"Ribuan CV udah gue kirim, satu pun kenapa ga ada yg dipanggil sih??" Bocoran dari HRD Alasan dan Faktor-faktor Kenapa CV Kita Tak Kuncung Dipanggil

Thread by: @ezash
1
Eza Hazami @ezash

HR Content Creator #HRVlogger • Recruiter • Gaming nerd • Metalhead • KTM RC 200 Pilot • For business purpose: ezahazami@gmail.com

youtube.com/EzaHazami

Eza Hazami @ezash

"Ribuan CV udah gue kirim ke HRD, satu pun kenapa ga ada yg dipanggil sih?? 😭" Well, ini perspektif saya sebagai HRD. Semoga thread ini membantu temen2 jobseeker yg lagi kesulitan selama pandemi ini 😊 RT! 🔥 pic.twitter.com/S0eDMf5Zie

03/07/2020 19:08:56 WIB
Expand pic
Eza Hazami @ezash

1.LAMARANMU GAK SESUAI Siapa yg masih suka pake metode email blast dan pake prinsip "Ah siapa tau rejeki!"? Sebenernya ga ada salahnya, tapi kan HRD nyari orang juga ada kualifikasi Asli, spamming lamaran yg ga sesuai kualifikasi tuh bikin kesel juga tiap screening kandidat :( pic.twitter.com/fG0C9yem9N

03/07/2020 19:11:57 WIB
Expand pic
Eza Hazami @ezash

Saran saya, lihat dan baca baik2 setiap requirement atau kualifikasi yg dibutuhkan di lowongan kerja tersebut Kamu masuk semua kualifikasi? Selamat, silahkan apply Kamu cuma punya beberapa yg sesuai kualifikasi? Oke boleh dicoba, tapi kamu ga jadi prioritas ya. Kamu harus paham pic.twitter.com/L9h3SEj5vm

03/07/2020 19:14:51 WIB
Eza Hazami @ezash

2. Kamu kerendahan, alias underqualified Kalo paham kualifikasi, lihat baik2 minimum requirements. Buat posisi apa? Kalo fresh grad/punya pengalaman 1-3 tahun, mau ngelamar posisi entry level, masih ok Buat supervisor atau manajerial? Rasanya sulit. Jadi disesuaikan aja ya 😊 pic.twitter.com/6FflW7aNC0

03/07/2020 19:19:59 WIB
Expand pic
Eza Hazami @ezash

Kecuali kamu ngelamar untuk posisi MT atau ada jalur percepatan karir, ya Rasanya FG bisa banget buat ke level manajerial, apalagi kamu orang yg superior dan excellent. Kalo gitu kasusnya, rasanya masih bisa di consider kayak bahasan kemaren di @hrdbacot pic.twitter.com/xQmZZ4ZyaW

03/07/2020 19:22:42 WIB
Eza Hazami @ezash

3.Kalo ini kebalikannya, alias overqualified Ketika ada lowongan & kamu melebihi requirement mereka, HRD biasanya maju mundur nih buat manggil kamu Satu sisi pasti yakin banget sama kemampuan kamu. Satu sisi lagi, biasanya salary expect kamu melebihi budget Jadinya gambling 😂 pic.twitter.com/ch166Tfw0Q

03/07/2020 19:29:10 WIB
Expand pic
Eza Hazami @ezash

4.DETAIL LAMARANMU ADALAH KOENTJI Sering banget nih lamaran atau CV yg nulis pengalaman/data diri ga detail Padahal penting ini biar HRD mencocokkan background kamu dengan job yg lagi dibuka Ga percaya? Coba liat CV yg ada di #BiroKerja Banyak banget yg ga detail, gatel! 😂 pic.twitter.com/4K3kLbF4gE

03/07/2020 19:32:17 WIB
Expand pic
Eza Hazami @ezash

Contoh, Sales Farmasi dan Sales Rokok Posisinya sama2 Sales, tapi tentunya scope pekerjaan, area yg dia pegang, detail pekerjaan dan tanggung jawabnya berbeda Pentingnya menulis detail ya gitu kira2, biar HRD gak salah rekrut karyawan hanya karena memiliki pengalaman yg mirip2 pic.twitter.com/PXkEWrLKHe

