Created on App

Berujung jadi Polemik dan Perdebatan Panjang, Pro & Kontra Pendapat Kenapa RUU Kekerasan Seksual Harus Disahkan Bukan Dibatalkan Pembahasannya

Panjang lebar kekerasan seksual nih
0
Cak Nadi @mnadielmadani7

Baca-baca Draf RUU PKS— karena masuk bidang studi saya—memang dari awal sudah ada ketidaktegasan/ketidakjelasan definisi. Ini dak boleh terjadi, karena dapat melahirkan multitafsir. Seperti yg saya kasih garis. Maksud, "bertentangan dgn kehendak seseorang" itu bagaimana? Utamanya pic.twitter.com/Z6yhyWGem2

02/07/2020 14:15:26 WIB
Expand pic
Cak Nadi @mnadielmadani7

Bila berkaitan dgn hubungan suami-istri—RUU ini juga menyasar kekerasan seksual dalam rumah tangga. Apakah tanpa alasan yg logis, kehendak seseorang dapat dibenarkan semua? Misalnya, istri tdk mau melayani suami karena malas.

02/07/2020 14:17:53 WIB
Cak Nadi @mnadielmadani7

Alasannya, cuma males aja. Orangnya sehat, tdk capek, dll. Cuma males aja dalihnya. Apa dapat dibenarkan? Jika tidk tegas seperti definisi di atas maka akan menimbulkan banyak problem dalam hubungan suami-istri. Dlm Islam sendiri, istri tak boleh menolak tanpa ada alasan yg

02/07/2020 14:20:45 WIB
Cak Nadi @mnadielmadani7

legal dan dibenarkan oleh syariat. Misal, sakit atau keletihan karena membantu suami bekerja/mengurus anak.

02/07/2020 14:22:22 WIB
Cak Nadi @mnadielmadani7

Banyak, ya, yg tidk tegas. Pada pasal 12 ini ukurannya malah pake perasaan. Wah... Repot ini. Terus pada Pasal 16, juga tdk tegas dan klo dipahami dgn baik Pasal tersebut melegalkan sex bebas. Artinya, klo sama², setuju dak masalah meski blm menikah. Sebaliknya, sudah menikah pic.twitter.com/pPqNRUS81P

02/07/2020 14:30:00 WIB
Expand pic
Cak Nadi @mnadielmadani7

Pun klo tidak setuju atau tidk sesuai kehendak, maka dapat disebut pemerkosaan. Wah... Maut banget klo gitu. Yg dalam keluarga resmi bisa amburadul gara² RUU di atas dan yg tidak resmi malah diberi keuntungan.

02/07/2020 14:31:54 WIB
Cak Nadi @mnadielmadani7

Jadi, klo kita perhatikan pasal-pasal yg ada, tetap tidak ada ketegasan tentang "bertentangan dengan kehendak seseorang". Dan klo dipahami terbalik (mafhum mukhalafah) malah bisa melegalkan sex bebas. Dari sini, RUU ini mmg patut kita tolak seblm ada ketegasan definisi.

02/07/2020 14:34:25 WIB
Cak Nadi @mnadielmadani7

Yang pro RUU ini juga melakukan semacam playing victim, ya. Yg ditonjol-tonjolkan cuma soal tujuan RUU ini yg kayaknya mulia bgt, pro korban lah, anti kekerasan lah, dll. Kita jgn tertipu karena sudah sah jadi UU, bisa repot sendiri. Sebab itu, kita harus kritis. Salam. 🙏

02/07/2020 14:38:41 WIB
Agus Mulyadi @AgusMagelangan

Nggak ada itu ceritanya RUU PKS melegalkan sex bebas, Mas. Dengan atau tanpa RUU PKS, hubungan seksual suka sama suka antara dua orang yg tidak terikat pernikahan saat ini memang tidak bisa dipidana kecuali ada pengaduan dari istri/suami/keluarga. twitter.com/mnadielmadani7…

02/07/2020 20:53:33 WIB
Biru Is Blue @biru_is

@mnadielmadani7 Rajam aja biar tegass!! pake dalih nikah sirii bisa bebas Atau lempar dr bukit batu Dijamin tegass!!

02/07/2020 21:02:25 WIB
Agus Mulyadi @AgusMagelangan

Tanpa RUU PKS pun, hubungan seks tanpa ikatan nikah asal sama2 setuju dan tanpa aduan itu ya memang tidak masalah secara hukum. RUU PKS itu hadir salah satunya untuk mengatur payung hukum terhadap kekerasan seksual pada pasangan yang sudah menikah maupun yang belum.

02/07/2020 21:04:12 WIB
Imam Budi Prasetyo @imam_bepe

@AgusMagelangan Setuju, sebelom ada RUU PKS pun yg namanya hub seksual suka sama suka ato dgn sukarela gak bisa dipidanakan. Krn masuk dlm delik aduan, klo ada yg mengadukan (pasangan resmi/keluarga dgn adanya saksi mata) baru deh bisa kena proses pidana. Kenapa yg ditembak malah RUU PKS yah 🤔

02/07/2020 21:05:26 WIB
Agus Mulyadi @AgusMagelangan

Sesederhana itu. Nggak usah jauh-jauh diplintir jadi “melegalkan seks bebas”. Sebab selain nggak nyambung, itu juga ra mashooook.

02/07/2020 21:05:50 WIB
:) @aji___zzzz

@imam_bepe @AgusMagelangan Lama2 LGBT bakal dilegalkan itu yg jadi polemik mas, org yg melarang LGBT bakalan jadi org yg melakukan tindakan kriminal

02/07/2020 21:16:17 WIB
trizshprmt @trizshprmt

@AgusMagelangan Nah, yang ini yg banyak org gk tau bahwa seks tanpa ikatan nikah tidak melanggar pidana apapun, kecuali ada laporan pasangan nikah dari salah satu atau salah dua pelaku seks tanpa ikatan tersebut. Yg ada malah hukum sosial, biasanya sih diusir warga

02/07/2020 21:16:23 WIB
Sasustus @sasustus

@AgusMagelangan Mau nambahin juga mas. Pelacuran yang dilakukan secara individu tanpa melalui germo juga gak ada payung hukumnya. Kalo ada yang nangkapin pelaku pelacuran, mereka juga bertindak seenaknya tanpa dasar hukum.

02/07/2020 21:38:01 WIB
Khoir @nymerialyne

@AgusMagelangan kalo sama sama suka di bolehkan ko dulu banyak yang di grebek kosan kosan

02/07/2020 21:43:26 WIB
Cinnamon Roll @aaayenk

@AgusMagelangan Bener. Singkatnya yg digugat masnya ini adalah ranah privat yang aturannya ya lebih ke norma, nilai agama, dst dst. Kalau secara agama Islam ya emang ga boleh lah, cetho. Beda sama payung hukum. Sangat ribet kalau negara ngurusi sak njobo njerone wong urip.

02/07/2020 21:52:14 WIB
Ana Natalia @prue_annat

@AgusMagelangan @mouldie_sep Yg nolak RUU PKS ini biasanya cm 2: 1. Gk pernah baca sama sekali isinya 2. Baca tapi terus memahaminya pake sudut pandang mrk sendiri Jd ujung2nya ya tetap aja nolak

02/07/2020 21:54:28 WIB
Load Remaining (122)

Comment

No comments yet. Write yours!