Permata yang Dipaksa Hengkang Dari Tanah Kelahirannya: Kisah Pedih Tong Sin Fu aka Fuad Nurhadi, Aset Bulutangkis yang Jadi Korban Politik Dalam Sejarah Olahraga dan Dibuang Indonesia

Indonesia pernah kehilangan sosok besar di dunia bulutangkis setelah Tong Sin Fu dengan sangat terpaksa akhirnya harus pindah ke China sebagai pelatih.
3
A. Ainur Rohman @ainurohman

Sports Editor at Jawa Pos l Views my Own

A. Ainur Rohman @ainurohman

*Orang tuanya memberi nama, Tong Sin Fu. *Orang Tiongkok memanggil, Tang Hsien Hu. *Dia memilih 'nama Indonesia', Fuad Nurhadi. Siapapun namanya, dia adl korban politik rasisme paling berengsek dlm sejarah olahraga Indonesia. Permata yg dipaksa hengkang dari tanah kelahiran.. pic.twitter.com/EgLAXOtyVZ

01/07/2020 12:22:21 WIB
Expand pic
Expand pic
A. Ainur Rohman @ainurohman

Utk menghormati kehebatan Tong Sin Fu, saya menulis 3 artikel scr bersambung. Ini adl artikel yg pertama. Bgm dia membentuk generasi emas tunggal putra Indonesia yg menyapu bersih medali Olimpiade 1992 dan menempatkan pemain kita di ranking 1-8 dunia. jawapos.com/sports/01/07/2…

01/07/2020 12:26:14 WIB
URL JawaPos.com Tong Sin Fu: Pencetak Generasi Emas, Ditolak Negeri Kelahiran (1) Tong Sin Fu sudah pensiun sebagai pelatih pada 2010. Walau sudah satu dekade mundur, namun kiprah dan metode kepelatihannya masih terus menginspirasi. 262
A. Ainur Rohman @ainurohman

Sbg pelatih, Tong Sin Fu adalah sosok yg detail, memiliki mata yg sangat tajam, disiplin, keras. Dia punya insting yg mampu mengenal pemainnya luar dan dalam. Sin Fu bs membuat pemainnya patuh menjalankan semua program krn dia seakan mampu memberikan jaminan: menjadi juara.

01/07/2020 12:30:11 WIB
A. Ainur Rohman @ainurohman

Di artikel itu, mas @arbismash menjelaskan kepada saya metode dan jadwal latihan luar biasa Tong Sin Fu. ..dan kepergian Sin Fu pada 1998 mjd titik awal merosotnya tunggal putra Indonesia. Juga menjadi titik balik kehebatan Tiongkok lewat pemain terbaik sepanjang masa, LIN DAN.

01/07/2020 12:33:28 WIB
A. Ainur Rohman @ainurohman

Besok dan lusa pd jam yang sama, saya akan membagikan tulisan lain. Pertama soal sentuhan Sin Fu yg berhasil menciptakan dua ganda putri No 1 dunia dan membuat Indonesia meraih Piala Uber 1994 dan 1996. Kedua, soal pengaruh tak langsung Sin Fu kpd kehebatan ganda putra kita.

01/07/2020 12:37:26 WIB
. @syakilamilaa

Lagi nyari artikel lama Lin Dan dan salah satunya muncul nama Tang Xianhu aka Fuad Nurhadi. Mantan pelatih pelatnas cipayung dan juga yg pernah mengantarkan Lin Dan jadi nomor 1 dunia. Blew my mind. Hold up, i'm still processing. pic.twitter.com/LAtMxqnBsi

08/04/2019 19:21:08 WIB
Expand pic
. @syakilamilaa

Tang Xianhu, kelahiran Teluk Betung, Lampung, 13 Maret 1942. Sukses mempertemukan All Indonesian Final di Olimpade. Lalu setelah berhenti di Indonesia, ia kembali ke China dan mengantarkan Lin Dan hat-trick juara dunia, dan emas Olimpiade Beijing.

08/04/2019 19:29:34 WIB
Yvonne 黄依欢 @stefanyvonne

@ainurohman Pernah baca cerita sejarah dia, rasanya nyesek banget. Udah bantu kasih sejarah bulutangkis Indonesia malah kena PHP terus akhirnya didepak. SKBRI ini salah satu bukti rasisme zaman Orba dulu, dan ngikut masih terdampak juga dari ini pas jaman kecil dulu

01/07/2020 13:21:37 WIB
A. Ainur Rohman @ainurohman

@stefanyvonne Tidak cuma PHP. Sebagai orang Indonesia, dia juga ditipu dan dihinakan...

