Bahan Alami untuk Perawatan Kecantikan yang Disebutkan dalam Al-Quran & Hadits

Bahan alami berikut ini disebutkan dalam hadits dan Al-Quran. Manfaatnya juga terbukti baik untuk merawat tubuh.
0
Bahan Alami untuk Perawatan Kecantikan yang Disebutkan dalam Al-Quran & Hadits

Dalam berbagai varian bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat tubuh dan kecantikan,ternyata ada yang disebutkan spesifik dalam Al-Quran dan Hadits

Bahan-bahan alami tersebut dinilai sebagai salah satu bentuk kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Lima bahan tersebut juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia.

berikut bahan alami menurut hadist dalam Al-qur,an :

1. Siwak

Zaman dulu, Nabi Muhammad SAW membersihkan gigi dan mulut menggunakan siwak atau miswak. Sebuah dahan dahan atau akar dari pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Siwak itu membersihkan mulut dan mendapat keridhaan Tuhan.”
Sejak itu, umat Muslim pun mulai membersihkan gigi dengan siwak hingga sekarang. Meski di era modern saat ini peran siwak sudah digantikan dengan sikat gigi, namun masyarakat di Arab Saudi atau di berbagai negara Muslim lain masih banyak yang memanfaatkannya.

2. Kurma

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud dan Ahmad)
Hadits tersebut sudah diyakini benar dan para peneliti serta dokter telah menyatakan bahwa kurma memang mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya baik dikonsumsi selama Ramadhan, manfaat kurma juga bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.
Menurut laporan StyleCraze, kurma mengandung banyak vitamin C dan vitamin D yang baik untuk elastisitas kulit dan mengatasi beberapa kerusakan kulit. Kedua vitamin ini juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

3. Pisang

Dalam surah Al-Waqiah disebutkan bahwa pisang merupakan buah surga. “Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, pohon-pohon pisang bersusun-susun (buahnya). Lahan yang terbentang luas dan air yang berlimpah membuat pohon selalu berbuah. Tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya.” (QS al-Waqi'ah: 28-33).
Surah tersebut menjelaskan bahwa pisang menjadi salah satu contoh kenikmatan yang didapatkan para penghuni surga. Di Indonesia sendiri, pisang sudah terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh.
Tak hanya itu, buah berkulit kuning ini juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah jerawat dan mengurangi keriput di wajah. Kandungan vitamin E yang tinggi pada pisang juga bisa membantu menjaga kelembapan wajah. Tak heran, pisang sering dijadikan bahan kandungan body lotion atau masker wajah.

4. Jintan Hitam

Beberapa tahun belakangan ini habbatussauda mulai ramai diperbincangkan karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Ternyata, habbatussauda atau jintan hitam ini juga disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW seperti diriwayatkan oleh Abu Hurairah. “Sesungguhnya di dalam habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh segala macam penyakit, kecuali kematian.”
Nah, selain baik untuk menjaga kekebalan tubuh, habbatussauda juga dapat mengatasi jerawat dan menyehatkan rambut. Menurut Journal of Dermatology & Dermatologic Surgery, menggunakan lotion yang mengandung 10 persen habbatussauda bisa membantu mengatasi jerawat jika diaplikasikan secara rutin selama dua bulan.

5. Madu

Bahan alami yang satu ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi manfaatnya untuk merawat tubuh dari dalam maupun luar. Madu ternyata juga menjadi salah satu bahan alami yang disebutkan dalam Al-Quran.
Dalam surah An-Nahl yang berarti lebah, Allah SWT berfirman: “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia’... Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya, pada yang demikian terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan bagi mereka yang memikirkan.” (QS An-Nahl: ayat 68-69)
Cairan kental berwarna keemasan ini bisa menjadi bahan alami yang baik untuk merawat tubuh. Ladies bisa memanfaatkannya untuk menjadi masker yang melembapkan wajah hingga penghilang bekas luka.

Comment

No comments yet. Write yours!