Bantahan Dari Video Viral yang Mengklaim Bahwa Air Kemasan Le Minerale Tinggi Zat Besi dan Bisa 'Nyetrum'

Beredar sebuah video yang mengklaim bahwa air kemasan bermerek Le Minerale mengandung besi dan berbahaya jika dikonsumsi.
1
Kantin SEHATI @kantin_sehati

Ini hrs di jelaskan oleh BPOM, apakah bener! Kalau benar, pantasan mutu kesehatan Rakyat Indonesia dibawah standar! Rasio pemikirannya cm bisnis tp kesehatan tdk diutamakan! pic.twitter.com/LjxlqtWdMY

04/07/2020 00:05:56 WIB
Maalik Avicheena @nugrahaApt

@_LexWu @EllephantzD Namanya air mineral Tubuh kita perlu mineral ; jenisnya ada makro dan mikro Makro : Magnesium, fe/besi, kalsium Fungsi utk perbntkan sel darah merah, tulang, kontraksi otot Mikro : selenium, yodium Pembtkan enzim2, mengatur thyroid dll So...dont worry Keep healthy

04/07/2020 03:00:42 WIB
Akbar_ltd @LtdAkbar

@_LexWu Mineral Fe itu bgs utk tubuh dlm skala 1 ppm max. Meningkatkan HB. Namanya juga air mineral, ya hrs mengandung mineral. Kl gak mengandung mineral namanya RO, air destilasi aquades atau aquabides. Biasa dipakai utk alat2 lab agar tdk bereaksi dg zat yg akan direaksikan.

04/07/2020 02:53:21 WIB
Akbar_ltd @LtdAkbar

@_LexWu Dari PH air mineral bisa ketahuan seberapa besar konsentrasi mineralnya. Tp yg paling efektif pengujiannya dg spektrofotometer utk kuantitatif. Kl utk kualitatif, tinggal tambahkan H2SO4. Kl ada endapan berarti ada Fe atau zat besi. Ini kimia saat SMA kan?

04/07/2020 02:59:28 WIB
aidil izzy @aidyll_nusation

@LtdAkbar @_LexWu Mohon pentjerahan Bang,kl air mineral hrs mngndung fe...terus yg berupa endapan itu pengertiannya fe atau beai secara nyata? Gimana dgn air tanah/bor/sumur,apa fe nya rendah?

04/07/2020 08:38:37 WIB
Akbar_ltd @LtdAkbar

@aidyll_nusation @_LexWu Endapan itu biasanya senyawa (gabungan bbrp unsur). Sedangkan fe yg dimksd itu ion. Kadar fe bergantung daerahnya. Ada yg rendah ada yg tdk. Ujinya hrs kuantitatif. Ke Labkesda di tiap daerah jg bs.

04/07/2020 11:26:00 WIB
aidil izzy @aidyll_nusation

@LtdAkbar @_LexWu Pointnya kl diuji sprti trit Bang @wu_lex di ☝ semakin cerah lampu ataupun ga ngefek thdp lampu,gimana?Batasannya yg mau diliat kadar fe...bukan unsur besi/kawan2nya.

04/07/2020 12:00:48 WIB
Akbar_ltd @LtdAkbar

@aidyll_nusation @_LexWu @wu_lex Aku gak paham kekmana cara kerja lampu itu. Apakah air sebagai konduktor atau penghantar listrik atau kekmana, aku gak tau.

04/07/2020 12:23:11 WIB
Anton Podolsky @oketon

@_LexWu @Mang_Aldo Marketing ....awas nanti ditawarin produk alat mesin dispenser khusus untuk mensterilkan air supaya tdk nyala dilistrik,sy pernah ditawarin demikian,hrga 6jutaan...,persis metode penjelasannya,kalo org baru tau ekspresinya O besar, kalo yg sdh paham paling ..o..kecil,

04/07/2020 02:38:11 WIB
Ju̶n̶ @kaoshitam

@oketon @_LexWu @Mang_Aldo Kocak liat alat pertama yang dipaké buat ngetes, kalo beneran kayak gitu, apa ga konslet itu rangkaiannya pas dimasukin ke air?

