satu per satu. Bayi boleh dititip di daycare begitu usianya 6 bulan. 6 bulan pertama harus full bersama ibunya. Cuti melahirkan di prancis jg lumayan panjang

06/07/2020 15:55:42 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Di daycare, bayi tidak digendong2 ketika menyusu dengan botol. Di usia ini, bayi diajarin megang botol susu nya sendiri sambil duduk di kursi bayi. Ada jadwal nya. Begitu juga dengan makan. Bayi nya duduk, makanan ditaro di meja. Di usia ini bayi masih disuapin

06/07/2020 16:01:32 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Milestone bayi benar2 diperhatikan di daycare. Jadi daycare bukan hanya tempat penitipan anak trus kelar. Di sini bayi jg belajar. Belajar tertib makan,belajar berteman,belajar merapikan, dll. Ortu begitu jemput di sore hari pasti selalu diajak ngobrol dulu sm pengasuh daycare

06/07/2020 16:05:15 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Soal gantiin popok juga tertib pd tempatnya.Bukan di mana saja. Ini sgt berpengaruh ketika toilet training. Toilet training harus dilatih sebelum bayi berusia 3 tahun. Krn di usia 3 tahun, anak mulai masuk TK. Syarat masuk TK adalah bisa pipis sendiri di toilet&bisa makan sendiri

06/07/2020 16:10:38 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

3 tahun pertama sy takjub dengan milestone anak sy. Begitu pulang ke indonesia, berasa lebih mandiri dibandingkan dgn anak2 usia nya dan lebih pede banget. Gak maluan atau sungkan. Nyapa orang lain lebih dulu, ngajak salaman, tiba2 suka sok akrab sama org lain.

06/07/2020 16:15:46 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Sy beruntung sih. Ga perlu repot2 gugling soal parenting. Negara udah ada pakem nya dan edukasi lewat RS, daycare, sekolah. Oh ya daycare ini ada yg punya negara, ada yg swasta. Yg punya negara disubsidi. Alhamdulillah sy kebagian daycare punya negara

06/07/2020 16:19:02 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Usia 3 tahun, anak sy sudah lepas popok dan bisa makan sendiri tertib duduk di meja. Gak lari2an. Krn dari bayi sudah dibiasakan. Pernah suatu hari sepupunya makan ngedeprok di lantai, dia malah ngerasa aneh trus nanya kenapa sepupunya makan di lantai, kan ada meja. 😅

06/07/2020 16:37:01 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Dari bayi anak juga dibiasakan dengan kata “tidak.” Dan orangtua juga harus konsisten. Jadi anak sudah familiar dengan larangan. Efeknya, ga susah ngelarang anak2 ketika tambah besar. Anak jadi sadar aturan. Gak ada tuh istilah, “ah namanya juga anak2.”

06/07/2020 17:23:11 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Berasa banget di prancis, negara hadir ketika membesarkan anak saya. Begitu pulang ke indonesia kaya dilepas di hutan belantara. Semua harus diupayakan sendiri. Jadi ortu di indonesia harus punya inisiatif tinggi utk mengedukasi diri soal parenting dan butuh duit banyak 😔

06/07/2020 18:03:18 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

guru2 & staff yg bekerja di daycare, sekolah, kampus milik negara di Prancis dilarang memakai simbol2 agama seperti hijab,kalung salib, kippah (peci yahudi),dll & dilarang mengajarkan ajaran agama. Yg ingin ditanamkan sejak kecil hanyalah french civilization, bukan dogma agma.

06/07/2020 20:09:50 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Jd orang dewasa yg terdidik dgn sistem pendidikan prancis dari lahir sampe dewasa punya karakter yg mirip2. Template nya emang udah begitu. Gak ada itu beda orangtua, beda karakter anak. Karena negara sangat berperan dalam membentuk karakter anak menjadi seorang warga negara

06/07/2020 20:51:14 WIB
Sheika Rauf @sheikarauf

Ini anak saya waktu di crèche, penyebutan untuk daycare di Paris. Begitu masuk waktu makan, bayi2 duduk di kursi bayi sambil pegang botol nya sendiri. Kakak yg lebih besar di meja makan. Tertib banget. Pengasuh tinggal ngawasin aja, paling bantu2 dikit. pic.twitter.com/VkOtmSVI81

07/07/2020 07:31:25 WIB
Expand pic
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!