Created on App

Yang Buat Masalah Rumit, Thread Tentang Anxiety Atau Kecemasan dan Penyebabnya

4
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Emotional Healing | I don’t pretend I’m more than I am. I'm just a regular guy and learning on being nothing | AdjieSantosoputro@gmail.com

AdjieSantosoputro.com

Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Hari ini belajar tentang: Anxiety Setelah ditelusuri lebih dalam, dibalik setiap masalah yang kita punya ternyata ada rasa cemas yang begitu besar. Hah emangnya dibalik masalah ada rasa cemas? - Kalau saya nulis thread soal ini, kamu mau baca? pic.twitter.com/fn5xmjLwBL

23/06/2020 16:43:56 WIB
Expand pic
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Kita perlu sadar di balik setiap masalah seringkali yg lebih bikin kita rumit nan sulit bukanlah masalah itu sendiri, tapi lebih ke soal rasa cemas yg mengikutinya. Berbagai cara kita lakukan untuk melarikan diri dari cemas. Termasuk cara-cara yg malah menimbulkan masalah baru.

23/06/2020 16:52:17 WIB
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Danggg. Contohnya? Terus menunda yang kita udah tau penting dilakukan, makan dan minum yang tidak sehat, melampiaskan emosi membabi buta, dikit-dikit marah, gemar berkata kasar, mengurung diri, dan sebagainya. Ditambah lagi kita denial sama perasaan sendiri.

23/06/2020 17:03:30 WIB
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Hmmm bener juga ya. Contohnya di balik masalah ada rasa cemas? Perpisahan Iya, perpisahan bikin menderita. Tapi seringkali yg lebih bikin menderita itu cemas soal setelah ini hidup gimana ya, soal sepi akibat pisah, soal penilaian kepada diri sendiri, soal bayangan2 masa depan.

23/06/2020 17:19:29 WIB
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Whoaaa contoh lainnya? Kerja enggak sesuai dgn yg kita suka. Iya, itu enggak nyaman. Tapi yang lebih bikin kita menderita itu kecemasan soal tidak menggunakan potensi semaksimal mungkin, soal mengkritik dan meragukan diri sendiri, soal masa depan karir.

23/06/2020 17:41:39 WIB
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Ada lagi? Kecanduan. Masalah yang terlihat di permukaan sebatas sesuatu yang bikin kecanduan. Misal: narkoba, alkohol, bokep, medsos, dsb. Ternyata kalau disadari lebih dalam, kecanduan seringkali merupakan pelarian diri dari rasa cemas terhadap apapun yang baru kita alami.

23/06/2020 17:51:08 WIB
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

I see. Apa yg sebaiknya kita lakuin? Setiap mengalami masalah, kita perlu menelusuri ke dalam diri: Kecemasan apa yg muncul mengikuti? Cemas itu wajar. Kita hidup, melakukan ini itu, bergerak berkarya, tak bisa sepenuhnya bebas dari cemas. Cemas perlu dijaga secukupnya aja 🙏

23/06/2020 18:13:44 WIB
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro

Di lain kesempatan entah kapan, saya akan tuliskan apa yang saya lakukan untuk berlatih berteman dengan cemas. Terima kasih udah baca & turut membagikan. Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya ya 🙏

23/06/2020 18:19:32 WIB
agen AXA- AXA Finansial Indonesia @AndryDevry

@AdjieSanPutro Anxiety, ketidak mampuan diri sendiri mengelola pikiran..sbnrnya aneh menurut saya, masak iya pikiran punya sendiri, kita tuan nya (boss) itu pikiran kita tidak bs kelola ? 😊

23/06/2020 16:51:33 WIB
lelaki budiman @lelakibudiman

@AdjieSanPutro Kalimat pertanyaan di akhir cuitan menunjukkan kecemasan jika tak ada yang mau membaca.

23/06/2020 17:29:18 WIB
Berdampingan_ @Azmimln

@AndryDevry @AdjieSanPutro Terkadang orang tidak sadar kalo dirinya sedang tidak sadar

23/06/2020 18:43:04 WIB
Dani Ardor @yadiPITRAHMAN

@AdjieSanPutro Dulu pejuang anxiety, alhamdulillah bisa sedikit-sedikit lepas. Kunci nya ikhlas. Ikhlas apapun yg terjadi dlm hidup kita. Baik maupun buruk. Belajar jg dr film. Coba yg punya masalah anxiety nonton film Arrival. Di situ ada dialog yg najong bgt

23/06/2020 18:51:47 WIB
Nishaaa258 @NishaFalala

@AdjieSanPutro When My Anxiety asked me : How are you today? I really wanted to say : WHO ARE YOU?!! I AM FEELING FREE NOW. AKU GA INSOMNIA LAGI KOK. AKU GA OVERTHINKING, GA OVER ANLYZED LAGI. I AM TOTALLY FINE.. Then at 2 a.m : TAPI BOONG😅😅😭😭

23/06/2020 18:54:06 WIB
Teteng @tatandurparii

@AdjieSanPutro Mas adjie suka bener deh 😭 mencemaskan diri sendiri dan hal2 yg belum terjadi

23/06/2020 19:26:45 WIB
Sego Goreng @atikooooooo

@AdjieSanPutro Adalagi mas yang bikin anxiety. Apalagi kalo bukan skripsi :')

23/06/2020 20:59:27 WIB
poji @fauzyhusnim

@atikooooooo @AdjieSanPutro Nah nah.. mbaknya mikirin terus skripsi sih coba mikirin yg laen

23/06/2020 21:10:46 WIB
upen @baladoudang

@AdjieSanPutro Diberikan waktu itu tahun 2018 dari psikolog yg ngasi terapi dari buku ini utk ngetrack anxiety dan panic attack parahku wktu itu. Sampe skrg masih disimpan sebagai pengingat kalo dlu pernah berjuang keluar dri lubang yang dalam. Baiknya psikologku msh suka support mpe skrg :') pic.twitter.com/XCJDNUE2wA

23/06/2020 22:12:37 WIB
Expand pic
cil @omgwhoiam

@yadiPITRAHMAN @AdjieSanPutro setuju banget sih, kuncinya memang ikhlas. begitu bisa ikhlas, rasanya bener-bener plong. tapi pas rasa itu muncul lagi, ikhlas yg tadinya ada, jadi entah kemana :")

24/06/2020 05:22:36 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!