03/07/2020 19:34:22 WIB
Eza Hazami @ezash

5.Setiap tahun, jumlah manusia dan jobseeker bertambah Setiap tahun sekolah pasti meluluskan murid2nya, setiap tahun manusia juga beranak terus, jumlahnya semakin banyak Semakin ngeri memang pertarungan kita di dunia kerja ini. Belom lagi yg dari lulusan PTN ini, itu, dll~ pic.twitter.com/Uc7aaxZiNJ

03/07/2020 19:36:50 WIB
Expand pic
Eza Hazami @ezash

Terus harus gimana? Kuncinya ada 3: 1.Persiapkan diri dengan berkas lamaran yg di update, ikutin free seminar yg bisa nambah ilmu baru 2.Jalin relasi&koneksi seluas2nya, ke siapa aja, karena 'orang dalam' adalah kunci 3.Kencengin ikhtiarmu, dan yakin rezekimu adalah milikmu :) pic.twitter.com/YwNV9cPMrB

03/07/2020 19:40:17 WIB
Expand pic
Eza Hazami @ezash

----End of Thread---- Jangan lupa next week ada video baru di channel Youtube saya yg ngebahas bikin CV efektif cuma dalam 10 menit Bakalan jadi konten terbaik sepanjang masa lah pokoknya 😄 Subscribe aja dulu di: youtube.com/EzaHazami Semoga bermanfaat, folks!

03/07/2020 19:42:31 WIB
bruh @xsunflo

@ezash Mirip mirip thread @fierza sedikit sih tapi hahha

03/07/2020 23:45:30 WIB
Eza Hazami @ezash

@ihopeuokay Basic knowledge as an HR emang begini sih ya, bukan paten satu orang kok 💁🏻‍♂️

03/07/2020 23:50:37 WIB
𝑹𝒆𝒈𝒚 @abanghalal

@ezash Bang, apakah body email juga mempengaruhi sebagai "first impression" melamar kerja via email? Dan ada contohnya ngga yang baik dan benar kayak gimana? Makasih.

03/07/2020 19:41:48 WIB
pris @Pristi_ns1

@abanghalal @ezash Bantu jawab,Pernah di up di youtube bang eza yg judulnya "5 hal yg harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja" coba di tonton

03/07/2020 20:07:36 WIB
𝑹𝒆𝒈𝒚 @abanghalal

@Pristi_ns1 Siaap makasih yah, langsung meluncur ke yutub.

03/07/2020 20:30:34 WIB
Qi @oreoblueberryy

@fuckpple @ezash @customerbacot Mungkin habis ini kamu ada panggilan interview. Semangat!!!

03/07/2020 23:50:52 WIB
rebahandirumahaja @tikaciadeh

@ezash bang eza, kenapa kalo perusahaan menolak pelamar gak ada konfirmasi ke pelamar? Kan kasian nungguin harap2 cemas

03/07/2020 19:52:50 WIB
usman junami🇮🇩 @UJunami

@tikaciadeh @ezash bantu jawab. biasanya dikasih clue waktu, misalnya "akan kami hubungi 1 minggu lagi", kalo udah ga dikabarin dalam rentang waktu itu, artinya kamu tertolak. memang sepertinya begitu etika dalam komunikasi (bisnis), kak.

03/07/2020 23:19:14 WIB
Sonny Martin @sonnymartin

@ezash 1. Usaha 2. Doa 3. Orang dalam Wkwkwk 💨🍃

03/07/2020 22:34:26 WIB
ckpanggabean @ckpanggabean

@ezash 6. Jangan dikit2 bilang “orang dalam”. Mental kok tempe amat 7. Untuk CV, quality > quantity. Kalo lo cuma habiskan waktu 5 menit untuk apply 1 pekerjaan, lo ga cukup serius dan niat untuk dapetin job itu.

03/07/2020 22:52:06 WIB
Lidia Simanjuntak @LidyaCAS

@ckpanggabean @ezash Coba meluruskan, "orang dalam" ga selalu bermakna negatif mas. Contohnya fungsi "orang dalam" adalah bisa merekomendasikan kandidat atau ngasih informasi ada lowongan di kantornya. Bukan cuma buat mulusin proses rekrutmen sih. Selama fungsinya bener, gaada salahnya punya org dlm

04/07/2020 09:51:17 WIB
Nxnja @paktuajenzkin

@ezash w brusan udh smpe interview user bng,,, tpi w pesimis bgt buat lolos ke medical checkup

03/07/2020 19:11:07 WIB
Load Remaining (14)

Comment

No comments yet. Write yours!