Makna Filosofis Yang Terkandung Dalam Nasi Tumpeng dan Tradisi Potong Puncaknya Terlebih Dahulu yang Ternyata Keliru

Ternyata Keliru Potong Bagian Puncak Tumpeng Terlebih Dulu, Ini Alasannya
3
R. DWIKA 🚧 @rizkidwika

(kb.) Balajær. Makhluk Tuhan Paling S̶e̶k̶s̶i̶ Bekasi. Mengetwit tentang arsitektur, sejarah, perkotaan, hingga jagat showbiz Indonesia.

linktr.ee/warung.arsiteg

R. DWIKA 🚧 @rizkidwika

@HarianKompas hari ini memuat artikel dan infografis tentang tumpeng. Wow, ternyata banyak banget simbolismenya. Tiap komponen punya makna, beda lauk beda artinya. *laporan ke pak @BiLLYKHAERUDIN dan pak @arieparikesit, pertanda sudah membaca* pic.twitter.com/RuEe5urfVB

30/06/2020 12:00:06 WIB
Expand pic
Good News From Indonesia @GNFI

Wajib Tahu, Makna Filosofis Yang Terkandung Dalam Nasi Kuning Dibalik lezatnya nasi tumpeng tersimpan filosofi yang bermanfaat bagi kehidupan, sebagai orang Indonesia kita wajib untuk melestarikan filosofi tersebut dan mengimplementasikannya dalam kehidupan kita. pic.twitter.com/hssmS6puYu

04/03/2020 12:15:08 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
R. DWIKA 🚧 @rizkidwika

Banyak ragam, banyak kegunaan, banyak kandungan makna. Kepikiran aja ya orang dulu ya... Ini bentukan tumpeng yang unik dan baru gue tahu. Mungkin kalo gue meninggal, gue berwasiat dibikinin ini: pic.twitter.com/7hahlVoyNz

30/06/2020 12:03:49 WIB
Expand pic
R. DWIKA 🚧 @rizkidwika

Terus gue juga kaget liat varian tumpeng warna biru. Ini kalo dipake minta maaf ke pasangan apakah bole Pak @arieparikesit? Kalo si doi marah, kita kirimin tumpeng... pic.twitter.com/9qkrbcQo3v

30/06/2020 12:05:26 WIB
Expand pic
R. DWIKA 🚧 @rizkidwika

Apakah selama ini kita salah cara makan??? 😂 pic.twitter.com/iAptl0njbv

30/06/2020 12:07:45 WIB
Expand pic
Laila Dimyati @lailadimyati

Hai Dwika. Memotong tumpeng dr bagian atas sepertinya dipopulerkan pejabat era orde baru, yg lalu disiarkan TVRI, hingga tradisi makan tumpeng dr bawah berubah jadi seperti potong kue ala barat. Aku inget alm. eyang putri resah melihat itu sambil bilang: ora ilok. Jangan di tiru. twitter.com/rizkidwika/sta…

30/06/2020 12:20:57 WIB
Laila Dimyati @lailadimyati

Krn tumpeng (yen meTU kudu memPENG), adl makanan penuh filosofi, mk sudah seharusnya cara makannya juga sesuai aturan mainnya: dari pinggiran bagian tengah, terus dikeruk hingga bagian atas kolaps, dan jatuh ke bagian bawah. Saat kolaps ini disebut "Manunggaling kawulan gusti"

30/06/2020 12:25:38 WIB
Laila Dimyati @lailadimyati

Yaitu "bersatunya" Tuhan dgn manusia. Yg mungkin terjemahannya adl bahwa hubungan antara manusia & Tuhan mnjd sangat dekat. Krn dlm filosopi tumpeng, bagian paling atas hanyalah sebutir nasi, yg merepresentasikan Tuhan Yang Maha Esa. Sementara di bagian bawah adl manusia yg fana

30/06/2020 12:29:28 WIB
Dea Yogaswara @dea_yogaswara

@lailadimyati Kalau makan dari bawah, kadang lauknya abis duluan. Ada yg ngambil telor 2, ayam 2, perkedel 2. tempe 3 sendok nasinya setengah centong. Sedih lah.

30/06/2020 19:22:05 WIB
Laila Dimyati @lailadimyati

@dea_yogaswara Kalo itu kak bisa jadi yg bikin lauknya agak pelit 😜

30/06/2020 19:25:43 WIB
Dea Yogaswara @dea_yogaswara

@lailadimyati Kadang lauk masih banyak, nasi masih banyak. Sambel nya dicolong divisi lain. Udah ditep in buat tim dia. Kurang ajar kan.

30/06/2020 19:32:16 WIB
Laila Dimyati @lailadimyati

@dea_yogaswara Lain kali jangan mau kalah. Umpetin sambelnya duluan! 💪

30/06/2020 19:34:58 WIB
🐘⃢⃢🦧⃢🦘⃢🐁⃢🦄⃢🐓⃢🐎 banyak hewan nih @sinisamakelinci

@lailadimyati @kukusisiayam Wah aku baru tau ternyata ada filosofi nya , ilmu bagus nih mba , kalo tentang makanan di pinggir nya / lauk nya ada filosofi nya juga nda ?😅

30/06/2020 15:27:52 WIB
Laila Dimyati @lailadimyati

@sinisamakelinci @kukusisiayam Ada. Utk singkatnya, utk tumpeng selamatan (yg biasa kita makan adl tumpeng selamatan), isiannya harus ada protein hewani & nabati (biasanya urap). Utk yg hewani hrs ada setidaknya 1 yg hidup di darat (sapi, telur) , 1 hidup di laut (ikan asin, teri) , 1 di udara (ayam, burung).

30/06/2020 15:31:35 WIB
Luvi @permataram

@lailadimyati Itu juga gak sih, kalo dalam islam makan kan adabnya dari pinggir duluu, kalo tumpwng ngambilnya dari atas/tengahnya, sedangkan berkah datengnya tu di tengah tengah. That's why harus dr pinggir kalo makan,setauku sihh

30/06/2020 20:30:51 WIB
Ekky @ekkyy29

@lailadimyati Ya Allah baru tumpengan di kantor td siang, dan aku potongnya dari atas. Gimana dong? Apa perlu besok tumpengan lagi ya? pic.twitter.com/lE1NjVJLGx

30/06/2020 17:44:01 WIB
Expand pic
ENFP-T🧠 @sya2rawie

@lailadimyati yang katanya tumpeng adalah bentuk seremonial, di Kalimantan “nasi kuning” adalah hal biasa yang merakyat ~

30/06/2020 18:21:31 WIB
Laila Dimyati @lailadimyati

@sya2rawie Di Palembang dan Makassar juga. Tapi artinya berbeda kak. Karena tumpeng kan adalah cara hidangnya kak. Dilengkapi lauk pauk yang sudah ada pakemnya.

30/06/2020 18:31:36 WIB
Samoedra @abeselimadasar

Setauku memang makan tumpeng itu bkn di potong atasnya, tp dimakan dari bawah & bersama sama. Kenapa kaya gitu? ya karena ada filosofinya, itu yg simbah kasih tau ke aku. Gaya motong tumpeng malah sebenernya menghilangkan makna filosofi tumpeng itu sendiri twitter.com/rizkidwika/sta…

30/06/2020 17:16:23 WIB
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!