01/07/2020 13:23:19 WIB
Yvonne 黄依欢 @stefanyvonne

@ainurohman Urus 1x aja udah butuh waktu lama, ini suruh bolak balik ngurus dari awal. Coba kalau dia bisa dijadikan WNI, bulutangkis Indonesia pasti sejarah kejayaannya makin panjang apalagi di MS

01/07/2020 13:25:37 WIB
ngyojiw @ngyojiw

@ainurohman kakeknya datang dari china juga, jadi sejatinya dia jg milik china.. sama seperti kakek Natsir, Hendra , Gideon , Kevin.. chinese blood in them make them ice cold and bring glory to indonesia..

01/07/2020 13:23:52 WIB
A. Ainur Rohman @ainurohman

@ngyojiw Tapi dia lahir di Indonesia. Anak2nya lahir di Indonesia. Dia sudah memberikan semuanya untuk Indonesia. Dia ingin tinggal dan mati di Indonesia. Dan akhirnya dia ditipu dan dipaksa pergi dari Indonesia.

01/07/2020 13:27:17 WIB
ngyojiw @ngyojiw

@ainurohman yah menyedihkan sih, kalau saya juga pasti pindah ke china.. rasanya gak diapresiasi juga..lucunya dari zaman dulu sampai skrg, jarang bangat pelatih china yang pindah ke negara lain...

01/07/2020 13:35:18 WIB
Ok @Kamyl_Aly

@ainurohman Dia masih bisa bahasa indonesia gak ya?

01/07/2020 13:26:32 WIB
A. Ainur Rohman @ainurohman

@Kamyl_Aly Ya jelas lah. Dia lahir di sini dan kemampuan itu nggak mungkin hilang. Malah dlm beberapa tahun, dia kesulitan di Tiongkok krn dia nggak lancar bahasa mandarin.

01/07/2020 14:00:16 WIB
🍼 @y0loo

@ainurohman kenapa sih olahraga harus ada campur tangan politik? :(

01/07/2020 12:23:39 WIB
Angela Melati @angelamelati

@y0loo @ainurohman Semua aspek kehidupan di Indonesia harus berbasiskan politik, hasilnya ya dinikmati ketika ada krisis seperti pandemi ini 😬 apalagi "cuma" bidang olahraga, banyak bidang2 strategis lain jg jd amburadul krn terlalu politis. Politik = kekuasaan + uang. Syapa yg tdk syukak

01/07/2020 12:30:50 WIB
Mas Owob @Owobwashere

@ainurohman Masih ga terima kl inget status WNI Susi Susanti dulu dipermasalahkan, padahal sumbangan utk bulutangkis Indonesia ga terkira. Sekarang ngasih status naturalisasi ke pemain sepakbola yg ga jelas asal usulnya segampang beli cilok

01/07/2020 13:52:13 WIB
Gemintang 💫 @lavaniica

@Owobwashere @ainurohman Dan udah ngasih naturalisasi kayak cilok pun ngasih juara di kelas asia tenggara pun ga bisa, kok miris sekali memang

01/07/2020 14:13:09 WIB
Agung Laksono @agunglaksnoo

@ainurohman Sedih banget waktu baca berita tentang beliau, emang udah paling bener beliau tinggal dan jadi WN Tiongkok udah dijamin semua sm pemerintah sana.

01/07/2020 12:35:38 WIB
Oktavianus Yoppi @YoppiOktavianus

@BadmintonTalk Tang Xianhu/Tong Sin Fu itu salah satu pelatih yang disia-siain sama indonesia, orang Lampung. pemain2 legend Indonesia banyak yang dilatih dia, udah mau jadi WNI ditolak terus sampai akhirnya ke tiongkok trus ngelatih di sana. 😢

20/09/2019 15:33:19 WIB
Senin bin Kamis @mhridwanharis

@ainurohman Tanpa beliau mungkin Lin Dan ga bisa jadi Super Dan

01/07/2020 12:28:50 WIB
Oktavianus Yoppi @YoppiOktavianus

@hendrik28893243 @OlgaLy_DIA Tong Sin Fu (Tang Xianhu) ya, yang dulu latih Ardi B Wiranata, Alan Budikusuma, sampai Hendrawan, mau jadi WNI sampai keluar uang puluhan juta, ditolak terus, akhirnya pilih balik ke Tiongkok. Beliau yang latih Lin Dan sampai dapet medali emas olimpiade.

10/02/2020 23:38:52 WIB
Load Remaining (25)

Comment

No comments yet. Write yours!