04/07/2020 10:46:29 WIB
Muhammad Hasan @emha_baraja

@_LexWu Itu menunjukkan si pembicara gk ngerti kimia. Air yg mengandung mineral -> menghantarkan listrik. Semakin terang lampu -> BUKAN berarti banyak besinya, melainkan banyak mineralnya. Apa jenis mineralnya, uji lab. Itu biasa dilakukan untuk jualan produk, atau endorse produk kesehtn

04/07/2020 06:38:07 WIB
Namaku A @nambahsahabat

@_LexWu @PawiroSuto itu Air RO....tanpa mineral , ya jelas listrik ga bisa lewat. Lha nilai conductivity rendah dibawah 40 uS Listrik bisa lewat jika conductivity lebih dari 100( redup) dan 200 uS akan nyala terang lampunya. Namanya juga air mineral, ya pasti ada kandungan besi, dll yg diijinkan

04/07/2020 02:09:52 WIB
Merdi Iskandar @masmerdi

@_LexWu Namanya juga air mineral, sesuai yang tertera di kemasan, iklan dan izin BPOM. Itu artinya air yang difortifikasi/diperkaya/ditambah mineral dan mineral itu yang mengantar listrik.

04/07/2020 11:41:43 WIB
Merdi Iskandar @masmerdi

@_LexWu Kalau air tanpa mineral dianggap sebagai air yang paling baik untuk tubuh, minum saja air aki botol biru. Itu air tanpa mineral.

04/07/2020 11:43:55 WIB
Deddy Priok @DeddyPriok

@_LexWu Ni mah spertinya sales yg lg promosiin barang dagangannya.

04/07/2020 01:00:15 WIB
Kantin SEHATI @kantin_sehati

@DeddyPriok Nah kalau begitu... salesnya hrs ditangkap! Menciptakan keresahan!

04/07/2020 01:01:16 WIB
Muhammad Hasan @emha_baraja

@_LexWu Klo mau tahu kadar mineral, lakukan uji lab. Tidak bisa dgn listrik. 1. Cleo tdk menghantarkan listrik, Krn memang air demineral (tdk mengandung mineral). 2. Le minerale menghantar listrik, krn banyak mineralnya. Bukan berarti cuma besi, klo mau tahu jenis mineralnya, uji lab!

04/07/2020 06:34:40 WIB
Tanwardy Sihite @t4n_2015

@_LexWu @AyaAyeesha Air mineral itu pasti ada minerlanya. Sifatnya conductive, diukur dengan skala siemens. Kalau air murni itu demineralized water (air sadah) justru ga bagus buat diminum. Contoh, air tambahan aki. Ini yg nguji kompetensinya apa ya?

04/07/2020 02:33:43 WIB
Sendy A. @AnggriawanSend1

@_LexWu Menurut permenkes nomor:416/MENKES/PERIX/1990 kabar besi maksimum di air minum 0,3 mg/L. Sekarang tinggal di cek aja sesuai apa nggak dgn standar itu. Cara ceknya juga penting, harus dgn metode yg valid

04/07/2020 11:27:26 WIB
RudySt @RudySt6

@DenJoko80003331 @_LexWu Air yg baik bagi tubuh memang yg banyak mengandung mineral. Air Zam-Zam, air gunung semua penuh mineral. Justru air murni itu cocoknya utk tambah air aki.

04/07/2020 11:13:27 WIB
XyZ @sangpelajar45

@_LexWu Ini kalo ada yg percaya bener2 ga tau lagi harus gimana. Kalau bisa nyalain listrik hanya pake gitu, pasti sudah dibikin pembangkit listrik pake dilarutin besi banyak2 ke air. Suram bgt lah..

04/07/2020 06:34:52 WIB
Nina Mayoni Siregar @nina_mayoni

@_LexWu @NKRIndonesia79 Sy jg pernah di demo yg beginian. Ujung2nya emang di tawarin mesin air minum. Ibu sy ngga ngerti akhirnya beli itu mesin hrgnya 16 jt an. Dgn merk Ad****e. Air dari tanah bisa lsg di minum setelah di proses dlm dispenser tsb. Belakangan sy tau namanya mesin RO. Skrg gak di pakai.

04/07/2020 07:27:00 WIB
Arief Rahman @aipsun

Semua produsen AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) itu harus memenuhi SNI terkait AMDK, memenuhi Permenkes soal Kualitas Air Minum dan mendapat nomor registrasi BPOM sebelum produknya rilis kepasaran. Kagak usah nyebarin hoax lu twitter.com/_LexWu/status/…

04/07/2020 09:39:30 WIB
Dyah W. Saptarini @dw_saptarini

@nugrahaApt @_LexWu @EllephantzD Benar, sdh diklarifikasi, "Air demineralisasi (yg tidak menyala) justru tdk baik bagi tubuh. Teknologi air demineralisasi atau yg sering disebut sebagai 'air kosong' (tidak bernutrisi) digunakan secara luas utk mengolah air pada pabrik pembuatan aki" liputan6.com/cek-fakta/read…

04/07/2020 10:37:08 WIB
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!